Muamalat Sabet Penghargaan Distributor Sukuk Negara Terbaik

Dinar | Jumat, 20 Desember 2019 17:15
Muamalat Sabet Penghargaan Distributor Sukuk Negara Terbaik

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bank syariah ini mendapatkan apresiasi dari Kementerian Keuangan.

Dream - PT Bank Muamalat Tbk menyabet penghargaan sebagai mitra distribusi surat berharga syariah negara (SBSN) terbaik kedua, kategori bank syariah tahun 2019. Penghargaan ini didapatkan dari Kementerian Keuangan.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 20 Desember 2019, CEO Muamalat, Achmad K Permana, mengatakan apresiasi ini menunjukkan bank syariah itu bisa berpartisipasi secara maksimal dalam program pemerintah.

Dia optimistis penjualan sukuk negara melalui melaui Muamalat, akan semakin meningkat dan menjangkau investor lebih luas berkat pemanfaatan teknologi digital.

“ Saat ini penjualan hampir semua produk sukuk sudah dilakukan dengan cara online, karena cara penjualan secara offline, seperti nasabah datang ke cabang dan mengisi beberapa formulir yang dibutuhkan, sudah tidak dilakukan lagi,” kata dia di Jakarta.

Achmad mengatakan cara ini jauh lebih efisien, cepat, dan bisa dilakukan kapan saja.

Dalam memberikan penghargaan ini Kementerian Keuangan menilai mitra atas beberapa hal yaitu volume penjualan, jumlah investor, sebaran wilayah dan realisasi terhadap target yang telah diberikan sebelumnya.

Penjualan Sukuk Tabungan seri 006 ini dilakukan pertama kali oleh Bank Muamalat pada tahun 2019 ini melalui platform online dengan menggunakan E-Channel Internet Banking.

Bank Muamalat sendiri telah mendapatkan izin dari Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu sebagai Mitra Distribusi SBSN dengan surat ketetapan S-916/PR/2019. Penetapan ini diberikan karena Bank Muamalat sudah diperkenankan untuk melakukan transaksi penjualan SBSN dipasar perdana secara online.

Saat ini media yang dilakukan nasabah untuk membeli Sukuk dipasar perdana secara online adalah dengan melalui Internet Banking Bank Muamalat.

Ke depan, transaksi online Sukuk juga dapat dilakukan melalui channel lain yang saat ini sedang dipersiapkan pengembangannya di Mobile Banking Bank Muamalat. Produk pertama yang dijual secara online oleh Bank Muamalat adalah Sukuk Tabungan seri 006.

Sebagai informasi Bank Muamalat telah menjual SBSN sejak seri 002 sampai dengan seri 011 untuk Sukuk Ritel. Sedangkan untuk Sukuk Tabungan sudah sejak seri 001.

2 dari 6 halaman

Muamalat Siap Bantu Pebisnis Malaysia Ekspansi ke Indonesia

Dream - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjajaki peluang bisnis dengan pengusaha asal Malaysia yang tergabung dalam Malaysian External Trade Development Corporation (Matrade). Bank syariah ini menawarkan layanan bagi investor Malaysia yang berniat investasi di Indonesia.

Tak hanya investasi, bank syariah pertama di Indonesia itu juga siap mengulurkan tangan bagi pemodal Malaysia yang ingin mencari mitra di tanah air. 

“ Kami siap membantu rekan-rekan pengusaha asal Malaysia yang ingin berekspansi ke Indonesia,” kata Chief of Corporate Banking Officer Muamalat, Irvan Yulian Noor, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 28 November 2019.

Menurut Irvan, Muamalat merupakan bank devisa dan satu-satunya bank syariah Indonesia yang mengoperasikan kantor cabang penuh di Kuala Lumpur, Malaysia. Kondisi ini tentu akan menguntungkan bagi para pengusaha Malaysia. 

 

 Muamalat Siap Bantu Pebisnis Malaysia Ekspansi ke Indonesia © Dream

 

Untuk memfasilitas rencana bisnis perusahaan, Bank Muamalat menawarkan produk-produk keuangan syariah yang cocok untuk pasar global. Contohnya, valuta asing, sukuk, hedging syariah, serta pembiayaan investasi.

Uluran tangan dari Bank Muamalat itu disampaikan di depan pengusaha asal Malaysia dalam briefing and sharing session di Hotel Raffles. Acara ini dihadiri oleh 30 perwakilan dari 14 perusahaan menengah Malaysia yang punya penjualan per tahun senilai Rp66 miliar-Rp1,65 triliun.

Perusahaan-perusahaan negeri jiran itu berasal dari sektor industri yang berasal dari lifestyle, teknologi informasi, serta makanan kemasan.

Sebagai informasi, pada tahun 2018 lalu nilai ekspor perusahaan yang tergabung dalam Mid-Tier Companies Development Programme yang diinisiasi oleh MATRADE meningkat 10,9 persen senilai Rp39 triliun. Saat ini, ada 253 pengusaha Malaysia yang mengikuti program ini sejak 2014.

Sebelumnya, Bank Muamalat sudah bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam rangka membuka peluang bisnis dengan investor luar negeri. Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama kedua belah pihak pada Jumat, 25 Oktober 2019 lalu di Jakarta. Kerja sama ini sekaligus menjadikan Bank Muamalat sebagai bank syariah rekanan negara pertama melalui BKPM.

Dengan adanya kerja sama ini Bank Muamalat akan menjadi bank syariah rujukan bagi investor asing, khususnya Malaysia, yang hendak menanamkan modalnya di Indonesia.

3 dari 6 halaman

Nasabah Muamalat Bisa Bayar Premi Prudential dengan Autodebet

Dream - PT Bank Muamalat Tbk mempermudah nasabah dalam membayar premi asuransi Prudential. Bank syariah ini menjalin kerja sama dengan PT Prudential Life Assurance untuk menghadirkan fitur autodebet.

Direktur Utama Muamalat, Achmad K. Permana, mengatakan kesadaran keluarga Indonesia terhadap asuransi jiwa terus meningkat. Layanan autodebet ini memudahkan nasabah melakukan pembayaran kontribusi. 

“ Kami berharap budaya pengelolaan keuangan jangka panjang bisa tumbuh lebih pesat dan akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Selain itu, kami juga menargetkan dapat meningkatkan fee based income,” kata Permana, melalui keterangan tertulis diterima Dream

 

 Nasabah Muamalat Bisa Bayar Premi Prudential dengan Autodebet © Dream

 

Layanan ini akan melengkapi fitur pembayaran kontribusi nasabah Prudential melalui seluruh jaringan ATM Bank Muamalat. 

Nasabah Bank Muamalat dapat mendaftarkan sistem autodebet ini hanya dengan mengisi formulir Surat Kuasa Pendebitan Rekening Bank Syariah (SKPRBS) yang dapat diunduh di www.prudential.co.id.

President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch, mengatakan pihaknya berupaya memberikan nilai plus kepada nasabah melalui setiap produk dan layanannya.

“ Melalui kerja sama ini, kami menyediakan pilihan pembayaran yang lebih luas bagi nasabah kami. Sistem autodebet ini akan membantu para nasabah Prudential Indonesia untuk membayar kontribusi asuransi mereka tepat waktu, sehingga mereka dapat terus terlindungi dari berbagai risiko,” kata dia.

4 dari 6 halaman

Calon Pembeli Serius Bank Muamalat Wajib Penuhi 2 Syarat Ini

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut sejumlah calon investor telah menyatakan minatnya untuk menjadi pemegang saham PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. OJK meminta para peminta itu untuk memenuhi sejumlah persyaratan sebagai bukti keseriusannya.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah menempatkan dana modal di rekening penampungan sementara (escrow account).

“ Calon investor harus memenuhi persyaratan dan persetujuan dari pemegang saham bank, menunjukkan keseriusan dengan menempatkan dana escrow account, dan menjaga sustainable bank,” kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK, Slamet Edy Purnomo, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 14 November 2019.

 

 Calon Pembeli Serius Bank Muamalat Wajib Penuhi 2 Syarat Ini © Dream



Edy mengatakan calon investor yang berminat, bisa langsung menghubungi pemegang saham atau melapor kepada OJK.

Otoritas keuangan tertinggi di Tanah Air membuka pintu bagi calon investor Bank Muamalat, baik dari konsorsium lokal maupun asing, BUMN ataupun non-BUMN.

Selain itu, lanjut Edy, pihaknya akan terus mengawasi proses penguatan permodalan Bank Muamalat beserta perbaikan-perbaikannya.

“ Di samping itu, OJK meminta manajemen bank untuk terus melakukan langkah perbaikan, meningkatkan efisiensi, dan governance yang baik,” kata dia.

5 dari 6 halaman

Bank Muamalat Tambah Fasilitas Pembiayaan ke Barata Indonesia Rp100 M

Dream - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menambah fasilitas pembiayaan kepada PT Barata Indonesia (Persero) sebesar Rp100 miliar. Hal ini sebagai wujud dukungan Muamalat terhadap program pemerintah sekaligus meningkatkan kerja sama dengan BUMN.

" Kami ingin mensupport project pemerintah dan company," kata Chief Corporate Banking Officer Muamalat, Irvan Yulian Noor, di Jakarta, Kamis 14 November 2019.

Tambahan yang disalurkan berupa talangan tagihan kepada supplier Barata. Nantinya, Barata menjadi anchor customer yang akan memberikan referensi mitra usaha kepada Muamalat.

Sedangkan mitra Barata akan mendapat fasilitas pembiayaan jika memenuhi kriteria dan persyaratan dari Muamalat.

" Fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh Muamalat akan membantu supplier mengelola keuangan," kata Irvan.

Bagi Muamalat sendiri, kerja sama ini mempercepat akusisi nasabah baru serta meningkatkan volume portofolio perusahaan. Bank syariah ini juga akan mendapat tambahan fee based income (FBI) dari transaksi pembayaran dari supplier melalui kanal elektronik.

Finance and Human Resource Director Barata, Rahman Sadikin, mengatakan Barata dan Muamalat sudah menjalin kerja sama sejak 2004. Saat ini, Barata telah mengantongi permodalan dari Muamalat menjadi Rp400 miliar.

Dengan tambahan permodalan Rp100 miliar, nilai fasilitas permodalan dari bank syariah ini mencapai Rp500 miliar.(Sah)

6 dari 6 halaman

Mobile Banking Bank Muamalat Hadirkan Fitur QR Code, Psst..Ada Banyak Promo

Dream - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan fitur QR Code pada aplikasi mobile banking terbarunya.  Fitur ini diharapkan memudahkan nasabah melakukan transaksi pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan Muamalat.

Kehadiran fitur baru itu juga sebagai bentuk dukungan Bank Muamalat terhadpa rencana Bank Indonesia (BI) yang akan memberlakukan kebijakan Quick Respon Code Indonesia Standard (QRIS) mulai 1 Januari 2020. Dengan standar ini, akan ada satu QR Code yang dapat digunakan pada beragam aplikasi.

" Kalau BI sudah menyiapkan perangkat, dalam arti aturan, kami sebagai bank mendukung," kata Consumer and Retail Banking Director Muamalat, Purnomo B. Soetadi, usai peluncuran Muamalat Digital Islamic Network (DIN) di Jakarta, Kamis 14 November 2019.

Untuk mengedukasi masyarakat terkait fitur baru tersebut, Muamalat akan menyosialisasikan kepada nasabah di berbagai event gathering.

Selain itu, Bank Muamalat juga menyediakan beragam promo pembayaran menggunakan QR code menarik minat nasabah.

Purnomo mengakui masyarakat membutuhkan waktu untuk membiasakan bertransaksi dengan QR code. Dia menyamakannya dengan masa awal diperkenalkannya Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

" Kalau balik zaman dulu, banyak orang yang punya kartu ATM, tapi yang bertransaksi dengan ATM belum banyak," kata dia.(Sah)

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id