Disebut Jadi Ibu Kota Baru, Ini Daftar Upah Minimum Kalimantan Timur

Dinar | Kamis, 22 Agustus 2019 15:36
Disebut Jadi Ibu Kota Baru, Ini Daftar Upah Minimum Kalimantan Timur

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apakah lebih besar daripada UMP di DKI Jakarta?

Dream - Titik terang ibu kota baru Indonesia mulai terlihat. Pemerintah memastikan ibu kota baru Indonesia akan diboyong ke Kalimantan Timur (Kaltim).

“ Kalimantan Timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum,” kata Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 22 Agustus 2019.

Bicara tentang Kalimantan Timur, ada salah satu hal yang dipertanyakan oleh orang-orang, termasuk kamu yang tertarik untuk bekerja di sana. Berapa, sih, upah minimum provinsi (UMP) Kaltim?

Dikutip dari Gajimu, UMP Kaltim diketok sebesar Rp2.747.560 pada 2019. Angkanya naik 8 persen dari 2018 yang sebesar Rp2.543.331. Angka itu lebih kecil dari UMP DKI Jakarta yang sebesar Rp3.940.973.

Penetapan upah ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 561/K.535/2018 tanggal 1 November 2018.

2 dari 6 halaman

Rincian Upah Minimum Kabupaten di Kalimantan Timur

Selain UMP, gubernur Kaltim juga telah menetapkan UMK Kaltim pada 2019. Berikut ini rinciannya.

  1. Kabupaten Kutai Kartanegera: Rp2.930.304.
  2. Kabupaten Kutai Timur: Rp2.893.833.
  3. Kabupaten Paser: Rp2.787.920.
  4. Kabupaten Penajam Paser Utara: Rp3.013.954.
  5. Kota Samarinda: Rp2.868.081.
  6. Kota Bontang: Rp2.933.098.
  7. Kota Balikpapan: Rp2.828.601.
  8. Kabupaten Berau: Rp3.120.996.
  9. Kabupaten Kutai Barat: Rp2.543.331.
  10. Kabupaten Mahakam Ulu: Rp2.543.331.
3 dari 6 halaman

Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur

Dream – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, telah mengkaji beberapa wilayah untuk menjadi ibu kota baru. Salah satu provinsi yang hampir pasti menjadi lokasi baru ibu kota Indonesia Kalimantan Timur.

“ Kalimantan timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum,” kata Sofyan di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 22 Agustus 2019.

Menurut Sofan pemerintah memerlukan lahan sekitar 3 ribu hektare untuk pembangunan tahap pertama. Total lahan yang dibutuhkan untuk menamping ibu kota baru itu mencapai sekitar 200 ribu—300 ribu hektare (Ha).

“ Untuk core pertama, itu sekitar 3 ribu hektare. Setelah itu, luasannya 200 ribu—300 ribu hektare sehingga bisa dibuat kota taman, kota yang indah, banyak tamannya. Orang bisa hidup sehat, udaranya sehat. Kami mengharapkan kota ini berkembang menjadi kota yang menarik,” kata Sofyan.

 Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur

Dia mengatakan, begitu lokasi ibu kota ditetapkan, pemerintah akan segera mengunci lahan untuk menghindari spekulan tanah.

Rencananya, gedung-gedung yang pertama kali dibangun di ibu kota baru itu adalah kantor presiden, kantor menteri dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

" Begitu diputuskan lokasinya (ibu kota baru) di mana, (langsung) kita kunci. Tentu yang pertama dibangun kantor presiden, kantor menteri, DPR juga beberapa lainnya," kata dia.(Sah)

4 dari 6 halaman

Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibukota ke Kalimantan

Dream - Presiden Jokowi (Joko Widodo) akhirnya secara resmi menyampaikan bakal memindahkan ibukota negara ke Kalimantan. Bahkan, Presiden Jokowi meminta izin di sela pidato kenegaraan. 

" Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya banggakan, pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," ucap Jokowi. 

 Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibukota ke Kalimantan

 

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi di tengah pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR RI 2019 di gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019. 

" Ibukota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi," tambah Jokowi yang mengenakan busana Sasak asal Nusa Tenggara Barat ini. 

Menurut Jokowi, pemindahan ibukota ini demi visi Indonesia Maju, Indonesia yang hidup selama-lamanya.

" Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! SDM Unggul, Indonesia Maju!
Merdeka!" tutup Jokowi. 

5 dari 6 halaman

Ibukota Pindah ke Kalimantan, Ini 2 Kota yang Pernah Ditinjau Jokowi

Dream – Sinyal pemindahan ibukota negara ke Kalimantan semakin kuat. Selain lahannya yang luas dan diyakini aman dari bencana, Kalimantan dipilih karena lokasinya berada di tengah-tengah Indonesia.

“ Ibu kota dipindahkan ke tengah agar Indonesia sentris, seimbang terhadap seluruh wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy S. Prawiradinata di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 30 Juli 2019.

Namun pemerintah masih merahasiakan kota mana yang akan menjadi ibu kota Indonesia yang akan menggantikan DKI Jakarta.

Pada peninjauan calon ibukota beberapa bulan lalu, Jokowi diketahui sudah mengunjungi dua kota di Kalimantan. Orang nomor satu itu pernah melihat langsung lokasi di Kalimantan Timur atau Kalimantan Tengah.

Pertama, Bukit Soeharto di Kutai Kartanegera, Kalimantan Timur. Jokowi melirik daerah ini karena areanya luas dan dekat dengan Tol Samarinda—Balikpapan.

“ Di Balikpapan ada airport-nya, Samarinda ada airport, sehingga tidak perlu nah membuat airport lagi. Pelabuhan juga sudah ada. Artinya itu akan banyak menghemat biaya,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Jokowi Juga Lirik Palangkaraya

Selain Bukit SoehartoJokowi juga melirik Kalimantan Tengah. Ada sebuah daerah di Kalimantan Tengah yang menarik perhatiannya. Lokasi ini disebut sebagai kawasan segitiga di Kalimantan Tengah.

“ Lokasinya di antara Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas,” tulis Jokowi di akun Instagramnya @jokowi.

Dia mengatakan bahwa lokasi tersebut siap menjadi ibu kota negara yang baru. Jika dilihat dari luas kawasan, daerah ini paling siap.

“ Butuh 300 ribu hektare pun lebih siap,” kata Jokowi.

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id