Video Anggota Komisi VII Emosi dan `Usir` Dirut Inalum dari Rapat

Dinar | Rabu, 1 Juli 2020 19:36
Video Anggota Komisi VII Emosi dan `Usir` Dirut Inalum dari Rapat

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Itu terjadi ketika RDP Komisi VII dengan BUMN tambang berlangsung.

Dream – Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI dengan holding BUMN sempat berlangsung panas. Salah satu anggota Komisi VII dari Fraksi Demokrtak, Muhammad Natsir sempat meminta Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) MIND ID, Orias Petru Moedak, keluar dari ruangan karena dianggap tak menghormati dewan.

Video saat Dirut Inalum diusir anggota Komisi VII DPR itu tertangkap jelas dari video rekaman TV Parlemen yang ditayangkan live di akun Facebook DPR RI, Rabu 1 Juli 2020.

Perdebatan bermula saat Nasir mempertanyakan proses pelunasan utang akuisisi PT Freeport Indonesia untuk mengetahui kapan utang akan berakhir.

Orias menjawab bahwa ada surat utang yang tenornya mencapai 30 tahun. Nasir menanggapi bahwa jangka waktu utang itu sangat panjang. Selain itu, dia menilai utang tersebut bisa merugikan anak usaha holding tambang.

“ Jadi, sampai 30 tahun, kalau perusahaan lancar baru selesai? Kalau kita mati, tak selesai nih barang nanti, ganti dirut lain. Lain lagi polanya,” kata Nasir.

 Dirut Inalum dan Anggota DPR RI dari fraksi Demokrat© facebook DPR RI

2 dari 4 halaman

Ini yang Picu Dirut Inalum Mau Diusir

Nasir meminta Orias untuk menunjukkan detail surat utang yang dimaksud tadi. Sayangnya, pimpinan Inalum tak membawa datanya. Tak puas dengan jawaban Orias, dia memintanya untuk keluar ruangan.

“ Kalau Bapak sekali lagi gini, saya suruh Bapak keluar ruangan ini,” kata dia.

“ Kalau Bapak suruh keluar, izin pimpinan, saya keluar,” jawab Orias.

3 dari 4 halaman

Kesal

Tanggapannya membuat Nasir kesal sambil menggebrak meja.

“ Bapak bagus keluar karena nggak ada gunanya Bapak rapat di sini. Anda bukan buat main-main dengan DPR ini,” kata Nasir.

“ Saya nggak main-main,” kata Orias.

“ Anda rapat harus lengkap bahannya. Enak betul Anda begini. Siapa taruh Anda di sini?” tanya Nasir dengan nada meninggi.

“ Saya diundang, saya datang,” jawab Orias.

4 dari 4 halaman

Sebenarnya, Sedang Bahas Apa?

Sekadar informasi, RDP ini dihadiri Komisi VII dengan dirut PT Inalum (Persero), PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia. Ada empat agenda yang dibahas.

Rinciannya adalah kinerja BUMN tambang pada masa pandemic Covid-19, kontribusi BUMN tambang pada masa pandemic covid-19, kontribusi pendapatan pemerintah sebelum dan sesudah akuisisi 51 persen saham Freeport Indonesia, dan lain-lain.

Kamu bisa melihat video selengkapnya di sini.

Terkait
Join Dream.co.id