Dilarang Terbang, Boeing 737 MAX 8 Garuda dan Lion Air Dicek

Dinar | Rabu, 13 Maret 2019 16:15
Dilarang Terbang, Boeing 737 MAX 8 Garuda dan Lion Air Dicek

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pesawat ini harus dipastikan laik terbang.

Dream – Setelah jatuhnya Ethiopian Airlines, Kementerian Perhubungan melarang terbang sementara pesawat Boeing 737 Max-8. Kemenhub pun menginspeksi seluruh pesawat sejenis milik maskapai Indonesia.

“ Inspeksi yang dilakukan oleh Inspektur dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, untuk memastikan bahwa pesawat Boeing 737-8 MAX di Indonesia laik terbang,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 13 Maret 2019.

Inspeksi pesawat Boeing 737 MAX 8 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Banten. Ada 10 Boeing 737 MAX 8 yang dimiliki oleh Lion Air Group dan 1 oleh Garuda Indonesia Airlines.

Inspeksi ini dimulai sejak Selasa 12 Maret 2019 dan diawali dengan pengecekan langsung pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Garuda Indonesia yang sedang berada di hanggar kompleks Garuda Maintenance Facilities.

Vice President Airworthiness Garuda Indoensia, Purnomo, mengatakan pengecekan pesawat ini bertujuan untuk memastikan sistem air speed, altitude, dan angle of attack beroperasi dengan baik. Kalau ada temuan, nantinya akan langsung ditindaklanjuti.

“ Sementara untuk pesawat Boeing 737-8 MAX kami grounded sampai menunggu arahan Dirjen Perhubungan Udara,” kata Purnomo.

2 dari 2 halaman

Bagaimana dengan Lion Air?

Managing Director Lion Air Group, M. Rusli, mengatakan, maskapai Lion Air memikiki 10 pesawat jet komersial ini. Sepuluh pesawat ini tersebar di beberapa lokasi, yaitu 6 di Bandara Soetta, 2 di Bandara I Gusti Ngurah Rai, 1 di Bandara Hasanuddin, dan 1 di Bandara Sam Ratulangi. Rusli mengatakan pihaknya juga mengikuti permintaan Kemenhub tentang larangan terbang sementara Boeing 737 MAX 8.

“ Saat ini kami sudah melarang pengoperasian pesawat tersebut , dan 2 pesawat yang berada di Bandar Udara Soekarno-Hatta sedang dalam proses pengecekan oleh para inspektur dari DKPPU (Direktorat Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara),” kata dia.

Terkait
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id