Beli Rumah di Calon Ibukota Baru Dapat Cashback Rp100 Juta

Dinar | Kamis, 7 November 2019 08:20
Beli Rumah di Calon Ibukota Baru Dapat Cashback Rp100 Juta

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bagaimana caranya?

Dream – Bagi Anda yang sedang mencari rumah, cobalah datang ke Festival Properti Indonesia (FPI). Ajang yang digelar oleh Rumah123 tersebut, menyediakan banyak pilihan yang mungkin cocok dengan kriteria Anda.

Festival kali ini menghadirkan 39 proyek properti dari 26 developer, yaitu rumah, apartemen, dan hotel. Pada ajang itu menawarkan properti di Jabodetabek, Balikpapan, hingga Johor Baru, Malaysia, dengan harga mulai Rp290 juta hingga Rp3 miliar.

" Tahun ini, kami ada juga proyek dari Balikpapan, di mana itu merupakan salah satu provinsi untuk calon ibu kota kita. Juga ada dari Malaysia, Johor Baru, yang juga ikut berpatisipasi tahun ini," ujar Country Manager Rumah123.com, Maria Herawati Manik, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu 6 November 2019.

 Festival Properti Indonesia.© Khidr Al-Zahrani

Maria mengatakan, acara FPI merupakan yang ke empat kalinya dan akan digelar di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka pada 6 hingga 10 November 2019. Pada acara ini, pengunjung bisa mencari informasi tentang rumah bekas yang dipasarkan oleh agen.

“ Di sini kita juga menyediakan beragam informasi tentang rumah secondary. Konsumen mungkin ingin melihat rumah yang bukan baru,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Sebar Promo

FPI menebar beragam promo bagi masyarakat, mulai dari angsuran Rp2 jutaan, grand prize Mitsubishi Xpander, sampai cashback Rp100 juta. Cashback ini bisa didapat pembeli yang telah melakukan down payment (DP) selama festival berlangsung.

General Marketing Rumah123, Fanny Meliana, mengatakan pemberian cashback bertujuan agar konsumen bisa membeli perabotan rumah.

“ Persyaratannya adalah melakukan transaksi selama FPI berlangsung,” kata dia.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

3 dari 6 halaman

Mau Beli Rumah? Ajukan 7 Pertanyaan Ini ke Pengembang

Dream – Secara tak kasat mata, sebuah rumah baru, tampak terlihat baik-baik saja. Tapi, kamu membutuhkan perhatian pada detail untuk memastikan kualitas sebenarnya.

Ini penting ketika kamu akan membeli rumah, baik yang baru atau yang bekas.

Dikutip dari Rumah.com, Rabu 26 Juni 2019, faktor kenyamanan dan keamanan adalah hal yang perlu diperhatikan untuk sebuah hunian, termasuk dari sisi estetika. Jangan sampai kamu mengeluarkan uang untuk renovasi, padahal hunian itu baru saja dibeli.

Sebab, ada saja oknum kontraktor yang suka menurunkan spesifikasi atau irit bahan bangunan. Alhasil, kualitas bangunannya rendah dan tak sesuai seperti yang dijanjikan.

 

 Mau Beli Rumah? Ajukan 7 Pertanyaan Ini ke Pengembang© Dream

 

Kualitas bangunan memang bergantung pada spesifikasi bahan bangunan dan cara membangunnya. Untuk rumah baru, spesifikasi bahan bangunan biasanya dicantumkan pada brosur rumah.

Tapi, jangan mudah percaya pada spesifikasi yang tertera di brosur. Brosur bisa saja diubah sewaktu-waktu oleh para pengembang.

Jangan pula mudah tergiur oleh mulut manis staf pemasaran perumahan, apalagi jika rumahnya bukan ready stock alias inden.

Berikut ini adalah cara mengecek tipe kualitas bangunannya.

4 dari 6 halaman

Begini Cara Cek Tipe Kualitas Bangunan

Kalau rumahnya bukan siap huni, kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan kepada pengembang untuk mengecek kualitas bangunannya. Kalau tak paham istilah teknis atau seputar material bahan bangunan, kamu bisa mengajak orang yang paham, misalnya tukang bangunan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu diajukan, agar kamu dapat mengetahui kondisi rumah yang sebenarnya sejak dini. Jangan sampai cicilan KPR belum lunas, tapi rumah sudah harus direnovasi.

1. Apa bahan-bahan yang digunakan untuk pondasi, dinding, lantai, genteng, dan plafon?

2. Bahan jenis apa saja yang digunakan untuk kusen dan rangka atapnya?

3. Berapa ukuran besi cor yang digunakan?
(Catatan: rumah yang kuat minimal menggunakan besi berukuran diameter 8 mm).

4. Apa jenis kabel listrik yang digunakan?

5. Berapa daya listrik yang disediakan?

6. Berapa tinggi plafon rumah?

(Catatan: plafon yang rendah akan membuat rumah menjadi panas.)

7. Bagaimana sistem sirkulasi udara dan sanitasinya?

5 dari 6 halaman

Gaji Rp5 Juta Bisa Beli Rumah? Ini Strateginya

Dream – Rencana membeli rumah sebisa mungkin harus dilakukan ketika muda dan produktif. Ketika belum berkeluarga, kamu lebih mudah membayar angsuran tanpa dibebani dengan keperluan bulanan yang menguras penghasilan.

Jika pendapatanmu di kisaran Rp5 juta, tak perlu khawatir dan sulit memiliki rumah idaman. Kamu bisa memilih rumah Rp200 juta yang bisa menjadi incaran.

Dikutip dari Rumah.com, ada dua langkah yang perlu kamu lakukan agar bisa membeli rumah dengan gaji Rp5 juta.

Pertama, menghitung pengeluaran bulanan. Metode membeli rumah melalui pembiayaan bank bisa menjadi pilihan. Kalau dapat pembiayaan dari bank, usahakan angsurannya maksimal sepertiga dari penghasilan rutin.

Misalnya, gajimu Rp5 juta per bulan. Maka, kemampuan bayar cicilan per bulan maksimal adalah Rp1,5 juta.

Atau, kamu bisa mencari beberapa bank yang mengizinkanmu mengangsur maksimal Rp2 juta per bulan.

Dengan angka itu, kamu harus bisa menghitung dengan cermat besar pengeluaran rutin setiap bulan. Jangan sampai melebihi angka Rp2,5 juta per bulan. Tujunnya agar ke depannya tak merasa berat ketika membayar angsuran.

6 dari 6 halaman

Siapkan Uang Muka

Kedua, menyiapkan uang muka. Bank Indonesia telah menetapkan besaran uang muka sekitar 15 persen dari harga rumah. Namun ada juga beberapa pengembang yang menetapkan besaran uang muka hanya 5 persen sebagai harga promosi.

Agar aman, siapkan uang muka kira-kira Rp30 juta sebelum mengajukan permohonan KPR. Meskipun demikian, tetapkan target tabungan yang lebih tinggi, sekitar Rp50 juta untuk menutup biaya ekstra yang diperlukan ketika KPR disetujui.

Perlu diingat, semakin besar uang muka, beban cicilan akan semakin ringan. Kamu bisa mencicil Rp50 juta jika mengumpulkan Rp2 juta per bulan.

Semoga bermanfaat!

(Ism)

Terkait
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id