Deretan Syarat CPNS Serta Bocoran SKB dan SKD

Dinar | Rabu, 16 Juni 2021 18:13

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tapi, kapan, ya, tanggal pasti penerimaan CPNS ditetapkan?

Dream – Pemerintah tak lama lagi membuka pendaftaran CPNS dan PPPK guru dan non guru. Untuk mempermudah pelaksanaan seleksi, pemerintah menerbitkan petunjuk teknis dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 27 Tahun 2021.

Dikutip dari laman Badan Kepegawaian Negara, Rabu 16 Juni 2021, ada sederet syarat umum yang harus dipenuhi pelamar. Misalnya, pelamar merupakan WNI dengan usia minimal 18 tahun dan tidak pernah dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki hukuman tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.

Calon kandidat tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai karyawan PNS, swasta, Polri, dan TNI. Pelamar juga bukan seorang PNS, CPNS, TNI, dan Polri serta tidak terlibat dalam partai politik.

Kemudian, dari pendidikan, pelamar yang lulusan SMA/sederajat mengantongi ijazah yang terdaftar di Kementerian Pendidian dan Kebudayan dan Kementerian Agama. Begitu pula dengan lulusan perguruan tinggi yang mengantongi ijazah dari perguruan tinggi atau program studi yang terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (BNPT).

Lowongan ini juga berlaku bagi pelamar dari lulusan luar negeri. Pelamar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri, mengantongi ijazah yang telah disetarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Deretan Syarat CPNS Serta Bocoran SKB dan SKD
Aturan Seleksi CPNS Sudah Dikeluarkan, Tinggal Tanggal Pasti Registrasi Yang Belum, Nih. (Foto: BKN)
2 dari 3 halaman

Kisi-kisi SKD dan SKB

Ada dua jenis tes yang digelar di CPNS, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pertama, SKD mengujikan tiga hal, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Berikut ini adalah kisi-kisi masing-masing tes SKD.

1. Tes Wawasan Kebangsaan

-nasionalisme
-integritas
-bela negara
-pilar negara

2. Tes Intelegensia Umum

-kemampuan verbal: analogi, silogisme, analitis.
-kemampuan numerik: berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, soal cerita.
-kemampuan figural: analogi, ketidaksamaan, serial

3. Tes Karakteristik Pribadi

-pelayanan publik
-jejaring kerja
-sosial budaya
-teknologi, informasi, dan komunikasi
-profesionalisme
-antiradikalisme

3 dari 3 halaman

Seleksi Kompetensi Bidang

Materi SKB ini disusun oleh instansi Pembina jabatan fungsional dan diintegrasikan ke dalam bank soal di sistem CAT. Apa saja isi tes itu?

Materi tes ini bisa berupa psikotes, tes potensi akademik, tes kemampuan bahasa asing, tes kesehatan jiwa, tes kesegaran jasmani, hingga uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi.

Terkait
Join Dream.co.id