Deretan Pekerjaan yang Muncul Akibat Pandemi Virus Corona

Dinar | Rabu, 3 Juni 2020 09:46
Deretan Pekerjaan yang Muncul Akibat Pandemi Virus Corona

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

merebaknya virus Corona memunculkan banyak pekerjaan baru. Profesi ini berkaitan dengan pandemi Covid-19 dan kebiasaan baru yang muncul karenanya.

Dream - Pandemi Covid-19 yang melanda nyaris seluruh negara dunia memberikan banyak kerugian. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan pemasukan.

banyak bisnis restoran, hotel, transportasi, hingga bisnis pariwisata, harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran agar dapat bertahan.

Di sisi lain, merebaknya virus Corona memunculkan banyak pekerjaan baru. Profesi ini berkaitan dengan pandemi Covid-19 dan kebiasaan baru yang muncul karenanya.

Lalu, pekerjaan apa saja ya yang muncul akibat pandemi Covid-19? Berikut deretan pekerjaan yang muncul setelah pandemi virus corona, sebagaimana dikutip dari CNBC.

2 dari 5 halaman

1. Penguji Covid-19

Para pekerja ini melakukan tes swab di rumah sakit, panti jompo, pabrik dan kantor untuk mamastikan tidak adanya orang yang terkena virus Corona.

Posisi tersebut biasanya akan diisi oleh perawat terdaftar dan asisten perawat. Bayarannya pun lumayan yaitu mencapai US$45 (Rp647 ribu) per jam.

" Peluang ini terbuka untuk banya orang yang bersedia berinvestasi dalam pelatihan keterampilan," jelas Julia Pollack.

" Dan ini masih akan menjadi pekerjaan yang menjajikan untuk sementaraktu ketika pabrik dan perusahaan kembali dibuka," tambahnya.

3 dari 5 halaman

2. Pengasuh Pasien Covid-19

Profesi ini muncul karena para orang tua yang terjangkit virus Corona membutuhkan pengasuh.

Bahkan di Amerika Serikat sendiri terjadi lonjakan permintaan pengasuh hingga ratusan ribu orang. Tenang saja, orang akan mempertimbangkan resiko kesehatan mereka sendiri.

Upah pekerjaan ini sekitar US$25 (Rp375 ribu) per jam dan membutuhkan pelatihan serta sertifikat.

4 dari 5 halaman

3. Pelacak Persebaran Virus Corona

Tugas dari pekejeraan ini yaitu menghubungi orang-orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19.

Pekerjaan ini biasanya merupakaan kerja paruh waktu atau penuh waktu serta bisa dikerjakan di rumah. Bayarannya bisa mencapai US$25 (Rp375 ribu) perjamnya.

4. Pengeccek Suhu Tubuh

Mulai dari bandara, stadion olahraga, restoran, sekolah, hingga perusahaan di era pandemi Covid-19 memerlukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk.

Oleh karena itu dibutuhkan petugas untuk melakukannya. Bayaran perjamnya bisa mencapai US$25 (Rp375 ribu).

5 dari 5 halaman

5. Petugas Penegak Hukum

Profesi ini muncul seiring dengan banyaknya orang yang melanggar peraturan physical distancing dan kebijakan yang berkaitan dengan Covid-19 lainnya. Pekerjaan ini mendapat bayaran hingga US$30 (Rp450 ribu) per jam nya.

6. Pembuat dan pemasang sekat pembatas

Sejak adanya pandemi, sekolah dan perkatoran memerlukan pemasangan sekat untuk menerapkan physical distancing. Akibatnya, permintaan terhadap jasa ini kian meningkat dengan upah mencapai US$20 (Rp300 ribu) per jam.

7. Pembuat Masker

Profesi pembuat masker menjadi diminati seiring dengan kebijakan penggunaan masker yang diharuskan pemerintah. Penghasilan dari pembuat masker per jamnya mencapai US$18 (Rp270 ribu).

8. Zoom Support Specialist

Saat guru berhadapan dengan ruang kelas virtual dan melakukan ujian melalui layar laptop, ada kebutuhan yang semakin besar akan dukungan teknis platform video interaktif, contohny Zoom. Bayarannya bisa mencapai US$25 (Rp450 ribu).

Join Dream.co.id