Deretan Bonus Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020, Negara Mana Paling Gede?

Dinar | Kamis, 29 Juli 2021 17:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ada uang senilai miliaran rupiah sampai rumah dan penerbangan gratis.

Dream – Sejumlah negara menyiapkan hadiah untuk para atletnya yang berhasil meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020. Iming-iming ini tentunya untuk memompa semangat para atlet agar meraih prestasi terbaik.

Jumlahnya beda-beda antara peraih medali perunggu, perak, dan emas. Wujudnya pun rupa-rupa, bisa uang sampai apartemen.

Indonesia misalnya, mempersiapkan sederet bonus untuk para atletnya yang berhasil menyabet medali. Pemerintah menyiapkan bonus uang tunai senilai Rp5 miliar bagi peraih medali emas, peraih perak Rp2 miliar, dan perunggu Rp1 miliar.

“ Ukuran prestasinya itu tak mudah. Perunggu atau perak saja sulit, apalagi emas,” kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Chandra Bhakti, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 29 Juli 2021.

Deretan Bonus Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020, Negara Mana Paling Gede?
Negara-negara Peserta Olimpiade Tokyo 2020 Memberikan Sederet Bonus Bagi Para Atlet Yang Membawa Pulang Medali.
2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Tuan Rumah?

Sementara itu, Jepang, tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020, memberikan bonus senilai 5 juta yen (Rp659,69 juta) bagi peraih medali emas, 2 juta yen (Rp263,87 juta) peraih perak, dan 1 juta yen (Rp131,94 juta) peraih perunggu, dikutip dari www.swimswam.com.

Ketiga, Hong Kong. Atlet Hong Kong peraih medali emas akan mendapatkan uang tunai senilai 5 juta dolar Hong Kong (Rp9,3 miliar), perak 2,5 juta dolar Hong Kong (Rp4,6 miliar), dan perunggu 1,25 juta dolar Hong Kong (Rp2,3 miliar).

Sementara itu, peraih emas dalam tim beregu akan mendapatkan uang tunai senilai 10 juta dolar Hong Kong (Rp18 miliar), perak 5 juta dolar Hong Kong (Rp9,3 miliar), dan perunggu 2,5 juta dolar Hong Kong (Rp4,6 miliar), dikutip dari Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Negara Lainnya?

Negara lainnya yang memberikan hadiah uang miliaran rupiah adalah India. Dikutip dari Livemint, Dewan Penasihat Asosiasi Olimpiade India merekomendasikan sederet hadiah untuk para atlet yang berpartsipasi dalam Olimpiade Tokyo. Para peraih medali emas di olimpiade ini akan diberikan hadiah tunai senilai 7,5 juta rupee (Rp1,46 miliar), peraih perak senilai 4 juta rupee (Rp779,67 juta), dan peraih perunggu senilai 2,5 juta rupee (Rp487,29 juta).

Selanjutnya, Filipina. Ya, Filipina akhirnya mendapatkan medali emas pertama dalam seabad terakhir. Medali emas ini diraih oleh atlet angkat besi, Hidlyn Diaz.

Dikutip dari CNN Filipina, peraih emas di kategori women 55 kg mendapatkan hadiah tunai senilai total 43,5 juta peso (Rp12,52 miliar) dari berbagai pihak, seperti pemerintah dan taipan. Selain itu, Diaz juga mendapatkan hadiah lain berupa apartemen mewah, rumah, dan penerbangan seumur hidup. Total hadiah yang diterimanya senilai 100 juta peso (Rp28,77 miliar).

Join Dream.co.id