Ini Sumber Harta Mansa Musa, Manusia Terkaya Sepanjang Sejarah

Dinar | Senin, 8 April 2019 16:15
Ini Sumber Harta Mansa Musa, Manusia Terkaya Sepanjang Sejarah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ada pria yang paling kaya dari orang terkaya dunia. Namanya, Mansa Musa.

Dream – Mansa Musa. Inilah manusia terkaya dunia, sepanjang sejarah. Saking kayanya, jumlah harta Musa tak bisa dibayangkan. Orang paling tajir di muka bumi saat ini, Jeff Bezos, bahkan tak bisa menandingi kekayaannya.

Dikutip dari Mirror, Senin 8 April 2019, Mansa Musa adalah raja dari Kerajaan Mali, Afrika, pada abad ke-14. Jika Bezos tercatat memiliki harta senilai US$115 miliar, sekitar Rp1.629,43 triliun, kekayaan ini tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kekayaan Musa.

Raja ini juga disebut-sebut lebih kaya dari Kaisar Romawi, Augustus Caesar, yang memiliki harta senilai US$4,6 triliun, sekitar Rp65.178,26 triliun.

Majalah Time menyebut kaisar Mali ini merupakan orang yang lebih kaya dari yang bisa dideskripsikan. Saking tajir melintirnya, Musa juga bersedekah kepada orang-orang miskin ketika mengunjungi Kairo, Mesir. Bukan uang atau makanan yang disumbang, pria itu bersedekah emas.

Karena sumbangan inilah, perekonomian di Mesir acak-acakan kala itu. Butuh waktu 12 tahun untuk memperbaiki perekonomian di Mesir. Musa membeli kembali sebagian emas yang dibeli dengan bunga yang tinggi.

Profesor sejarah di University of Michigan, Amerika Serikat, Rudolph Ware, mengatakan, Musa merupakan seorang pria yang kaya raya. Dia bisa menguasai dan “ menggandakan” emas yang dimiliki.

“ Pria terkaya yang pernah dilihat orang,” kata Ware.

2 dari 5 halaman
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi
Join Dream.co.id