Daftar Gaji Baru PNS dari Level CPNS sampai Pejabat

Dinar | Selasa, 19 Maret 2019 12:13
Daftar Gaji Baru PNS dari Level CPNS sampai Pejabat

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Para CPNS bisa tersenyum. Kenaikan gaji juga akan mereka rasakan

Dream - April 2019 bakal jadi bulan paling dinantikan para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Presiden telah menandatang Peraturan Presiden (Perpres) berisi penetapan gaji baru para abdi negara.

Tak hanya PNS yang sudah mengabdi cukup lama, gaji pokok Calon PNS (CPNS) juga akan ikut disesuaikan.

Mengutip laman Setkab.go.id, Rabu, 20 Maret 2019, aturan penyesuaian baru gaji PNS itu dituangkan dalam Perpres Nomor 15 Tahun 2019 tentang Penyesuaian Gaji PNS Menurut PP Nomor 30 Tahun 2015 ke Dalam Gaji Pokok PNS Menurut PP No. 15 Tahun 2019.

Terhitung per 1 Januari 2019, gaji pokok diputuskan disesuaikan menurut golongan dan masa kerja.

“ Pegawai Negeri Sipil sebagaimana dimaksud, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS),” bunyi Pasal 1 ayat (2) Perpres No. 16 Tahun 2019 itu.

Rincian penyesuaian gaji pokok seperti tertuang dalam Perpres ini tercantum dalam Lampiran I sampai dengan Lampiran IV yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Presiden.

Penyesuaian gaji pokok para PNS dan CPNS nantinya ditetapkan dengan keputusan Pejabat Pembina Kepegawaian dalam lingkungan masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Meski beleid ketentuan sudah terbit, para abdi negara harus menunggu ketentuan mengenai tata cara pembayaran gaji pokok PNS yang akan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Ketentuan teknis mengenai penyesuaian gaji pokok PNS diatur dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“ Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2019.

Merujuk pada lampiran aturan tersebut, pemerintah telah menetapkan kenaikan gaji PNS dan CPNS dari golongan I sampai IV. Untuk diketahui golongan I adalah para PNS dengan taraf pendidikan SD. Sementara PNS golongan IV biasanya dipegang oleh para pejabat.

Para CPNS sendiri ditetapkan masuk dalam golongan kerja sesuai dengan taraf pendidikan. Untuk pendidikan terakhir S3 sederajat ditetapkan masuk PNS golongan III/c, S2 sederajat golongan III/b, S1 sederajat golongan III/a, D3 sederajat golongan II/c, dan SMA sederajat golongan II/a, dan golongan I/a untuk lulusan SD.

Penentuan golongan itu menentukan tingkat gaji pokok yang diterima para PNS

Berikut daftar resmi gaji pokok yang diterima para PNS dari golongan terendah hingga para pejabatnya.

 

2 dari 5 halaman

Gaji Terendah PNS

Gaji terendah baru untuk golongan PNS golongan I/a adalah sebesar Rp1.560.800 untuk masa kerja 0 tahun. Besar gaji untuk golongan ini adalah Rp2.335.800 untuk masa kerja 27 tahun.

Di jajaran golongan I, posisi tertinggi adalah PNS I/d. Untuk masa kerja terendah yaitu 3 tahun, PNS akan menerima gaji pokok Rp1.851.800. Sementara PNS golongan I/d dengan masa kerja terpanjang 27 tahun mendapat gaji pokok Rp2.686.500.

 

3 dari 5 halaman

Golongan PNS Pendidikan SMA dan D3

Di golongan II, para PNS dikelompokkan berdasar jenjang pendidikan SMA dan D3. Untuk lulusan SMA, mereka akan ditempatkan sebagai PNS golongan II/a. Sementara pemegang ijzah D3 masuk golongan II/c.

Gaji terendah untuk golongan II adalah mereka yang masuk II/a dengan masa kerja 0 tahun. Para PNS ini akan mendapatkan gaji pokok baru senilai Rp2.022.200.

Sementara gaji pokok tertinggi di golongan ini diberikan untuk PNS II/d dengan masa kerja 33 tahun yang mendapat penghasilan Rp3.820.000

 

4 dari 5 halaman

Gaji PNS Bergelar S1 sampai S3

Dibandingkan yang lain, PNS golongan III mungkin yang terbanyak. Posisi ini diisi oleh para lulusan S1, S2, dan S3. Penempatan mereka disesuaikan dengan penggolongannya.

Untuk lulusan sarjana yang masuk sebagai CPNS dengan masa kerja 0 tahun, mereka akan ditempatkan sebagai PNS golongan III/a. Para CPNS baru ini kan mendapatkan gaji pokok Rp2.579.400.

Sedangkan PNS yang memiliki gelar master (S2) dan baru masuk kerja ditempatkan dalam golongan III/b. Para PNS ini akan mendapatkan gaji pokok Rp 2.688.500 per bulan.

Golongan III/c ditujukan untuk para PNS yang tercatat sebagai pemegang gelar Doktor (S3). Di golongan ini, PNS yang masih memiliki masa kerja 0 tahun akan menerima gaji pokok Rp2.802.300.

Di jajaran PNS golongan III, penghasilan berupa gaji pokok tertinggi didapat mereka yang sudah masuk III/d dengan masa kerja 32 tahun. Para PNS ini memperoleh gaji pokok sebesar Rp4.797.000 per bulan.

 

5 dari 5 halaman

Gaji Pejabat PNS

PNS dengan golongan tertinggi di jajaran abdi negara ini biasanya ditempati sejumlah pejabat. Berbeda dari yang sebelumnya, PNS golongan IV terbagi atas empat tingkat dari IV/a sampai IV/e.

Di jajaran para pejabat ini, gaji terkecil diterima PNS golongan IV/a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp3.022.430. Di atara para fresh graduate di golongan ini, gaji pokok terbesar diterima PNS IV/e senilai Rp3.593.100.

Gaji pokok baru tertinggi untuk PNS di golongan IV diberikan untuk mereka yang sudah masuk kategori IV/e dengan masa kerja 32 tahun. Para PNS ini bisa membawa pulang gaji di awal bulan sebesar Rp5.901.000.(Sah)

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id