Daftar Bantuan Pemerintah untuk Daerah yang Menetapkan PSBB

Dinar | Selasa, 7 April 2020 15:48
Daftar Bantuan Pemerintah untuk Daerah yang Menetapkan PSBB

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Pemerintah Indonesia memberikan bantuan di tengah pandemi Corona. Simak daftar bantuan yang akan diberikan.

Dream – Pemerintah Indonesia mengambil sejumlah kebijakan untuk menghadapi pandemi virus corona, Covid-19. Salah  satunya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Masyarakat diimbau untuk selalu menjaga jarak, sehingga penularan virus corona bisa dikurangi. Sekolah, perkantoran, dan tempat ibadah pun ditutup. Semua diimbau diam di rumah.

Pandemi corona secara nyata mebuat roda ekonomi macet. Akibatnya, banyak usaha harus gulung tikar dan melakukan pemutusan hubungan kerja alias PHK kepada para karyawannya.

Untuk mengatasi kondisi itu, pemerintah telah membuat sejumlah program bantuan untuk masyarakat kelas bawah yang merasakan dampak pandemi corona. Berikut daftar bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia di tengah wabah corona:

2 dari 6 halaman

Program Kartu Sembako

 Ilustrasi Beras© Pixabay.com

Bantuan ini untuk memperkuat perlindungan kepada masyarakat agar punya akses terhadap pangan yang bergizi.

Awal diluncurkan pada Februari 2017, pemerintah mengucurkan bantuan sebesar Rp1,32 juta per tahun atau Rp110.000 per bulan/keluarga untuk 15,6 juta keluarga.

Di tengah kondisi virus corona, pemerintah kembali menaikkan nilai bantuan Kartu Sembako menjadi Rp2,4 juta/tahun atau Rp200.000 per bulan/keluarga. Bantuan ini akan disalurkan kepada 20 juta keluarga di Indonesia.

Kenaikan nilai bantuan Kartu Sembako disampaikan Presiden Joko Widodo saat menetapkan status wabah Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat di Istana Bogor, Selasa 31 Maret 2020.

" Karena yang kita hadapi saat ini situasi yang memaksa, maka saya baru saja menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan," kata Joko Widodo dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden.

Antisipasi Kebutuhan Pokok

Pemerintah mencadangkan Rp25 triliun untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan operasi pasar logistik.

3 dari 6 halaman

Program Keluarga Harapan (PKH)

 Ilustrasi Anak Sekolah© Pexels.com

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Di tengah kondisi corona saat ini, umlah penerima yang semula 9,2 juta naik menjadi 10 juta. Manfaatnya juga naik 25 persen.

PKH akan diberikan ke beberapa syarat:

Komponen Kesehatan

Komponen kesehatan akan diberikan pada Balita 0-6 tahun dan ibu hamil. Nilai bantuannya senilai Rp3 juta per tahun.

Komponen Pendidikan

Komponen pendidikan diberikan kepada siswa SD, SMP, dan SMA. Hal ini juga berlaku bagi anak usia 6-21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

Komponen Kesejahteraan Sosial

Diberikan kepada para lanjut usia mulai 60 tahun ke atas, dan Penyandang disabilitas (diutamakan penyandang disabilitas berat)

4 dari 6 halaman

Kartu Pra Kerja

 Ilustrasi Pelatihan© Pexels.com

Kartu pra-kerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Awalnya pemerintah mengalokasikan Rp10 triliun. Kini naik menjadi Rp20 triliun.Rencananya pendaftaran akan dibuka April ini. Program ini berlangsung selama 4 bulan.

5 dari 6 halaman

Diskon Tarif Listrik

 Ilustrasi Listrik© Pexels.com

Selama 3 bulan kedepan (April, Mei, Juni), pemerintah menggratiskan tarif listrik bagi pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya mencapai 24 juta pelanggan.

Sedangkan untuk pelanggan 900 VA yang jumlahnya 7 juta akan diberi diskon 50 persen. Diskon ini juga akan berlaku selama tiga bulan.

6 dari 6 halaman

Keringanan Pembayaran Kredit

 Ilustrasi Kredit© Pexels.com

Diperuntukan bagi pekerja informal seperti ojek online, sopir taksi, dan pelaku UMKM nelayan, dengan penghasilan harian dengan kredit di bawah Rp10 miliar. Aturan berlaku mulai April ini. Pengajuan keringanan tidak harus datang ke bank tapi cukup melalui email atau media komunikasi digital seperti WhatApps (WA).

 

PSBB Jakarta Ditambah Sampai 4 Juni, Anies Baswedan- Bisa Jadi yang Terakhir
Join Dream.co.id