Curhat Pengusaha Mal: Syarat Booster Bikin Jantung Kami Kayak Roller Coaster

Dinar | Kamis, 4 Agustus 2022 17:45

Reporter : Alfi Salima Puteri

Sejak adanya syarat masuk mal wajib sudah vaksin booster membuat kunjungan ke mal-mal di Jakarta menurun hingga 10 persen.

Dream - Pemerintah memang telah mengizinkan mal atau pusat perbelanjaan beroperasi meski pandemi Covid-19 belum usai. Namun rupanya pengusaha mal merasa bingung karena peraturan yang berubah-ubah

" Setiap dua minggu ada lagi peraturan baru yang bikin jantung kita rasanya seperti roller coaster. Tiba-tiba saat masuk mal harus ada syarat ini, syarat itu," kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat, di Kota Kasablanka, Rabu 3 Agustus 2022.

Beberapa aturan yang diterapkan antara lain pengunjung yang boleh masuk harus sudah vaksin booster. Selain itu, ada pula jam operasional yang harus dipatuhi pengelola mal.

" Ini yang menyebabkan para pengusaha merasa tidak ada kepastian untuk berbisnis. Sehingga terjadilah up and down," tambah dia.

Curhat Pengusaha Mal: Syarat Booster Bikin Jantung Kami Kayak Roller Coaster
Foto: Kotakasablanka.co.id
2 dari 5 halaman

Ellen mengatakan, ketidakpastian aturan menyebabkan para pengusaha pusat belanja menjadi ragu-ragu untuk mengembangkan usahanya lagi. Sebab mereka harus menunggu dan melihat kondisi dan juga aturan dari pemerintah.

" Tapi kok wait and see-nya keterusan. Sehingga sangat disayangkan, akibat up and down itu, maka traffic di pusat belanja, khususnya DKI Jakarta, sudah menurun," kata Ellen.

Ellen mengungkapkan sejak adanya syarat masuk mal wajib sudah vaksin booster membuat kunjungan ke mal-mal di Jakarta menurun hingga 10 persen.

Namun pengelola mal pantang menyerah dan langsung menggandeng Puskesmas setempat untuk membuat sentra-sentra vaksin di mal.

3 dari 5 halaman

" Di hari pertama Senin sampai Jumat itu turun, syukur Alhamdulillah di Sabtu-Minggunya agak lumayan naik dan kita begerak cepat istilahnya kayak nangkap orang untuk masuk ke mal ke sentra untuk vaksinasi agar memudahkan mereka masuk kemanapun," jelasnya.

Ellen menuturkan, pusat perbelanjaan sejak awal pandemi, selalu mendapatkan aturan ketat dan dan pengelola pun terus menaati peraturan tersebut. Sementara menurutnya industri lain tidak seketat seperti pusat perbelanjaan.

" Walaupun kita terus mendapatkan peraturan yang ketat APPBI DKI Jakarta salah satu yang taat peraturan, jadi tolong kami harap aturan ini lebih dilonggarkan lagi bagi kami pusat perbelanjaan," kata Ellen.

 

4 dari 5 halaman

Ellen berharap besar agar pemerintah tidak memberlakukan aturan wajib vaksin booster kedua untuk syarat masuk mal. Sebab, kata dia saat ini saja kondisi mal di Jakarta belum pulih total.

" Kalau ditanya sekarang gimana? masih ada penurunan juga karena tidak semerta-merta langsung pulih. Itu terus terang kami sayangkan mencari kenaikan satu persen traffic itu tidak mudah apalagi turunnya banyak. Jadi mohon (kalau) ada booster ke dua jangan lagi menjadi syarat ke mal, sudah enggak kuat," tuturnya.

Meskipun begitu, Ellen tetap optimis kondisi usaha semakin membaik. Oleh karena itu Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) akan menyelenggarakan Indonesia Shopping Festival 2022 pada tanggal 11 Agustus hingga 21 Agustus 2022.

 

5 dari 5 halaman

Festival belanja ini serempak diadakan di seluruh pusat belanja di Indonesia dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 serta mempercepat pemulihan perekonomian nasional khususnya pada bidang retail.

Didukung oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, Indonesia Shopping Festival 2022 akan dimeriahkan dengan pesta diskon spesial hingga
77 persen sesuai dengan usia Republik Indonesia pada Agustus tahun ini.

" Semua mal di Jakarta yang tergabung dalam APPBI akan ikut serta menyelenggarakan festival ini, dengan caranya masing-masing," kata Ellen.

 Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat© Alfi Salima Puteri

Selain itu, akan hadir pameran produk dalam negeri dan UMKM di seluruh pusat perbelanjaan, festival kuliner khas nusantara sesuai daerah masing-masing, dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian daerah dan kolaborasi event masing-masing pusat belanja pada periode Indonesia Shopping Festival 2022 berlangsung.

 

Join Dream.co.id