Ciputra, Bos Properti Sulap Duit Rp10 Juta Jadi Rp5 Triliun

Dinar | Rabu, 27 November 2019 10:36
Ciputra, Bos Properti Sulap Duit Rp10 Juta Jadi Rp5 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pengusaha ini sukses bergelut di bidang properti.

Dream - Di dunia bisnis, nama Ciputra sudah tak asing lagi. Pria kelahiran 1931 ini terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses.

Menariknya, Ciputra merintis usahanya dengan modal awal Rp10 juta.

Ciputra lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, pada 24 Agustus 1931. Dia adalah arsitek kelahiran Sulawesi Tengah dengan nama Tjie Tjin Huan dan berasal dari keluarga yang sederhana.

Sejak menjadi mahasiswa jurusan arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB), pria ini sudah merintis bisnis. Dia mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di garasi.

Selain menyelesaikan kuliahnya di ITB dan meraih gelar insinyur, Ciputra pindah ke Jakarta. Pada tahun 1961, Ciputra mendirikan Jaya Group dengan bermodalkan hanya Rp10 juta. Kini, total asetnya mencapai Rp5 triliun.

Taipan properti ini punya 100 anak perusahaan di bidang properti dan karya-karya besar di 11 kota di Indonesia.


2 dari 4 halaman

Punya 100 Anak Perusahaan

Bertemu dengan Sudono Salim, Sudwikatmono, Budi Brasali, dan Ibrahim Risjad, Ciputra mendirikan Metropolitan Group.

Perusahaan ini membangun perumahan mewah di Pondok Indah, Jakarta, dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai di Serpong, Banten. Di Metropolitan Group, Ciputra menduduki posisi presiden komisaris.

Kemudian, Ciputra mendirikan perusahaan keluarga, Ciputra Group. Pada 1997, krisis ekonomi terjadi dan berdampak kepada bisnis Ciputra. Dia membawa perusahaannya berekspansi ke dalam dan ke luar negeri.

Ciputra kini memiliki 100 anak perusahaan di bidang properti dan punya karya besar di 11 kota di Indonesia.

(Sumber: Liputan6.com)

3 dari 4 halaman

Pengusaha Ciputra Meninggal Dunia di Singapura Dini Hari Tadi

Dream - Ciputra, taipan properti Indonesia meninggal dunia dini hari tadi, Rabu, 27 November 2019. Pebisnis yang di masa tuanya aktif menularkan semangat entrepreneurship itu tutup usia di Singapura pukul 1.05 waktu setempat.

Kabar meninggalnya Ciputra diketahui dari Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari.

" Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl 27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore."

Direncanakan jenazah Ciputra akan dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan. Namun jadwal pemakaman baru akan dikabarkan setelah jenazah pengusaha dan salah satu orang terkaya Indonesia itu tiba di Indonesia.

" Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini," ujar dia.(Sah, Liputan6.com)

4 dari 4 halaman

Sosok Ciputra

Ciputra lahir di Parigi, Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931. Kesuksesannya membangun bisnis berjalan puluhan tahun. Terutama di bidang properti. Sebut saja Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group, adalah gurita bisnis yang hasil karya bangunannnya bisa ditemui di Indonesia.

Ciputra sudah merasakan kesulitan dan kepahitan hidup sejak kecil. Salah satunya, kehilangan bapaknya Tjie Siem Poe pada tahun 1944. Ini yang menjadi pemecutnya untuk bangkit.

Ketika remaja ia bersekolah di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Frater Don Bosco di Manado, Sulawesi Utara.

Usai tamat sekolah, dia memutuskan pergi dan menuju Jawa. Dia pun berkuliah di Institut Teknologi Bandung.

Join Dream.co.id