CIMB Niaga Tawarkan Tabungan Digital Bebas Biaya Admin

Dinar | Kamis, 23 September 2021 17:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pada masa pandemi, masyarakat makin sensitif terhadap harga.

Dream – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melihat ada perubahan perilaku nasabah selama pandemi Covid-19. Nasabah kini semakin sensitif terhadap harga dan fokus terhadap kebutuhan pokok.

Di samping itu, tingkat kesadaran akan kesehatan semakin tinggi plus memerlukan layanan perbankan yang cepat dan responsif.

Head of Consumer Product, Preferred and Personalization CIMB Niaga, Noviandy Wahyudi, mengatakan bahwa sekarang nasabah lebih menyukai transaksi secara cashless dan contactless.

Berdasarkan survei, perubahan perilaku konsumen jadi 10 kali lebih besar dan 10 kali lebih cepat pada era pandemi.

 CIMB Niaga merilis tabungan digital OCTO Savers.© CIMB Niaga

“ Nasabah melihat transaksi digital bukan lagi sebagai komplementer, namun sebagai kebutuhan utama,” kata Noviandy dalam “ Diskusi Bersama CIMB Niaga” secara virtual, Kamis 23 September 2021.

Selain itu, lanjut dia, bank ini juga mencermati ada kesamaan kebutuhan finansial dari nasabah-nasabahnya. Kesamaan itu adalah top up e-wallet, tarik tunai, dan transfer uang.

CIMB Niaga Tawarkan Tabungan Digital Bebas Biaya Admin
CIMB Niaga Merilis Tabungan Digital Dengan Free Banking. (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Luncurkan OCTO Savers

Melihat kebutuhan dan perubahan perilaku ini, CIMB Niaga merilis tabungan digitalnya, OCTO Savers, yang bisa dibuka untuk tabungan konvensional maupun syariah. Noviandy mengatakan nasabah bisa mendapatkan manfaat total 60 kali transaksi tanpa biaya apabila saldo tabungan pada akhir bulan sebelumnya minimal Rp2 juta dan tidak ada biaya administrasi bulanan.

“ Nasabah juga tidak dikenakan biaya di bawah saldo minimum apabila saldo rata-rata tabungan mencapai minimal Rp2 juta,” kata dia.

Noviandy memerinci 60 kali transaksi tanpa biaya itu mencakup 20 kali transfer ke bank lain di Indonesia dan 20 kali top up e-wallet, seperti Gopay dengan OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Kemudian, 20 kali tarik tunai di semua jaringan ATM Bersama, Prima, MEPS, dan Mastercard/Cirrus.

3 dari 4 halaman

Bidik 50 Ribu Nasabah Baru

Noviandy membidik ada puluhan ribu nasabah baru untuk tabungan ini. “ Targetnya, akusisi nasabah baru naik terus tiap bulan. Kami buka lebih dari 50 ribu tabungan baru setiap bulan,” kata dia.

Untuk pendapatan berbasis biaya, dia memang tidak menargetkan. Noviandy optimistis nasabah yang menggunakan CIMB Niaga sebagai rekening utama akan meningkatkan produk yang dibeli.

Fee based income akan terjaga. Itu yang menjadi bisnis,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Cara Buka Tabungan OCTO Savers

Untuk membuka tabungan ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, mengunduh aplikasi OCTO Mobile di Playstore, AppStore, dan Huawei AppGallery.

Kedua, membuka aplikasi dan pilih “ Buka Rekening Tabungan Pertama Saya”, serta siapkan e-KTP dan NPWP. Ketiga, pilih jenis tabungan OCTO Savers dan dilanjutkan dengan mengisi detil informasi yang diminta, lalu upload e-KTP dan NPWP serta lengkapi datanya.

Sedangkan yang keempat, buat User ID dan PIN OCTO Mobile, kemudian pilih menu video call dengan Video Banking Officer CIMB Niaga untuk menyelesaikan proses verifikasi. Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut dengan tepat, rekening OCTO Savers pun berhasil dibuat. Selain melalui OCTO Mobile, nasabah juga bisa membuka OCTO Savers di kantor cabang dan Digital Lounge CIMB Niaga.

Selain bebas biaya admin, ada program yang diberikan kepada nasabah, seperti cashback hingga Rp500 ribu dan e-ticket bidding berhadiah iPhone 12. Program tersebut berlaku hingga 30 September 2021

Join Dream.co.id