CIMB Niaga Bukukan Transaksi Fitur Investasi Double Digit

Dinar | Senin, 30 Agustus 2021 18:23

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mana investasi yang transaksinya paling banyak?

Dream – PT Bank CIMB Niaga Tbk menghadirkan fitur investasi di aplikasi digital banking. Bank itu mencatat pertumbuhan yang signifikan di fitur investasi.

“ Hadirnya fitur dan layanan yang selalu relevan dengan kebutuhan nasabah diharapkan dapat meningkatkan customer dan pertumbuhan bisnis,” kata Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga, Bambang Karsono Adi, dalam diskusi virtual, Senin 30 Agustus 2021.

Bambang menyebut, transaksinya mencapai double digit per 30 Juni 2021. Transaksi deposito melalui digital sebesar 90 persen, reksa dana 52,3 persen, dan obligasi 25 persen.

“ Masing-masing untuk pembukaan deposito berjangka, transaksi reksa dana maupun obligasi,” kata dia.

Pengembangan kapabilitas OCTO Mobile hingga memiliki fitur investasi, kata Bambang, sejalan dengan strategi digitalisasi CIMB Niaga dalam melayani nasabah.

“ Kami optimistis ke depan investasi melalui OCTO Mobile akan terus meningkat seiring dengan preferensi nasabah pada era digital,” kata dia.

CIMB Niaga Bukukan Transaksi Fitur Investasi Double Digit
CIMB Niaga Menghadirkan Fitur Investasi Di Aplikasi Mobile Banking. (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Mulai dari Rp100 Ribu

Salah satu fitur investasi yang ditawarkan bank ini adalah reksa dana. Bambang menyebut CIMB Niaga bekerja sama dengan 11 manajer investasi (MI) dan tercatat sebagai agen penjual reksa dana.

Nasabah, lanjut dia, bisa mendapatkan akses kurasi reksa dana dengan pilihan hingga 74 reksa dana yang bisa dibeli sesuai dengan profil risiko.

Salah satu produk yang ditawarkan adalah CIMB Niaga Regular Investment Saving Plan (CRISP). Bambang mengatakan nasabah bisa membangun kebiasaan investasi untuk masa depan dengan bujet terjangkau.

“ Mulai dari Rp100 ribu dengan jangka waktu 12 bulan hingga 10 tahun,” kata dia.

Dengan budget yang terjangkau tersebut, nasabah bisa membangun kebiasaan untuk berinvestasi guna menyiapkan masa depan.

3 dari 6 halaman

Cara Investasi di OCTO Mobile

Untuk berinvestasi reksa dana melalui OCTO Mobile, nasabah harus memiliki single investor identification (SID) serta melengkapi profil risikonya. Kemudian, mendaftarkan SID dengan memilih menu daftar dan investasi di aplikasi.

Pilihlah reksa dana, lengkapi profil risiko, dan rekening akan diproses. CIMB Niaga akan melakukan verifikasi sebelum SID diterbitkan dan akses transaksi reksa dana melalui OCTO Mobile diberikan kepada nasabah.

Setelah nasabah memperoleh nomor SID dan profil risiko, nasabah bisa bertransaksi pertama kalinya di OCTO Mobile, memilih dan membandingkan berbagai jenis tipe produk reksa dana, serta bertransaksi pembelian. Nasabah bisa menjual kembali dan mengalihkan reksa dana. Aplikasi itu bisa diunduh di App Store atau Playstore.

“ Dengan kemudahan dan kelengkapan fitur investasi yang disediakan OCTO Mobile, kami berharap nasabah bisa memanfaatkan untuk mengelola dana, dan bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik,” kata dia.

4 dari 6 halaman

CIMB Niaga Incar Pendapatan Komisi Rp100 Miliar Tahun Ini

Dream – PT Bank CIMB Niaga Tbk membukukan pertumbuhan bisnis digital yang signifikan. Tahun ini, transaksi digital bank tersebut tercatat naik 77 persen secara tahunan.

Untuk tahun ini, CIMB Niaga membidik pendapatan komisi (fee baserd income/FBI) dari transaksi digital senilai Rp100 miliar.

Head of Digital Banking Branchless and Partnership CIMB Niaga, Bambang Karsono Adi, mengatakan, pendapatan komisi ini berkontribusi baik untuk laba. Transaksi digital ini berasal dari transfer, top up uang elektronik, pembayaran QRIS, dan top up dompet elektronik.

 

 CIMB Niaga Incar Pendapatan Komisi Rp100 Miliar Tahun Ini© Dream

“ Kalau FBI dalam sebulan Rp9 miliar-Rp10 miliar, setahun bisa sampai Rp100 miliar,” kata Bambang dalam diskusi virtual, Senin 30 Agustus 2021.

Selain itu, dia juga menyebut jumlah nasabah baru juga bertambah. Dalam sebulan, misalnya, jumlah number of account (NoA) mencapai 45 ribu-55 ribu rekening. Sekadar catatan, saat ini, CIMB Niaga memiliki 7,5 juta rekening dan 4,9 juta di antaranya adalah rekening ponsel.

“ Dalam setahun, kami bisa mencapai 600 ribu-700 ribu (rekening baru),” kata dia.

5 dari 6 halaman

CIMB Niaga Syariah Incar Nasabah Premium

Dream – Unit Usaha Syariah CIMB Niaga meluncurkan layanan baru, untuk nasabah premiumnya dengan menghadirkan CIMB Preferred Syariah. Kehadiran produk baru ini diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk keuangan syariah.

“ Kami berharap inisiatif ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan melindungi portofolio keuangan nasabah sesuai prinsip syariah,” kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis CIMB Niaga.

 

 CIMB Niaga Syariah Incar Nasabah Premium© Dream

 

 

Layanan ini, kata Pandji, menyediakan produk premiumyang lengkap, mulai dari tabungan hingga proteksi. Layanan tersebut didukung oleh OCTO Mobile.

“ Nasabah bisa tetap produktif, sehat, dan aman dalam bertransaksi kapan saja tanpa harus keluar rumah,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Tawarkan Dua Produk Utama

Layanan itu menawarkan dua produk utama, yaitu CIMB Preferred Visa Infinite Syariah Card dan Preferred Syariah Debit Card. Masing-masing dibekali beragam keunggulan yang dapat dinikmati nasabah.

Pertama, CIMB Preferred Visa Infinite Syariah Card, merupakan kartu kredit premium berbasis syariah pertama di Indonesia yang dilengkapi fitur pembayaran transaksi secara contactless.

CIMB Preferred Syariah juga menawarkan fasilitas Family Protection melalui produk-produk asuransi jiwa berbasis Syariah, optimisasi aset melalui produk investasi Syariah dengan exposure pada market luar negeri, layanan donasi Zakat, Infaq dan Wakaf dengan Poin Xtra melalui OCTO Mobile, dan mendapatkan Double Berkah melalui program tabungan dengan hadiah wakaf.

“ Dengan keunggulan layanan CIMB Preferred Syariah tersebut, kami optimis bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk-produk perbankan syariah,” kata dia.

Join Dream.co.id