Christine Lagarde Mundur dari Jabatan Bos IMF

Dinar | Rabu, 17 Juli 2019 13:36
Christine Lagarde Mundur dari Jabatan Bos IMF

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa alasannya?

Dream – Managing Director International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde, mengundurkan diri. Pengunduran diri wanita yang dikenal dekat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani INdrawati ini berlaku efektif pada 12 September 2019.

“ Saya telah bertemu dengan Dewan Eksekutif dan memasukkan surat pengunduran diri dari IMF,” kata dia dikutip dari laman IMF, Rabu 17 Juli 2019.

Lagarde mengundurkan diri karena terpilih sebagai nominasi pimpinan Bank Sentral Uni Eropa. Jajaran eksekutif IMF kini sedang memproses pemilihan penggantinya.

Untuk sementara, David Lipton menjadi Plt. Managing Diretor IMF.

“ Dewan Eksekutif akan mengambil langkah-langkah penting untuk bergerak ke depan dengan memproses seleksi direktur pelaksana yang baru,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Siapa Lagarde?

Dikutip dari berbagai sumber, direktur pelaksana IMF ini bernama lengkap Christine Madeleine Odette Lagarde. Wanita ini lahir di Perancis pada 1956. Lagarde merupakan seorang pengacara, politisi, dan ekonom.

Lulusan Paris West University Nanterre La Defens ini merintis karier profesionalnya di firma hukum internasional, Baker & McKenzie, pada 1981. Di sana, dia menangani kasus mosi tidak percaya dan ketenagakerjaan.

Setelah bekerja selama enam tahun, Lagarde bergabung dengan firman di Eropa Barat. Pada 1995, dia bergabung dengan komite eksekutif dan terpilih sebagai wanita pimpinan pertama pada 1999.

3 dari 6 halaman

Terpilih Jadi Menteri

Karier Lagarde menanjak. Kali ini, dia terjun ke pemerintahan Perancis. Lagarde menjabat sebagai menteri perdagangan Perancis pada 2005—2007, menteri pertanian dan perikanan pada 2007, serta menteri ekonomi, keuangan, dan industri pada 2007—2011.

Wanita berusia 63 tahun ini merupakan perempuan pertama yang menduduki menteri keuangan di negara anggota G8.

4 dari 6 halaman

Terpilih Dua Kali di IMF

Pada 2011, Lagarde terpilih sebagai direktur pelaksana IMF selama lima tahun. Dia memulai masa jabatan pada 5 Juli 2011, menggantikan Dominique Strauss-Khan.

Kemudian, dia terpilih lagi sebagai direktur pelaksana IMF untuk kedua kalinya, mulai dari 5 Juli 2016.

Forbes menempatkan Lagarde sebagai perempuan paling berpengaruh dunia pada 2018.

Kini, dia mengundurkan diri karena terpilih sebagai nominasi bos Bank Sentral Uni Eropa. Jika jadi, Lagarde akan menjadi wanita pertama yang memimpin bank ini. 

5 dari 6 halaman

Intip Oleh-oleh Eyang Sri Mulyani untuk Cucunya

Dream – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, belum lama ini menghadiri pertemuan G-20 di Fukuoka, Jepang. Sebelum pulang ke Indonesia, Sri Mulyani berbelanja di Bandara Fukuoka

Dikutip dari akun Instagram Sri Mulyani, @smindrawati, Selasa 11 Juni 2019, dia ditemani oleh Managing Director International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde. Mereka membeli pernak-pernik untuk cucu-cucunya.

“Dua Eyang sibuk memilih oleh-oleh cucu di Airport Fukuoka – Jepang,” tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani berbelanja bersama Christine sebelum pesawat lepas landas. Pernak-pernik yang dibelinya seperti action figure, sepatu bayi berwarna kalem, sampai hiasan rambut yang warnanya lembut.

“Setelah Pertemuan #G20, dalam perjalanan kembali ke tempat masing-masing, sesaat sebelum boarding pesawat. Eyang @christinelagarde dan Eyang Sri Mulyani sibuk memilih pernik-pernik oleh-oleh untuk cucu-cucunya #G20fukuoka #christinelagarde,” tulis dia.

      View this post on Instagram

Dua Eyang sibuk memilih oleh-oleh untuk cucu di AirPort Fukuoka -Jepang. Setelah Pertemuan #G20, dalam perjalanan kembali ke tempat masing-masing, sesaat sebelum boarding pesawat. Eyang @christinelagarde dan Eyang Sri Mulyani sibuk memilih pernik-pernik oleh-oleh untuk cucu-cucunya. #G20fukuoka #christinelagarde

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on 

6 dari 6 halaman

Warganet Minta Oleh-oleh?

Melihat unggahan ini, ada-ada saja yang dilakukan oleh warganet. Ada yang meminta Sri Mulyani dan Lagarde memborong oleh-oleh.

Ayooo borong semua OMA...mumpung sedang berada di Indonesia....okey,” tulis @reny131.

Ada juga yang ingin mendapatkan oleh-oleh.

Eyang-eyang paling keren di bumi, garang di forum, tapi, eh, ketemu stand oleh-oleh jadi kalap. Bagi sebiji napa, Bu,” tulis @mona_cen.

Bu @smindrawati, mau dong oleh-olehnya,” tulis @tole196.

Malah, ada juga yang ingin jadi cucu Sri Mulyani. “ Mau jd cucu nya ibu #eeh,” tulis @winnylaura15.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id