Jatuh Bangun Raffi Ahmad dari Entertainer Jadi Entrepreuner: Tak Ada Orang Lihat

Dinar | Senin, 29 November 2021 13:33

Reporter : Alfi Salima Puteri

Tapi, beberapa bisnis yang ia geluti tidak berumur lama dan harus gulung tikar.

Dream - Raffi Ahmad dikenal dengan julukan Sultan Andara karena kesuksesan dan kekayaannya. Namun Sahabat Dream mungkin belum tahu bahwa Raffi sudah mulai meniti karier sejak usianya baru menginjak 17 tahun.

Pria yang baru saja dikaruniai putra ke dua ini membagikan kisah awal saat dirinya membuka bisnis sejak usia 17 tahun. Namun beberapa bisnis yang ia geluti tidak berumur lama dan harus gulung tikar.

" Untuk jadi pengusaha, aku dari 17 tahun tuh sudah mulai berusaha, berbisnis, tapi orang enggak ada yang lihat itu semua," ujar Raffi Ahmad, Founder & Chairman RANS Entertainment, di acara IdeaFest 2021, Minggu 28 November 2021.

Jatuh Bangun Raffi Ahmad dari Entertainer Jadi Entrepreuner: Tak Ada Orang Lihat
Foto: Instagram.com/raffinagita1717
2 dari 5 halaman

Usia 17 tahun sudah punya klub

 Raffi Ahmad© Instagram.com/raffinagita1717

Sejak remaja, Raffi sudah mencoba peruntungan dengan membuka berbagai bisnis, seperti restoran bahkan membuka sebuah klub di Bali.

" Dari 17 tahun aku punya klub di Bali, tapi tutup. Restoran juga aku buka, tapi banyak yang tutup. Tapi dari situ aku jadi belajar-belajar lagi," lanjutnya.

Belajar dari kegagalan, Raffi mengaku semakin terpacu dan semangat untuk terus membuka bisnisnya sendiri.

Hal ini dilakukan Raffi karena mengingat usianya akan semakin bertambah. Sehingga ia berpikir dirinya tidak akan selalu berada di dunia entertainment yang telah membesarkan namanya.

“ Aku sadar usiaku sekarang udah 35 tahun. Nggak mungkin aku cuma Hai guys terus. Tapi tetap entertainment akan jadi passion aku, nanti aku jadiin hobi," ujar Raffi.

3 dari 5 halaman

Punya 500 karyawan

 Raffi Ahmad© Instagram.com/raffinagita1717

Berbeda dengan dunia entertainment, Raffi mengaku dalam dunia bisnis harus menghadapi segala risiko yang jauh lebih tinggi.

" Kalau di dunia entertainment kita harus 'jual' badan kita. Ibaratnya kalau nggak syuting ya nggak dibayar. Tapi kalau pengusaha ya ada risikonya. Sekarang aku kaitkan dan gunakan kesempatan basic-nya di entertainment, belajar dari entertainment ke entrepreneur," jelas Raffi.

Untuk mempertahankan bisnis RANS Entertainment, Raffi mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi. Ia mengungkapkan di zaman digitalisasi ini, saling berkolaborasi dengan berbagai pihak sangatlah penting.

RANS Entertainment yang sudah berdiri selama empat tahun itu pun kini memiliki karyawan hingga ratusan orang.

" RANS itu tadinya cuma (mempekerjakan) tiga orang doang, lima sama aku dan Nagita. Editor satu orang, konten dua orang. Bener-bener awal itu kantornya di garasi rumah dan cuma ada tiga orang. Sekarang alhamdulillah udah ada hampir 500 karyawan," tutur Raffi.

4 dari 5 halaman

Bangun Bisnis Olahraga, Raffi Ahmad Gelontorkan Uang Rp1 Triliun Lebih

Dream - Raffi Ahmad semakin serius membangun bisnis dibidang olahraga. Setelah membeli klub bola Cilegon FC dan mengubah namanya menjadi Rans Cilegon FC serta mendirikan Rans PIK Basketball, kini dia membangun tempat olahraga yang diberi nama Rans Prestige Sportstainment.

"  Alhamdulillah ini proses panjang akhirnya kita dapat izinnya," kata Raffi Ahmad di Pantai Indah Kapuk, Senin 22 November 2021.

Kece dari Lahir, Segini Harga OOTD Baby R Anak Kedua Nagita Slavina-Raffi Ahmad

Dalam membangun bisnis ini, Raffi tak sendiri. Dia mengajak sang sahabat, Rudy Salim. " Saya mau kita komitmen memajukan dunia sport dan entertaimen digabungkan dengan lifestyle," tutur Raffi Ahmad.

 raffi© instagram

5 dari 5 halaman

Biaya fantastis

Pada Sportstainment ini, suami Nagita Slavina itu akan membangun area outdoor dan juga indoor. Raffi bahkan akan membangun lapangan bola berstandar FIFA.

" Kita kasih tempat yang bikin orang bisa olahraga dan bisa bawa keluarga kumpul. Karena di kondisi sekarang kesehatan jadi nomor satu," imbuh dia.

Ini Kondisi Makam Kasino Warkop DKI Setelah 24 Tahun Meninggal

Selain membangun area untuk olahraga, dia juga akan membangun area hiburan.

" Kita di sini emang fokus bikin tempat yang bisa support kegiatan sport, e-sports, konser musik juga. Ibaratnya konsepnya tuh fun tapi sehat, outdoor juga ada. Ya orang kan pandemi gini lebih pengin ke outdoor ya," ucap Raffi.

Untuk luas tanah dari area ini sekitar 2,3 hektare dengan biaya yang digelontorkan cukup fantastis. " Tanah diatas Rp1 triliun, bangunan 11 ribu meter, permeter 8 juta, coba totalin aja berapa biayanya," ungkap Rudy Salim.

Join Dream.co.id