Cerita Dias Kinanthi, Keluar dari Fakultas Kedokteran Demi Kejar Passion

Dinar | Minggu, 1 September 2019 15:49
Cerita Dias Kinanthi, Keluar dari Fakultas Kedokteran Demi Kejar Passion

Reporter : Elvira F Saudi

Adik kandung Andien ini merasa tidak cocok dengan fakultas kedokteran yang sudah ia jalani selama 4 semester.

Dream - Cantik dan cerdas, itu yang menonjol dari sosok Dias Kinanthi. Sudah jadi Diplomat muda yang sukes, hijaber yang akrab disapa Dias ini ternyata pernah mengalami momen penuh perjuangan di masa perkuliahan.

Adik kandung Andien ini merasa tidak cocok dengan fakultas kedokteran yang sudah ia jalani selama 4 semester. Dengan modal nekat, ia banting setir jadi mahasiswi Sastra Jerman.

Dias sebetulnya lebih menyukai pelajaran yang berbau filsafat, sejarah, dan sosial. Sempat ada pergolakan batin di diri Dias, apalagi dengan stigma masyarakat tentang pendidikan yang sedang ia jalani dan jumlah uang yang tidak sedikit pula untuk sampai di posisi tersebut.

2 dari 3 halaman

Cari Uang Sendiri untuk Bayar Kuliah

Namun akhirnya, Dias menemukan momentum dan berani mengungkapkan keinginannya kepada orangtuanya. " Boleh nggak aku yang bayar sekolah, tapi aku nggak mau di kedokteran lagi," kata Dias di Vooya Inspiration Session, Sabtu 31 September 2019 kemarin.

 Dias Kinanthi© Instagram

Dias memang akhirnya berhasil 'menyelamatkan diri' dari fakultas kedokteran. Saat itu ia harus mencari jalan untuk membiayai kuliahnya. Dias sebenarnya berasal dari keluarga yang sangat berkecukupan.

Namun ia memilih untuk berkerja di dua tempat sekaligus saat menjadi mahasiswi sastra jerman. Dias bahkan harus bolak-balik Tanjung priok, Ciracas, dan Depok setiap hari saat jadi mahasiswa baru demi bisa membiayai kuliahnya sendiri.

Saat itu, ia bekerja menjadi guru bahasa jerman untuk ABK di Tanjung Priuk, dan menjadi editor di Ciracas.

3 dari 3 halaman

Konsisten

Pindah jurusan, membuatnya jadi lebih aktif di luar perkuliahan. Ia bahkan pernah dikirim ke Rusia untuk misi kemanusiaan.

 Dias Kinanthi© Instagram

Dias menganggap ada dua hal yang menjadi kunci ia bisa berada di posisi ini sekarang, yaitu rasa tanggung jawab dan perseverance atau sikap gigih untuk mencapai tujuan, apapun kendalanya.

" Saat ini aku harus take lead atas pilihan aku. Dengan komitmen, saya harus bertanggung jawab dengan cara sambil bekerja untuk bisa biayai kuliah sendiri," ungkapnya.

 

Terkait
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id