Tiga Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan oleh Pebisnis Pemula

Dinar | Jumat, 17 September 2021 11:47

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Membangun bisnis memang nggak gampang.

Dream – Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk mereka yang baru saja terjun dan belum punya jam terbang yang cukup. Dibutuhkan persiapan yang matang, tekad yang tangguh, dan komitmen yang kuat agar bisnis yang dibangun bisa membuahkan hasil.

Faktor mentalitas juga menjadi aspek penting ketika ingin terjun di dunia bisnis. Sering kali mentah langsung jatuh manakala barang atau jasa yang ditawarkan tak kunjung dipesan.

Jika bisnis telah berjalan beberapa bulan namun belum ada konsumen yang datang, mungkin ada bagian dari perencanaan bisnis yang keliru. Bisa jadi kesalahan berasal dari niat kita ketika membangun bisnis.

Perlu diingat ya Sahabat Dream, ada tiga kesalahan utama yang sering dialami oleh pebisnis pemula. Yuk kita pelajari biar bisnis kembali melaju kencang. Buat kamu yang baru mau memulai bisnis diharapkan bisa menghindari kesalahan yang sama.

Pertama, ingin cepat sukses dan meraih keuntungan.

Kalimat yang berbunyi kesuksesan tidak ada yang instan itu benar adanya. Semua kesuksesan yang dimiliki oleh orang-orang hebat saat ini, berasal dari kerja keras dan melalui proses yang tidak mudah.

Seorang pebisnis harus fokus pada apa yang ia kerjakan dan tidak gegabah dalam membuat keputusan.

Tiga Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan oleh Pebisnis Pemula
Merintis Bisnis Bukanlah Hal Yang Mudah Dilakukan, Terutama Bagi Pemula. (foto: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Tidak Meriset Pasar

Kedua, tidak melakukan riset pasar.

Kalau ingin mulai bisnis, pastikan untuk mencari tahu atau riset tentang konsumen atau market yang dituju. Riset ini dilakukan agar pengusaha memiliki tujuan yang jelas dan tidak hanya mengikuti tren.

Ketiga, manajemen risiko yang kurang.

Banyak orang tergiur dengan keuntungan yang didapat dan melupakan kemungkinan risiko yang terjadi.

Padahal, setiap pekerjaan punya risiko kegagalan. Seorang pebisnis harus paham bahwa dia menghadapi situasi yang tidak sesuai dengan bayangannya.

3 dari 3 halaman

Harus Punya Perencanaan

CEO dan Co-founder Ternak Udang, Raymond Chin, mengatakan ada banyak aspek kegagalan, mulai dari orang, produk, hingga marketing. Banyak pebisnis pemula gagal karena terlalu naïf.

“ Banyak banget bisnis atau startup yang gagal pada satu tahun pertama,” kata Raymond dalam acara virtual ShopeeTalk, Kamis 16 September 2021.

Para pebisnis ini, kata dia, tidak punya manajemen risiko atau bad planning sehingga berasumsi semua akan berjalan mulus. Manajemen risiko ini bisa dibuat dengan mengetahui produk apa yang ingin ditawarkan dan siapa orang yang dituju (market).

“ Makanya kita harus bikin bad planning yang simple tapi solid,” lanjut dia.

Founder dan Owner Panama Sandals, Anton Hermawan, menyarankan pebisnis pemula untuk mengerjakan sesuatu berdasarkan minat atau passion yang disukai.

“ Kerja harus dari hati karena bisnis punya nyawa. Kalau (hati) nggak ke sana, bisnis kita nggak akan jalan,” kata Anton.


(Laporan Elyzabeth Yulivia)

Join Dream.co.id