Catat, 10 Wejangan untuk Sukses dari Para Miliader Dunia

Dinar | Selasa, 2 Juni 2020 18:34
Catat, 10 Wejangan untuk Sukses dari Para Miliader Dunia

Reporter : Reni Novita Sari

Yuk kita contek pola pikir para miliader dunia dalam mencapai kesuksesannya!

Dream- Siapa yang tidak ingin sukses? Tentu tidak ada. Definisi sukses begitu buram. Tidak ada definisi pasti mengenai kesuksesan. Tak ada pula parameter seseorang bisa dikatakan sukses. Sebagian besar orang mengartikan banyak uang atau harta merupakan indikator kesuksesan.

Menjadi sukses memang pencapaian yang luar biasa. Bagaimana tidak, mencapai kesuksesan tentu saja bukan hal yang mudah. Ada saja rintangan yang kadang-kadang bikin down dan hampir putus asa.

Namun orang-orang sukses tidak mau menyerah begitu aja. Mereka terus melangkah dan berusaha demi mencapai tujuannya.

Saat kita melihat para miliader dunia yang bergelimang harta, mungkin kita berpikir betapa nikmatnya hidup seperti mereka. Namun siapa yang sangka bahwa kemewahan tersebut juga diiringi dengan kerja keras yang luar biasa.

Untuk itu, sangatlah patut jika kita mencontoh semangat kerja keras dan pantang menyerah dari para miliader dunia yang telah lebih dulu mengantongi kesuksesannya. Berikut Dream rangkum dari beberapa sumber, 10 wejangan untuk sukses dari para miliader dunia.

2 dari 11 halaman

Sukses Adalah Pilihan

 Bill Gates© Ilustrasi foto : (instagram/bill gates)

“ Jika Anda terlahir miskin, itu bukan kesalahan Anda. Tetapi jika Anda meninggal dalam keadaan miskin, itu kesalahan Anda.” -Bill Gates

Semua orang tidak bisa memilih akan dilahirkan di mana dan dalam keadaan apa. Beberapa orang terlahir di dunia dalam keadaan serba berkecukupan sementara lainnya harus mengalami keadaan sebaliknya.

Sekalipun kamu lahir dalam keadaan serba kekurangan, itu bukanlah kesalahan kamu. Tidak sama sekali. Tetapi ketika kamu tua dan mati dalam keadaan yang sama ketika lahir di dunia, yakni dalam keadaan miskin, barulah hal tersebut merupakan salahmu sepenuhnya. Hal itu merefleksikan tidak adanya usaha selama hidup untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik.

3 dari 11 halaman

Berharganya Waktu untuk Orang Sukses

“ Waktumu terbatas, jadi jangan sia-siakan waktumu buat menjadi orang lain.” – Steve Jobs

Sosok di balik suksesnya Apple ini sampai hari ini tetap menjadi inspirasi buat banyak orang. Ia menunjukkan ke banyak orang betapa pentingnya buat melakukan apa yang kamu sukai.

Begitu kuatnya keinginan Steve Jobs membangun Apple, sampai-sampai ia rela mengabaikan kuliahnya demi mengembangkan usaha teknologinya tersebut. Hasilnya, kini Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

4 dari 11 halaman

Kenali Siapa Kawan Bisnismu

“ Kamu tidak dapat membuat kesepakatan yang baik dengan orang yang buruk.” -Warren Buffett

Nama Warren Buffet selain dikenal sebagai salah satu miliader dunia, juga dikenal sebagai salah satu investor sukses yang pernah ada. Dalam berinvestasi, ia selalu mengambil keputusan dengan hati-hati.

Sebab kalau sampai keliru dalam mengambil keputusan, taruhannya adalah hilangnya uang yang ia investasikan. Lihat aja apa yang ia lakukan saat pasar saham anjlok. Alih-alih menjual sahamnya biarpun cut loss, ia malah menahan diri buat gak menjual.

Caranya yang selalu tepat dalam mengambil keputusan tersebut yang selalu membuatnya untung dari investasi saham. Buat Buffett, keputusan diambil dengan mengumpulkan dulu fakta sebanyak-banyaknya. Bukan didasarkan pada perasaan atau bisikan orang.

5 dari 11 halaman

Selalu Berinovasi

“ Tidak ada waktu yang buruk buat berinovasi.” -Jeff Bezos

Ini dia orang terkaya di dunia nomor satu. Berkat Amazon, Jeff Bezos menjadi sukses dan begitu populer hingga saat ini.

Awalnya Amazon difokuskan Jeff Bezos buat menjual buku. Namun, seiring perkembangan, Bezos berinovasi dengan memasukkan barang-barang lain, seperti barang elektronik, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan. Amazon juga berinovasi dengan memberikan layanan server dan database.

Alhasil, inovasinya membawa Amazon berhasil merajai perdagangan online. Keberhasilan Amazon ini bikin Bezos makin kaya. 

6 dari 11 halaman

Bekerja Sama dan Relasi Sangat Penting

 Samuel Robson Walton© Ilustrasi foto : forbes.com

Kami semua bekerja bersama, itulah rahasianya.” -Samuel Robson Walton

Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Setiap manusia pasti membutuhkan manusia lain untuk bisa hidup, saling membantu, saling mendukung, menciptakan pengalaman dan pelajaran hidup. Beberapa pekerjaan bahkan hanya bisa dilakukan bersama-sama. Mustahil seorang manusia mengerjakan semua pekerjaan dalam hidupnya seorang diri. Kerja sama inilah yang kerap membuat sebuah pekerjaan berhasil dengan sukses.

7 dari 11 halaman

Sukses Adalah Tindakan

Anda tidak bisa hanya duduk dan khawatir mengenai segala sesuatu.” -Michael Bloomberg.

Bagaimana mungkin kamu akan memperoleh kesuksesan dengan bersantai dan tidak melakukan suatu hal apapun. Kalaupun mukjizat ada, tentu dia tidak akan berpihak pada orang-orang yang malas dan tidak mengerjakan apapun. Cobalah untuk keluar dari zonamu nyamanmu.

Paksa diri kamu keluar dari lingkaran kemalasan. Hal itu akan membuka matamu tentang berbagai hal yang terjadi dalam hidup dan dari situlah kamu bisa belajar lebih dalam mengenai kehidupan yang sesungguhnya.

8 dari 11 halaman

Pentingnya Visi atau Tujuan Hidup

Visi bisa jadi adalah kekuatan terbesar kita. Hal itu yang telah menjaga kita tetap hidup dengan kekuatan dan keberlangsungan pikiran selama berabad-abad. Hal itu yang membuat kita mengintip ke masa depan.” -Li Ka-shing

Apa tujuan hidupmu? Apa visi hidupmu? Milikilah visi dan tujuan hidup supaya tidak hidup dalam kesia-siaan. Memiliki visi dan tujuan hidup mengarahkan kita pada kejelasan akan makna hidup itu sendiri. Memiliki visi dan tujuan hidup menjaga agar kita berjalan dalam track yang sudah kita tetapkan sehingga tidak akan melenceng dari tujuan awal. Bila hal ini adalah kesuksesan, maka kamu akan terus fokus untuk mencapai kesuksesan itu.

9 dari 11 halaman

Mengetahui Akan Banyak Risiko yang Dihadapi

 Sheldon© Ilustrasi foto : forbes.com

Saya sudah menyadari ketika saya ingin menjadi nomor 2 atau nomor 1.” - Sheldon Adelson

Orang sukses mengetahui secara pasti apa yang diinginkannya. Jika kita ingin menjadi sukses, kita harus tahu langkah apa yang haru

bukan hanya milik dia sendiri, tetapi milik seluruh orang di dunia. Jadi seorang yang sukses pasti tidak akan membuang-buang waktunya untuk santai sementara pesaingnya rela tidak istirahat untuk lebih cepat sampai pada tujuan mereka.

10 dari 11 halaman

Kesuksesan Berasal dari Kerja Keras bukan Takdir

Kesuksesan saya dikembangkan dari kerja keras pada bisnis setiap harinya.” - Johnny Carson

Tanyalah pada semua orang sukses, rata-rata dari mereka berada di posisi mereka kini karena sudah mengalami posisi terbawah, berjuang dari nol, dan tidak pernah menyerah meski dihadang ribuan tantangan. Ini bukan sebuah takdir, tetapi lebih kepada sebuah keputusan seseorang yang tidak lagi mau hidup di bawah garis kesusahan karena kondisinya yang sama sekali tidak menguntungkan

11 dari 11 halaman

Senangi yang Kamu Kerjakan

Jika Anda sedang mengubah dunia, Anda bekerja untuk pekerjaan yang penting. Anda merasa sangat senang bangun di pagi hari.” - Larry Page

Apa yang membuat kita semangat sesungguhnya berasal dari dalam diri sendiri. Bagaimana kamu bisa semangat, tentu saja hal itu berasal dari sesuatu yang kamu senangi.

Pilih pekerjaan yang mendukungmu mencapai mimpi yang diinginkan, maka kamu akan selalu bekerja lebih keras supaya semakin lebih dekat dengan impianmu. Dengan perasaan gembira, pekerjaan sulit pun akan terasa ringan dan pekerjaan berat sudah tidak lagi dikeluhkan.

Join Dream.co.id