Ini Cara Ajukan KPR ke Dua Saat Cicilan Rumah Pertama Belum Lunas

Dinar | Kamis, 14 November 2019 10:36
Ini Cara Ajukan KPR ke Dua Saat Cicilan Rumah Pertama Belum Lunas

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ada beberapa pertimbangan saat kamu ingin mengajukan rumah kedua sebelum cicilan rumah pertama belum lunas.

Dream - Selain tempat tinggal, rumah menjadi salah satu instrumen investasi. Nilainya yang semakin menanjak tiap tahun membuat orang ngiler ingin memiliki rumah ke dua.

Harganya yang mahal membuat metode cicilan alias Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi sangat diminati pembeli untuk memboyong rumah.

Tapi, bolehkah kita mengajukan KPR rumah ke dua jika yang pertama saja belum lunas?

Dikutip dari Seva.id, Kamis 14 November 2019, ada empat hal yang harus kamu lakukan. Pertama, memperhatikan besaran cicilan. Untuk mencicil sebuah rumah, bank hanya memperbolehkan besaran cicilan maksimal 30 persen dari penghasilan bulanan.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan KPR rumah ke dua, ada baiknya kamu menghitung dengan cermat besaran kemampuan untuk membayar cicilan rumah kedua bersama dengan cicilan rumah pertama yang masih berjalan.

Ke dua, siapkan uang muka. Jika berencana membeli rumah ke dua, pertimbangkan dengan matang uang muka atau down payment (DP). Berdasarkan peraturan Bank Indonesia, uang muka untuk landed house atau rumah tapak pertama dengan luas lebih dari 70 meter persegi adalah sebesar 15 persen dari harga rumah, sementara untuk rumah kedua sebesar 20 persen dari harga rumah, dan rumah ketiga sebesar 25 persen dari harga rumah.

Sedangkan untuk rumah tapak dengan luas bangunan 22-70 meter persegi, kamu harus menyiapkan uang muka sebesar 15 persen untuk rumah kedua dan 20 persen untuk rumah ke tiga.

2 dari 7 halaman

Perhatikan Aturan Bank dan Lengkapi Syarat

Ke tiga, kamu harus memperhatikan kebijakan. Bank yang berbeda tentu juga memberikan kebijakan yang berbeda pula. Misalnya, besaran bunga yang diterapkan, jumlah biaya yang dikenakan, dan tenor yang ditawarkan oleh bank tersebut.

Ada baiknya kamu mengumpulkan informasi lengkap dari beberapa bank sekaligus untuk melakukan perbandingan.

Ke empat, lengkapi persyaratan. Dalam pengajuan KPR rumah ke dua, dibutuhkan sejumlah persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi.

Contohnya, dokumen pribadi, fotokopi KTP, akta nikah atau cerai, dan Kartu Keluarga (KK). Dokumen yang diajukan seperti permohonan KPR rumah pertama.

3 dari 7 halaman

Ternyata, Karyawan LebTernyata, Karyawan Lebih Suka Cari Rumah Saat Waktu Kerjaih Suka Cari Rumah Saat Waktu Kerja

Dream – Anggapan “ waktu bekerja tidak boleh diganggu” tidaklah tepat. Faktanya, banyak karyawan memanfaatkan waktu bekerja untuk melakukan hal-hal lain. Salah satunya adalah mencari rumah.

Dikutip dari keterangan tertulis Lamudi, Senin 21 Oktober 2019, waktu favorit masyarakat untuk mencari rumah adalah saat hari kerja, yaitu Selasa—Kamis.

Berdasarkan data traffic pengunjung platform Lamudi, pencarian rumah biasa dilakukan pada pukul 10.00—14.00.

“ Setiap waktu bekerja, portal properti kami selalu menunjukkan lonjakan traffic, kenaikannya bisa mencapai 100 persen,” kata Managing Director Lamudi, Mart Polman, di Jakarta.

 Ternyata, Karyawan LebTernyata, Karyawan Lebih Suka Cari Rumah Saat Waktu Kerjaih Suka Cari Rumah Saat Waktu Kerja

Mayoritas pencari rumah di Lamudi adalah pria dengan usia sekitar 25 tahun—34 tahun (48,69 persen), 35 tahun—44 tahun (18,95 persen), 18 tahun—24 tahun (10,3 persen), dan 55 tahun—64 tahun (5,66 persen). Para pencari menggunakan smartphone untuk mencari rumah idaman.

“ Rata-rata mereka mengincar rumah dengan harga di bawah Rp700 ribu yang berlokasi di Jabodetabek,” kata dia.

Mart mengatakan masyarakat menggunakan waktu bekerjanya untuk mencari rumah. Hal ini menunjukkan sebenarnya pencarian informasi iklan rumah sangat mudah dan sederhana, bahkan dari meja kantor sekalipun.

“ Kamu bisa mengakses aplikasi portal properti di smartphone, kemudian bisa mendapatkan berbagai informasi tentang ikan rumah dengan lengkap dan detail,” kata dia.

4 dari 7 halaman

3 Investasi Properti yang Bisa Bikin Cuan Selain Rumah

Dream – Properti menjadi salah satu instrumen investasi yang disukai banyak orang. Mereka memilih menanam uangnya dalam produk apartemen atau rumah karena nilainya terus naik setiap tahun. 

Investasi dalam bentuk properti memang butuh penguasaan. Kamu harus belajar melatih insting aset yang diramalkan bakal jadi incaran.

 3 Investasi Properti yang Bisa Bikin Cuan Selain Rumah

Hasilnya, kamu bisa mendapatkan cuan yang cukup besar jika berhasil menemukan properti yang tepat.

Selain rumah, kamu bisa membeli jenis properti lain sebagai produk investasi yang menguntungkan. Nah berikut tiga jenis investasi properti yang menguntungkan, dikutip dari Koin Works, Rabu 11 September 2019.

5 dari 7 halaman

Kos-kosan atau Kontrakan

Investasi properti yang paling menguntungkan adalah kos-kosan atau kontrakan. Saat membuka bisnis kos-kosan, kamu akan mendapatkan penghasilan pasif setiap bulannya.

Misalnya,kamu membeli rumah dua lantai. Satu lantai bisa dibuat menjadi empat kamar. Kamu punya total kamar sebanyak delapan unit.

 Kos-kosan atau Kontrakan

 Jika satu kamar disewa dengan harga Rp1,7 juta, artinya kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif sebanyak Rp13,6 juta.

Sebelum membuka kos-kosan atau kontrakan, kamu harus mencari lokasi yang strategis, misalnya dekat dengan kantor atau kampus. Tawarkan juga fasilitas ekstra yang memudahkan penyewa kos, misalnya ada AC, dekat dengan rumah makan, ada laundry, dan sebagainya. Jangan lupa riset agar harganya tidak di atas harga pasar, tapi fasilitasnya minim.

6 dari 7 halaman

Apartemen

Banyak orang membeli apartemen karena harganya lebih murah dibandingkan membeli rumah. Namun nyatanya, tidak semua orang menjadikan apartemen tersebut sebagai tempat tinggal. Banyak juga lho, yang menyewakannya kepada orang lain.

Apartemen pun menjadi salah satu jenis investasi properti paling menguntungkan karena fasilitasnya lebih lengkap daripada kos-kosan. Ada dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan kamar tidur sendiri.

Plus, terkadang ada apartemen yang harga sewanya tidak jauh berbeda dengan kos-kosan atau kontrakan.

Jika ingin mendapatkan penghasilan lebih, cobalah untuk menyewakan apartemen kosong yang dimiliki atau yang tidak ditempati. Lumayan lho, bisa menambah pundi-pundi di kantong.

7 dari 7 halaman

Ruko Atau Kios

Jenis investasi properti yang paling menguntungkan selanjutnya adalah ruko atau kios. Propertiy yang satu ini bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif, misalnya berjualan.

Jika ingin membuka kios, pilihlah lokasi yang strategis. Ini akan menjadi nilai plus bagi calon penyewa. Tentu kamu ingin usaha yang dijalankan penyewa ramai pembeli, kan? 

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id