Capai Financial Freedom dengan Optimalkan Pengelolaan Keuangan dan Investasi

Dinar | Rabu, 19 Januari 2022 14:12

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Banyak investor pemula yang masih awam atau bingung dengan cara berinvestasi yang tepat

Dream - Mencapai financial freedom atau kebebasan finansial memang menjadi impian banyak orang. Definisi kebebasan finansial setiap orang pun pasti berbeda-beda, ada yang ingin membeli rumah impian, pensiun dini, pendidikan anak yang terpenuhi, memiliki banyak tabungan dan emas ataupun dana darurat.

Banyak cara yang dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial, salah satunya dengan berinvestasi. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengerti dan bingung memilih investasi yang tepat.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Banyak yang bilang bahwa investasi saham risikonya tinggi, padahal behavior dari penggunanya yang membuat risiko itu tunggu karena mereka belum mengerti,” jelas President Director Pina, Christian Hermawan, pada peluncuran Pina di Menteng, Jakarta, Selasa 18 Januari 2021.

Christian memberi contoh jika seseorang punya tabungan untuk sekolah anak enam bulan ke depan, lalu lihat crypto dan tertarik dengan peningkatan angkanya. Setelah itu diinvestasikan tabungan sekolah anak ke produk crypto.

“ Untuk elemen crypto itu naik turunnya tinggi, jadi kalau dibutuhkan untuk jangka pendek lalu nilainya sedang turun maka jadi berisiko. Akhirnya kapok, padahal memang salah pilih elemen investasi saja,” tambah Christian.

Capai Financial Freedom dengan Optimalkan Pengelolaan Keuangan dan Investasi
Shutterstock
2 dari 4 halaman

Investasi untuk Pemula

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Untuk investor pemula yang masih awam atau bingung dengan cara berinvestasi yang tepat, Pinalnvest menawarkan fitur investasi yang telah diotomatisasi agar investasi menjadi lebih mudah.

Caranya dengan mencantumkan goal yang ingin dicapai, profil risiko, serta menjawab beberapa pertanyaan lainnya di aplikasi Pinalnvest. Lalu akan diberikan portofolio investasi yang sudah disesuaikan dengan keadaan keuangan dan tujuan finansial kita.

Jadi investor tidak perlu lagi pusing dengan pilihan portofolio dan pergerakan pasar setiap harinya, karena melalui teknologi yang sudah dibangun oleh engineer PINA, fitur ini akan membantu mengatur portofolio investasi pengguna untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Pinalnvest juga dapat dipergunakan oleh investor berpengalaman, yang ingin menentukan dan memilih portofolionya sendiri.

3 dari 4 halaman

Uang Berada di RDN

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Tidak perlu khawatir dana atau investasi hilang karena dana pengguna berada di Rekening Dana Nasabah (RDN) milik dan investasi pengguna disimpan di KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) melalui Trust Sekuritas yang sudah terdaftar dan sendiri di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) 1981.

Trust Sekuritas juga mendapat kepercayaan untuk mendeteksi beberapa perusahaan aset manajemen seperti Sinarmas Asset Management, BNI Asset Management, Sucorinvest Asset Management, serta Bank BNI (PT Bank Negara Indonesia Tbk) di mana Rekening Dana Nasabah (RDN disimpan)

Jadi jika aplikasi hilang, uang akan tetap berada di RDN dan aman ditarik kembali.

4 dari 4 halaman

Juga Hadir Fitur Pengatur Uang

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Pina juga menghadirkan PinaSave yaitu tools intuk mengatur keuangan. Aplikasi ini bisa membantu untuk menabung dan mengatur keuangan dengan lebih cerdas sesuai dengan tujuan finansial investor.

Sebagai contoh mengatur dana pensiun dan dana pendidikan bahkan perhitungan saat kita ingin membeli sebuah hunian.

Setiap pengguna tidak perlu lagi memiliki banyak aplikasi untuk mengatur keuangannya. Pengguna diharapkan akan merasa seperti memiliki personal assistant/one stop information and investment tools, yang siap memberikan saran atau informasi dan bantuan kapanpun, di manapun, hanya dalam gawai.

Join Dream.co.id