Bunda! Tak Sulit Ajarkan Anak Menabung, Ini Cara Sederhananya

Dinar | Jumat, 23 Oktober 2020 11:34
Bunda! Tak Sulit Ajarkan Anak Menabung, Ini Cara Sederhananya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sebelum ajak anak buka rekening tabungan, ajarkan dulu konsep-konsep ini.

Dream – Menabung bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang dewasa. Anak-anak pun bisa melakukan kegiatan ini.

Bahkan, budaya menabung pada anak sudah diterapkan di berbagai negara.

Dikutip dari PermataBank, Jumat 23 Oktober 2020, jika ingin mengajarkan menabung, Sahabat Dream bisa mengenalkan fungsi uang secara perlahan kepada anak. Saat anak sudah pandai berhitung, itulah saat yang tepat untuk mengenalkannya kepada uang. Ini bisa dimulai dari perbedaan setiap lembar uang hingga fungsinya sebagai alat transaksi.

Ketika anak sudah mengenal hal-hal tersebut, barulah kita mulai ajarkan bahwa kita harus menggunakan uang dengan bijak dan tidak berlebihan.

2 dari 3 halaman

Berikan Pemahaman tentang Kategori Kebutuhan

Selanjutnya, berikan pemahaman tentang kebutuhan, keinginan, dan harapan. Anak mungkin hanya tahu ingin membeli apa saja dengan uangnya.

Namun, akan lebih baik lagi jika mengajarkannya dengan memahami hal dari klasifikasinya, mana yang masuk ke dalam kategori kebutuhan, keinginan, dan harapan. Saat sudah mengetahui konsep ini, tentu anak akan lebih mudah menyisihkan uangnya untuk menabung.

3 Langkah Mengenalkan Konsep Menabung Pada Si Kecil© MEN

3 dari 3 halaman

Bawa Anak ke Bank dan Membuka Rekening Sendiri

Anak akan lebih paham menabung jika merasakan prosesnya secara langsung. Oleh karena itu, anak perlu dibawa ke bank untuk merasakan buka rekening tabungan secara pribadi. Biarkan dia mengetahui prosesnya dari awal.

Jika sudah pandai menabung sejak dini, tentu di kemudian hari, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang sangat menghargai uang dengan tidak menggunakannya secara berlebihan.

6 Cara Mengajarkan Anak untuk Menabung, Kuncinya Komunikasi!© MEN

Join Dream.co.id