Ilmuwan Temukan Efek Sering Ajarkan Anak Sifat Demawan

Dinar | Jumat, 2 Agustus 2019 07:12
Ilmuwan Temukan Efek Sering Ajarkan Anak Sifat Demawan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Selain mempertajam kepekaan terhadap sesama, memberi juga bisa membangun keterampilan finansial.

Dream – Anak-anak belajar pertama kali dari lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga. Orang tua berperan penting untuk memberikan pengajaran kepada anak untuk bekal masa depan, terutama dalam masyarakat.

Dikutip dari Fimela, Jumat 2 Agustus 2019, salah satu pengajaran yang bisa diterapkan pada anak sejak muda adalah kemampuan untuk memberi.

Sebuah penelitian dari Universitas of Arizona menemukan jika anak-anak yang diajarkan tentang sifat kedermawan ternyata memiliki kemampuan finansial yang berkembang. Si anak akan mempunyai keterampilan menyimpan dan menghasilkan uang pada masa depan.

Penelitian yang diketuai Ashley LeBaron dan diterbitkan dalam Journal of Family and Economic Issues ini mengungkapkan anak-anak belajar tentang keuangan terutama dari orangtua mereka.

Mereka belajar cara mengelola dan menggunakan keuangan, apakah dengan bijak atu tidak.

2 dari 5 halaman

Cari Uang Penting Diajarkan tapi....

Boleh dikatakan, orangtua yang mengajarkan anak bagaimana memberi juga akan membuat anak memahami uang memang dibutuhkan setiap hari. Akan tetapi, orang juga tak boleh berambisi mencari uang dengan moral yang kurang.

Sementara itu memberi terhadap sesama akan membuatnya mengerti bahwa ada kalanya melepaskan uang juga baik untuk dirinya sendiri. Sikap ini akan membuat anak menjadi lebih manusiawi.

Anak juga jadi lebih paham kapan harus menyimpan uang, membelanjakannya atau apa yang harsu dilakukan untuk bisa menghasilkan uang dengan cara yang baik, Moms. Jadi, jangan abaikan mengajarkan memberi pada anak sejak kecil ya.

3 dari 5 halaman

Sering Diabaikan, Ini Cara-cara Bersedekah yang Keliru

Dream - Sudah menjadi pemahaman umum bagi umat Islam, sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Berapapun jumlah sedekah akan menjadi berkah baik bagi pemberi maupun penerimanya.

Sedekah menjadi sarana seseorang untuk meraih rida Allah. Selain itu, terdapat jaminan dari Allah, harta yang disedekahkan diganti dengan jumlah yang lebih baik.

Selain itu, sedekah juga dapat menjadi jalan untuk menolak bala dan kesengsaraan. Allah menyelamatkan seseorang dari bahaya karena keikhlasannya dalam bersedekah.

Namun begitu, terkadang kita menjumpai fakta sedekah yang dilakukan secara keliru. Parahnya, praktik tersebut dianggap biasa.

4 dari 5 halaman

Sedekah Diiringi Ucapan Menyakitkan

Dikutip dari Bincang Syariah, beberapa cara keliru yang lazim dilakukan seperti sedekah diiringi kata-kata menyakitkan. Seperti menyinggung kebaikan diri sendiri di depan orang yang diberi sedekah, atau menyindir si penerima sedekah.

Praktik sedekah ini tidak mendapatkan pahala. Sebabnya, sedekah semacam ini tidak dilakukan secara ikhlas namun niat pamer.

Allah SWT mengingatkan dalam firmannya di Surat Al Baqarah ayat 262.

Orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkankannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan tidak dengan menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka.

5 dari 5 halaman

Sedang Barang Tak Halal Atau Barang Tak Layak Pakai

Cara ke dua, menyedekahkan barang yang tidak halal baik sifatnya maupun cara mendapatkannya. Barang hasil curian atau menipu tidak layak disedekahkan.

Cara yang ke tiga, kualitas barang yang disedekahkan tidak diperhatikan. Seringkali terjadi niat sedekah diwujudkan dengan barang yang kualitasnya tidak layak.

Contohnya ketika terjadi bencana. Banyak orang menyedekahkan pakaian bekas yang sebenarnya sudah tidak layak pakai. Alhasil, pakaian itu menumpuk seperti sampah.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 267, Allah SWT berfirman,

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi ini untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk, lalu kamu sendiri tidak mau mengambilnya, melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan, ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Meski sepele, cara-cara di atas sebaiknya dihindari ketika bersedekah. Ini agar sedekah kita diterima dan dibalas oleh Allah SWT.

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id