`Rumah Kurus` Dipepet Bangunan Modern Ini Laku Rp17 Miliar

Dinar | Senin, 20 September 2021 15:36

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ada cerita unik di balik rumah sempit itu.

Dream – Sebuah rumah di Boston, Amerika Serikat, laku senilai US$1,25 juta (Rp17,87 miliar). Rumah yang berukuran ramping ini memiliki cerita yang menarik.

Dikutip dari UPI, Senin 20 September 2021, berdasarkan sejarah, rumah ini dibangun dari tanah sengketa keluarga selama Perang Dunia. Kala itu, seorang tentara menemukan fakta tidak mengenakkan sepulang dari Piala Dunia.

Dia mendapati saudara lelakinya membangun rumah di tanah warisan keluarga dari sang ayah. Sang saudara hanya menyisakan sedikit lahan untuk tentara itu.

`Rumah Kurus` Dipepet Bangunan Modern Ini Laku Rp17 Miliar
Siapa Sangka Rumah Ramping Ini Laku Senilai Belasan Miliar Rupiah. (Foto: Instagram @clpropertiesre)
2 dari 7 halaman

Dendam Saudara

Warga setempat menyebutnya sebagai `rumah kurus`. Rumah ini menghalangi cahaya matahari untuk masuk ke kediaman saudaranya, berdasarkan CBS Boston dan The Washington Post.

“ Kamu seperti hidup seperti saudara yang dendam dengan US$1,25 juta,” kata Executive Vice President CL, Travis Sachs kepada Washington Post.

“ Sesuatu banget,” kata Travis.

3 dari 7 halaman

Sempit, ya?

Sekadar informasi, The Skinny House terletak di Jalan 44 Hull. Rumah ini didaftarkan dengan harga US$1,2 juta (Rp17,17 miliar). Properti ini kemudian laku senilai US$1,25 juta.

Rumah ini ditawarkan berbagai kali dan terjual kurang dari seminggu.

Rumah itu memiliki luas 1.165 kaki (355,09 meter) persegi. Ada 2 tempat tidur, 1 kamar mandi, dan 1 taman pribadi dan balkon. Hunian ini punya sudut bangunan terlebar 10 kaki (3,05 meter) dan tersempit 6,2 kaki (18,88 meter).

“ Shaquille O’Neal bahkan bisa menyentuh dari dinding ke dinding,” kata Sachs kepada Post.

© Dream
4 dari 7 halaman

Harta Rp1,6 T, Kepala Sekolah di Tangerang Tetap Sederhana, Rumah Dekat Kuburan

Dream - Nurhali. Dialah kepala sekolah di Kota Tangerang, Banten, yang sedang menjadi sorotan karena total harta fantastis dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Harta Nurhali mencapai Rp1,6 triliun. Dengan jumlah itu, Nurhali tercatat menjadi pejabat terkaya ke tujuh di Indonesia, versi LHKPN.

Namun demikian, kekayaan rupanya tidak menjadikan Nurhali sombong dan berfoya-foya. Ia memilih untuk tetap hidup sederhana, seperti kebanyakan orang dan selalu rendah hati.

5 dari 7 halaman

Sebentar Lagi Pensiun

 Ilustrasi© Merdeka.com

Kepala Sekolah SMKN 5 Kota Tangerang tersebut udah menjabat sebagai kepala sekolah sejak tahun 2010. Kini dia menghadapi masa pensiun.

" Jadi kepala sekolah dari tahun 2010. Dulu di SMK 7," kata Nurhali.

Menurut Nurhali, masa pensiunnya akan dimulai pada tahun 2023. " Maret atau April saya sudah pensiun," ujar Nurhali.

© Dream
6 dari 7 halaman

Hidup Sederhana dan Rendah Hati

 Ilustrasi© Merdeka.com

Nurhali mengaku biasa-biasa saja meski berdasarkan LHKPN masuk dalam deretan pejabat negara dengan harta terbanyak. Dia tetap rendah hati dan tidak merasa menjadi orang kaya.

" Saya tidak merasa (kaya) kok, tidak merasa. Ya itu mah biar saja, namanya media kan. Saya tidak merasa," ujarnya.

" Keadaan saya ya begini saja, keadaan saya begini saja. Cuma itu kan catatan di atas kertas kan. Saya tidak tahu kalau itu dirangking oleh KPK, dan kenyataannya seperti itu," imbuh Nurhali.

7 dari 7 halaman

Rumah Dekat Kuburan

Menurut Nurhali, kondisi keluarganya juga biasa-biasa saja. Tidak semewah yang dibayangkan orang lain. Kediaman yang ditempati sekarang pun rupanya dekat dengan pemakaman.

" Saya enggak merasa (Kepsek terkaya) kok, kalau kata orang beda saja," paparnya.

" Saya tidak merasa, saya tidak merasa seperti itu ya diabaikan. Biasa-biasa saja kok, rumah saya dekat kuburan. Biasa saja," tutupnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2019 lalu Nurhali memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK dengan total harta kekayaan Rp. 1.602.036.800.000.

© Dream
Join Dream.co.id