Warna Daun Langka, Janda Bolong Laku Terjual Rp31 Juta

Dinar | Senin, 3 Mei 2021 08:35
Warna Daun Langka, Janda Bolong Laku Terjual Rp31 Juta

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Terjual dalam 30 menit.

Dream – Selama pandemi COVID-19, tanaman janda bolong naik daun. Meningkatnya minat masyarakat yang mendadak suka berkebun membuat harga tanaman bernama latin Monstera adansonii ini ikut terkerek.

Dikutip dari Oddity Central, Sabtu 1 Mei 2021, tanaman rumahan ini dijual seharga US$12 (Rp173.196). Namun untuk specimen langka, harga tanaman ini melejit hingga US$2.200 atau sekitar Rp31,75 juta.

Pusat taman di Lovendegem, Belgia, baru-baru ini menjual tanaman janda bolong yang langka. Tanaman ini laku senilai puluhan juta rupiah dalam waktu 15 menit.

2 dari 3 halaman

Apa Uniknya?

Ternyata, tanaman janda bolong yang “ langka” itu memiliki tinggi 15 cm. Tapi, ada mutasi yang sangat langka di dedaunan. Hal ini membuat daunnya berubah menjadi kuning atau hijau. Sekadar informasi, biasanya daun janda bolong itu berwarna hijau.

Tanaman tipe ini tentu secara visual tidak mungkin untuk tumbuh. Tapi, kolektor berkeinginan untuk membayar dengan harga yang lebih tinggi agar bisa memboyongnya ke rumah.

“ Ini adalah specimen spesial yang tidak bisa dipanen,” kata Marketing Manager Intratuin Lovendegem, Arne Schurmans.

Schurmans juga takjub tanaman ini terjual sangat cepat. Dikatakan bahwa pembelinya adalah kolektor tanaman.

“ Kami tidak mau memberikan tanaman seperti ini kepada pelanggan biasa,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Sensitif

Di samping harganya yang bikin menangis, tanaman mutan ini juga punya masalah kesehatan. Dikatakan bahwa janda bolong itu sensitif terhadap cahaya matahari. Jika terkena cahaya matahari, warnanya akan hilang.

Shcurmans menyebut permintaan tanaman yang unik-unik menanjak selama pandemi. Dikatakan bahwa ada saja pelanggan yang ingin mengkoleksi jenis-jenis yang spesial. Misalnya Philodendron pink senilai 140 euro (Rp2,44 juta) yang laku dalam waktu dua jam.

“ Kami berusaha untuk merespons tanaman yang sedang hype selama krisis COVID-19 dan permintaan untuk tanaman yang spesial,” kata dia.

Join Dream.co.id