Bukan Gaji, Inilah yang Membuat Karyawan Bahagia

Dinar | Jumat, 5 Juli 2019 11:12
Bukan Gaji, Inilah yang Membuat Karyawan Bahagia

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa itu?

Dream – Di dunia kerja, gaji bukanlah satu-satunya hal yang bisa membuat karyawan bahagia. Ada faktor lain yang membuat karyawan merasa senang bekerja di kantor.

Dikutip dari Inc.com, Jumat 5 Juli 2019, penulis The Happiness Advantage, Shawn Achor, mengatakan kebahagiaan adalah pendahulu kesuksesan, bukan hanya hasilnya. Kebahagiaan di antara para karyawan memicu kinerja dan prestasi yang berdaya saing yang diinginkan banyak perusahaan.

Aplikasi Dapulse membuat survei kepada 10 ribu penggunanya dan bertanya apakah yang membuat seorang karyawan merasa bahagia di tempat kerja. Kepala Komunikasi Dapulse, Leah Walters, mengatakan responden diminta untuk menentukan urutan yang bisa membuat orang bahagia. Hasilnya, gaji berada di urutan terakhir.

“ Tentu saja uang adalah yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Itu sangat penting. Tapi, di luar itu orang mencari berbagai hal,” kata Walters.

Ada banyak hal yang bisa mendorong karyawan merasa bahagia, misalnya perusahaan mendukung inovasi yang diajukan karyawan sampai memberikan yang terbaik di bidangnya.

Hal Sederhana

Walters mengatakan, ada cara sederhana untuk meningkatkan kebahagiaan tim kerja. Bisa saja perusahaan memberikan tunjangan-tunjangan seperti fasilitas di ruang kantor maupun waktu libur tambahan.

“ Tunjangan tak harus menjadi kontributor. Ini hal yang sangat kecil,” kata dia.

Tapi, yang bisa membuat karyawan merasa senang bekerja adalah mereka dihargai dan diakui di kantor.

Pemimpin yang kuat mengetahui bahwa tim adalah aset yang paling berharga. Namun, untuk memastikannya, mereka akan membuat tim mereka merasa dirinya dan pekerjaannya dihargai.

2 dari 6 halaman
Summer Style 2019
Join Dream.co.id