Buka Toko Online di e-Commerce, Kapan Harusnya Mulai Pasang Iklan?

Dinar | Rabu, 29 Juni 2022 08:00

Reporter : Wuri Anggarini

Jadi, kapan sih harusnya bisnismu dipromosikan lewat iklan digital?

Bisnis online masih jadi salah satu bidang yang punya potensi besar di masa depan, terlebih seiring dengan perkembangan teknologi digital. Berbagai keuntungan ditawarkan, salah satunya adalah bisa jadi kegiatan sampingan untuk meningkatkan pemasukan selain lewat pekerjaan utama yang dijalani.

Selain itu jangkauan pasarnya juga lebih luas, tidak hanya terbatas di lokasi tempat tinggal karena bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan dari berbagai daerah. Nah, demi bisnis online yang makin cuan dan #NaikKeLaz, kamu wajib banget memperhatikan trik promosi yang tepat. Misalnya saja dengan memasang iklan digital yang dapat membantu mempromosikan bisnismu.

Namun, memasang iklan digital ternyata nggak boleh sembarangan karena harus mengetahui strategi yang tepat. Jadi, kapan sih harusnya bisnismu dipromosikan lewat iklan digital?

Jika Sudah Memiliki Budget Lebih untuk Beriklan

 Shutterstock.com© Shutterstock.com

Jika ingin hasil yang lebih efektif, lakukan promosi besar-besaran di iklan digital pertama kamu. Kebanyakan para pakar bisnis digital melakukan iklan secara besar dan masif di promosi pertama untuk mendapatkan data sebanyak-banyaknya. Baru setelah itu proses analisis bisa terjadi untuk menemukan siapa audiens terbaiknya. Itulah pentingnya mempersiapkan budget terlebih dulu sebelum memutuskan untuk beriklan.

Buka Toko Online di e-Commerce, Kapan Harusnya Mulai Pasang Iklan?© Dream

Namun, budget minim pun nggak masalah asalkan kamu sudah memahami segmentasi yang jelas terkait produk yang akan dipasarkan. Dengan audiens yang tepat, jumlah impression yang didapat juga akan lebih maksimal.

Saat Sudah Memahami Real Audience

 Shutterstock.com© Shutterstock.com

Iklan digital memberikan banyak kemudahan karena kamu bisa mengatur banyak hal sendiri sesuai dengan kebutuhan toko online yang dijalankan. Tapi, hal ini juga bisa menimbulkan kebingungan. Salah memasang segmentasi yang tepat, berpotensi membuat iklan jadi kurang efektif dan hanya buang-buang uang.

Jadi, penting untuk benar-benar mengetahui dan memahami real audience dari bisnis yang dijalankan. Misalnya, dengan melihat target market produk yang dijual dan mempelajari kebiasaan mereka.

Hal ini penting untuk mengatur gender, area penayangan iklan, usia, hingga interest mereka. Jika sudah beriklan sekali, lakukanlah analisis mendalam agar iklan selanjutnya bisa berjalan lebih efektif lagi.

Saat Sudah Bisa Menganalisa Gelombang Audience

  Shutterstock.com© Shutterstock.com

Setelah iklan di-setting sesuai dengan target yang telah ditentukan, feedback yang didapatkan belum tentu maksimal. Dalam dunia digital, audience di dalamnya selalu mengalami gelombang perubahan seiring dengan adanya postingan iklan lain dari kompetitor bisnis.

Perubahan minat tersebut juga mempengaruhi hasil dari iklan yang dijalankan. Inilah pentingnya selalu memantau iklan yang sedang dijalankan agar budget yang dikeluarkan nggak sia-sia.

Perlu strategi tepat untuk beriklan digital dalam rangka mempromosikan bisnis yang dijalankan. Jika sudah membekali diri dengan ilmu di atas, jangan lupa untuk memilih platform yang tepat dan memberikan kemudahan bagi seller pemula. Yuk, buka toko online kamu dengan gabung di Lazada yang sudah dibekali fitur pasang iklan mudah untuk bikin bisnis #NaikKeLaz!

Bergabung menjadi Seller Lazada akan memberikan banyak keuntungan. Mulai dari proses pendaftaran yang mudah dan kamu bisa langsung berjualan di mana saja dan kapan saja. Jika sudah menjadi Seller Lazada, pasang iklan bisa dilakukan dengan mudah bahkan oleh seller pemula sekalipun.

Lazada sendiri merupakan salah satu portal belanja terbesar di Asia Tenggara, sehingga produk yang dijual berpotensi dilihat oleh banyak orang. Keuntungan selama berjualan di Lazada juga bisa didapatkan dengan maksimal, karena tanpa komisi, tanpa penalti, dan tanpa ongkos kirim. Ada juga Fitur Unggulan Lazada yang bisa dimanfaatkan seller untuk meningkatkan penjualan.

Siap bikin jualanmu #NaikKeLaz bareng Lazada? Langsung saja daftarkan dirimu menjadi seller Lazada dengan klik di sini.

Terkait
Join Dream.co.id