BTN Ingin Kelola Dana Wakaf Rp40 T dari NU

Dinar | Rabu, 1 Juni 2016 10:35
BTN Ingin Kelola Dana Wakaf Rp40 T dari NU

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Perusahaan pelat merah ini merangkul Nahdatul Ulama (NU) untuk program sejuta wakaf.

Dream - PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero) menggandeng Nahdatul Ulama (NU) untuk melakukan gerakan sejuta wakaf. Dari gerakan ini, bank pelat merah ini mengincar dana pengelolaan wakaf senilai puluhan triliun rupiah.

" Kami siap mengelola dana untuk melayani wakaf melalui Lembaga Wakaf Pengurus Besar NU (LWPBNU). Kami mengincar dana Rp40 triliun dari gerakan sejuta wakaf itu," kata Direktur Utama BTN, Maryono, di Jakarta, dilansir dari merdeka.com, Rabu 1 Juni 2016.

Maryono optimistis target tersebut akan terpenuhi. Alasannya, PBNU merupakan organisas massa Islam terbesar di Indonesia. Langkah ini merupakan peluang bagi bank BUMN ini untuk memenuhi gerakan sejuta wakaf. Menurut dia, kerja sama ini bisa menjadi ladang bisnis umat yang besar.

" Kami telah mengawali kerja sama itu dan PBNU telah memberikan kepercayaan kepada Bank BTN mendukung gerakan sejuta wakaf untuk warga nahdliyin," kata dia.

BTN sekaligus memperkenalkan Kartu Debit Visa BTN iB. Kartu tersebut dapat digunakan untuk sarana autodebet wakaf, infak, zakat dan sadaqoh. Dengan dukungan VISA, seluruh warga NU akan bisa bertransaksi debit di seluruh outlet berlogo VISA, transaksi ATM diseluruh mesin ATM VISA, Link dan ATM Bersama di seluruh dunia.

Di samping itu, kata dia, Tabungan BTN iB juga telah terkorelasi dengan Kartu Debit VISA BTN iB dan dapat dimanfaatkan sebagai sarana kemudahan untuk mengajukan pembiayaan kepada BTN Syariah, seperti pembiayaan KPR BTN iB beserta isi rumahnya, pembiayaan Umroh dan Haji Plus, serta pembiayaan pendidikan dan kesehatan.

Aset Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN pada triwulan I-2016 tercatat sebesar Rp14,73 triliun atau tumbuh 29,49 persen dibandingkan periode sama tahun 2015 yang sebesar Rp11,4 triliun.

Penghimpunan dana UUS Bank BTN juga meningkat dari Rp8,99 triliun pada 2015 menjadi Rp 12,095 triliun atau meningkat 34,42 persen. Sementara untuk pembiayaan UUS Bank BTN tercatat sebesar Rp11,62 triliun atau tumbuh 20,37 persen dari periode sama 2015 yang sebesar Rp9,65 triliun.

UUS Bank BTN mencatatkan keuntungan sebesar Rp70,3 miliar. Keuntungan ini tumbuh 44,47 persen dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp48,66 miliar.

Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna
Join Dream.co.id