Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

BNI Syariah Incar Pembiayaan Rp100 M dari Universitas Swasta

BNI Syariah Incar Pembiayaan Rp100 M dari Universitas Swasta BNI Syariah Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Untuk Menyalurkan Pembiayaan Syariah. (Foto: BNI Syariah)

Dream - PT BNI Syariah menggandeng Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) untuk menyalurkan pembiayaan. Bank syariah ini mengincar pembiayaan perumahan dosen dan perluasan kampus senilai Rp100 miliar.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 26 November 2019, BNI Syariah merangkul ABP PTSI karena memiliki 400 anggota di seluruh Indonesia. Kerja sama dengan asosiasi perguruan tinggi swasta ini berkaitan dengan pemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah untuk anggota asosiasi, seperti penyaluran gaji payroll, pemanfaatan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card, serta fasilitas pembiayaan umroh bagi dosen dan pegawai.

“Melalui kerja sama dengan ABP PTSI, diharapkan BNI Syariah bisa menyediakan solusi hasanah bagi anggota dalam bertransaksi keuangan sesuai dengan prinsip syariah,” kata Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati, di Jakarta.

Potensi bisnis dari kerja sama ini adalah pembiayaan konsumer sebesar Rp 100 miliar yang berasal pembiayaan perumahan dosen dan perluasan kampus serta kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card. Selain itu ada pula potensi payroll dan tabungan dari anggota Asosiasi BP PTSI.

“Kerja sama ini juga untuk memfasilitasi anggota ABP PTSI yang ingin beralih ke bank syariah,” kata Dhias.

Sekadar informasi, penandatangan kerja sama dilakukan Ketua Umum Pimpinan Pusat ABP PTSI, Thomas Suyatno; dan Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati, dan disaksikan oleh Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo; Pemimpin Divisi Bisnis Konsumer BNI Syariah, Mochamad Samson, Pemimpin Divisi Haji & Umroh BNI Syariah, Ida Triana Widowati, dan Pemimpin Divisi Transaksional BNI Syariah, Agusta Rinaldi.

Situs Warisan Dunia Mejeng di Kartu Pembiayaan Terbaru BNI Syariah

Dream - Indonesia patut berbangga dengan dikukuhkannya pertambangan batu bara Ombilin, Sawahlunto, Sumatera Barat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO tahun ini. Status tersebut dapat mengangkat citra Indonesia di mata dunia, khususnya pariwisata.

Sebagai wujud kebanggaan, BNI Syariah ini menghadirkan produk terbarunya berupa kartu pembiayaan iB Hasanah Card Platinum. Kartu yang diluncurkan bersamaan dengan gelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) pada 12 November 2019 ini memajang potret Tambang Ombilin dan logo Mastercard di bagian muka.

 

 

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, mengatakan pihaknya selalu akan terlibat dalam upaya mendorong semakin berkembangnya ekosistem halal.

"Salah satunya dari sektor pariwisata melalui produk kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card," kata Firman melalui keterangan tertulis diterima Dream.

BNI Syariah mencatat pembiayaan dari Hasanah Card hingga September 2019 sebesar Rp868 miliar. Nilai outstanding pembiayaan mencapai Rp358 miliar dengan jumlah kartu sebanyak 300 ribu unit.

Kerja Sama Genjot Wisata Halal

Tambang Ombilin dipilih untuk menggenjot destinasi dan SDM pariwisata halal di Sumatera Barat. Juga untuk mengangkat nilai pariwisata di kawasan Sawahlunto sebagai situs warisan dunia.

Vice President Mastercard Worldwide, Tommy Singgih, mengatakan inovasi teknologi diperlukan bank syariah untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

"Ke depan, transaksi non-tunai di Indonesia diproyeksi akan meningkat," kata Tommy.

Selain meluncurkan kartu pembiayaan, BNI Syariah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sawahlunto. Kerja sama ini mencakup beberapa hal termasuk pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pengusaha industri pariwisata.

"Untuk mengembangkan pariwisata halal, diperlukan (kerja sama) pemerintah daerah dengan lembaga keuangan, terutama meningkatkan kunjungan wisata dan transaksi yang didukung dengan kemudahan sistem pembayaran," kata Walikota Sawahlunto, Deri Asta.

Sasar Bisnis Mikro, BNI Syariah Gandeng Ammana Fintek Syariah

Dream – PT BNI Syariah—PT Ammana Fintek Syariah menjalin sinergi untuk penyaluran pembiayaan bagi pengusaha mikro, kecil, dan menengah. BNI Syariah berharap kerja sama ini bisa membuka peluang sinergi dengan penyalur pembiayaan lainnya kepada usaha mikro dan kecil.

“Kerja sama ini diharapkan bisa membuka peluang bisnis dengan fintech, lembaga keuangan syariah, Baitul Maal Wattamwil (BMT), Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) dan koperasi syariah untuk penyaluran pembiayaan usaha mikro dan kecil,” kata Senior Executive Vice President (SEVP) BNI Syariah, Iwan Abdi, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 8 November 2019.

Lewat kerja sama ini, BNI Syariah akan menyediakan akses pembiayaan, melakukan analisis, verifikasi serta filter/scoring awal terhadap mitra yang akan dibiayai berdasarkan rekomendasi Ammana Fintek.

Sebaliknya Ammana Fintek akan menjamin pengelolaan/maintain account, monitoring dan collection terhadap pembiayaan yang disalurkan dan mendapatkan pendapatan fee atau ujroh.

BNI Syariah sengaja menyasar kerja sama dengan Ammana karena dianggap sejalan dengan visi bank untuk mengembangkan UMKM.

Direktur Utama Ammana, Lutfi Adhiansyah, mengharapkan pelaku usaha kecil bisa berkembang dan meningkatkan bisnisnya setelah adanya kerja sama ini. Lebih jauh, perusahaan berharap literasi dan inklusi keuangan syariah akan semakin luas.

Lutfi menjelaskan aplikasi Ammana saat ini sudah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna.

Sekadar informasi, BNI Syariah sudah pernah mengadakan kerjasama dengan Ammana Fintek, yaitu dalam hal aspek know your customer (KYC), fasilitas esscrow account, virtual account, pemanfaatan rekening dana lender (RDL) melalui BNI Syariah, dan mengenai kolaborasi Forum Wakaf Produktif (FWP).

Sampai September 2019, realisasi pembiayaan mikro BNI Syariah sebesar Rp1,61 triliun naik 19,42 persen secara tahunan atau year on year (yoy) dibanding periode sama 2018 sebesar Rp1,35 triliun. Mayoritas penyaluran pembiayaan mikro ini adalah ke usaha pertanian, peternakan dan usaha kecil lainnya.

BNI Syariah Eksekusi 3 Proyek di Fesyar Indonesia 2019

Dream – PT BNI Syariah mengeksekusi tiga project business matching di Festival Ekonomi Syariah (FEsyar) Indonesia di Surabaya, Jawa Timur. Proyek-proyek yang berhasil digolkan adalah penberian fasilitas rekening gaji atau payroll kepada PT PLN (Persero), keikutsertaan dalam pembiayaan sindikasi syariah kepada PLN, dan pembiayaan modal kerja kepada PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 8 November 2019, Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati, mengharapkan business matching bisa menyasar kepada potensi bisnis payroll dan pembiayaan.

“Diharapkan ke depannya kerja sama ini bisa meningkatkan sustainable growth bisnis BNI Syariah,” kata Dhias di Jakarta.

Dia mengatakan, kerja sama dengan PLN, misalnya, memiliki potensi yang cukup besar. Hal ini disebabkan oleh total pegawai tetap PLN saat ini sebanyak 44.236 pegawai tetap dan 101 ribu outsourcing plus anak usaha.

Saat ini, sudah ada 700 pegawai PLN yang sudah menggunakan tabungan BNI Syariah. Menurut Dhias kerjasama dengan PLN ini juga membuka peluang bisnis lain yaitu pembiayaan konsumer.

Business matching lain yang dilakukan BNI Syariah dalam acara FESyar 2019 adalah terkait pemberian fasilitas pembiayaan syariah kepada masyarakat Pra Sejahtera Binaan PNM melalui program MekaaR (Membangun Ekonomi Keluarga Sejahtera) syariah.

Sekadar informasi, FESyar merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap visi Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia. Acara ini juga merupakan sarana mempromosikan kegiatan ekonomi syariah. Di FEsyar, pelaku usaha syariah dan lembaga keuangan syariah, baik skala regional maupun nasional, dipertemukan sehingga akses pembiayaan bisa ditingkatkan.

Kegiatan FESyar Indonesia 2019 merupakan bagian dalam acara Road to ISEF 2019. Dalam FESyar Surabaya ini terdapat beberapa agenda Shari’a Economic Forum (rangkaian seminar bertemakan ekonomi, keuangan dan edukasi Islami) dan Shari’a Economic Fair (talkshow, lomba, expo produk unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Pacu DPK, BNI Syariah Kelola Rp153 Miliar Payroll PLN

Dream – PT BNI Syariah menyediakan fasilitas pembayaran payroll pegawai PT PLN (Persero). Lewat kerjasama ini, bank syariah itu berharap bisa mengelola dana pihak ketiga (DPK) senilai Rp153 miliar.

Potensi bisnis dari kerjasama ini diakui sangat besar karena PLN memiliki jumlah pegawai sebanyak 51 ribu orang yang tersebar di kantor pusat PLN, 50 kantor unik induk, 373 kantor unit pelaksana, dan 1.042 kantor unit layanan.

Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto, menyatakan kerja sama ini memperkuat sinergi dengan perusahaan BUMN. Selain itu, kerja sama ini meningkatkan dana pihak ketiga (DPK), khususnya dana murah.

 

 

“Dengan dukungan jaringan dan teknologi dari BNI, semakin memperkokoh posisi BNI Syariah sebagai bank syariah yang memberikan layanan terbaik sesuai prinsip syariah,” kata Wahyu dikutip dari keterangan tertulis perusahaan, Rabu 30 Oktober 2019

Sekadar informasi, dalam kerja sama ini, hadir juga Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah, Bambang Sutrisn, Pemimpin BNI Syariah Wilayah Jabodetabek Plus Ali Muafa, dan Direktur Human Capital PLN, Muhamad Ali.

Potensi Kerja Sama Lainnya

Selain payroll, potensi bisnis dari kerja sama degan PLN bisa berasal dari pembiayaan konsumer, yaitu BNI Griya iB Hasanah, BNI Multiguna iB Hasanah, BNI Oto iB Hasanah dan BNI Fleksi Umroh iB Hasanah.

Potensi pembiayaan lainnya terkait kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card, dan pembiayaan linkage atau Koperasi Karyawan PLN.

Untuk menarik minat para pegawai PLN, BNI Syariah menawarkan bundling program yaitu buka tabungan payroll berhadiah “Giftset Office Look”, pembiayaan tarif khusus karyawan PLN, dan buka tabungan payroll mendapatkan BNI iB Hasanah Card.

Sampai September 2019, tercatat jumlah nasabah payroll BNI Syariah sebesar 50.894 nasabah dengan nominal Rp384,96 miliar.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
BCA Syariah Raih Laba Bersih Rp153,8 Miliar di Tahun 2023

BCA Syariah Raih Laba Bersih Rp153,8 Miliar di Tahun 2023

Laba bersih BCA Syariah tumbuh 30,8% dibandingkan tahun sebelumnya

Baca Selengkapnya
Tak Perlu Khawatir Lupa, BCA Syariah Tawarkan Layanan Menabung Sambil Berzakat

Tak Perlu Khawatir Lupa, BCA Syariah Tawarkan Layanan Menabung Sambil Berzakat

BCA Syariah juga telah melakukan penyerahan dana zakat nasabah BCA Syariah kepada BAZNAS RI.

Baca Selengkapnya
Cara BCA Syariah Edukasi Pajak untuk Nasabah

Cara BCA Syariah Edukasi Pajak untuk Nasabah

BCA Syariah menggelar edukasi pajak untuk nasabahnya

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Nestapa Kacung Supriatna, Petani Bekasi Ditagih Rp4 Miliar oleh Bank Padahal Tak Pernah Pinjam Uang

Nestapa Kacung Supriatna, Petani Bekasi Ditagih Rp4 Miliar oleh Bank Padahal Tak Pernah Pinjam Uang

Kacung Supriatna mengaku terkejut saat ditagih Rp4 miliar oleh bank padahal tak pernah utang.

Baca Selengkapnya
Suami Sibuk Kerja, Wanita Ini Diam-Diam Nikahi 3 Pria Demi Kuras Hartanya, Sukses Raup Rp1,4 Miliar

Suami Sibuk Kerja, Wanita Ini Diam-Diam Nikahi 3 Pria Demi Kuras Hartanya, Sukses Raup Rp1,4 Miliar

Seluruh suaminya tidak ada yang sadar dan hubungannya berjalan hingga beberapa tahun penuh tipuan, begini ceritanya

Baca Selengkapnya