Uang Rp8,75 Triliun Tersimpan di ATM BNI Selama Lebaran

Dinar | Jumat, 7 Mei 2021 11:35
Uang Rp8,75 Triliun Tersimpan di ATM BNI Selama Lebaran

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Total kebutuhan uang tunai yang disiapkan BNI selama lebaran ini mencapai Rp12,9 triliun.

Dream – PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) mempersiapkan uang kas senilai Rp12,9 triliun per minggu untuk kebutuhan selama Lebaran tahun ini. Jumlah ini naik Rp830 miliar atau 7 persen daripada kebutuhan Idul Fitri 2020 yang mencapai Rp12,08 triliun.

“ Menurut perhitungan yang ada, kebutuhan kas selama periode Idul Fitri akan lebih tinggi daripada Idul Fitri tahun 2020,” kata Direktur IT dan Operasi BNI, Y. B. Hariantono, dalam media gathering BNI, Kamis 6 Mei 2021.

Hariantono mengatakan uang kas itu dialokasikan ke dua tempat, yaitu kantor cabang dan ATM. Dikatakan bahwa uang sebanyak Rp8,75 triliun akan dialokasikan ke ATM dan kantor cabang Rp4,33 triliun.

2 dari 2 halaman

Mengapa ATM?

Alokasi lebih banyak ke ATM, kata dia, karena ada prediksi akan banyak orang yang menarik uang di ATM selama Lebaran.

“ Disiapkan juga sarana dan prasarana untuk nasabah agar bisa mengambil uang tunai. ATM 17.500 seluruh Indonesia pasti bisa memenuhi kebutuhan nasabah untuk mengambil uang tunai,” kata dia.

Hariantono mengatakan ada dua sumber pendanaan untuk uang kas. Pertama adalah internal senilai Rp7,6 triliun atau 59 persen.

“ Sisanya, 41 persen dari cash bantuan dari Bank Indonesia dan TUKAB—tukar uang antar bank. Bank yang kelebihan cash akan ditukar ke yang kekurangan cash,” kata dia.

Join Dream.co.id