Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Memanjakan Generasi Milenial dengan Layanan Syariah

Memanjakan Generasi Milenial dengan Layanan Syariah Ilustrasi (Shutterstock.com)

Dream – Bersyukurlah menjadi generasi milenial. Akses Anda terhadap perbankan semakin luas, termasuk pada produk keuangan syariah.

Lihat saja BCA Syariah, mereka kini menggandeng PT. Global Digital Niaga (Blibli). Mereka menyediakan produk pembiayaan multijasa umroh dan pembiayaan kendaraan bermotor. Sasarannya ya Anda, kaum milenial.

“Kami melihat Blibli.com sebagai e-commerce yang terpercaya dan tepat untuk menawarkan produk kami kepada generasi saat ini,” kata Presiden Direktur BCA Syariah, John Kosasih, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 30 Juli 2019.

Kerja sama BCA Syariah dan Blibli.com meliputi pemasaran produk pembiayaan multijasa umroh dengan mekanisme referral. BCA Syariah akan menjadi merchant official store yang menawarkan fasilitas pembiayaan umroh untuk pelanggan Blibli.com.

Untuk pembiayaan kendaraan bermotor, BCA Syariah akan menjadi mitra pembiayaan khususnya untuk new car dengan jangka waktu hingga delapan tahun dan kepastian angsuran hingga jatuh tempo pembiayaan.

Pembiayaan multijasa umroh BCA Syariah adalah fasilitas pembiayaan dengan akad ijarah (sewa). Produk ini menjadi solusi untuk mewujudkan niat beribadah perorangan maupun keluarga dengan segera dengan jumlah pembiayaan hingga Rp300 juta. Jangka waktu yang diberikan mulai 6 hingga 36 bulan, disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, mengatakan, pelanggan milenial merupakan salah satu target utama produk umroh dengan pembiayaan syariah yang disediakan Blibli.

Kusumo berharap kerja sama ini bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang mencari pembiayaan ibadah umroh dan fasilitas pendanaan lainnya melalui jasa perbankan syariah.

“Penambahan produk dan pembayaran yang dibutuhkan pelanggan akan semakin memperkuat posisi Blibli.com sebagai e-commerce yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan,” kata dia.

BCA Syariah Dapat Suntikan Modal, Berapa Nilainya?

Dream – PT BCA Syariah mendapatkan suntikan modal dari induknya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Proses suntikan modal sudah sampai di regulator.

Direktur Utama BCA Syariah, John Kosasih, mengatakan suntikan modal yang diajukan kurang lebih Rp1 triliun.

“Tapi, disetujuinya berapa, (kami) belum tahu,” kata John di Jakarta, Jumat 26 Juli 2019.

John mengatakan modal ini diprediksi akan cair pada kuartal III 2019. Nantinya, suntikan modal ini akan digunakan untuk penyaluran pembayaran ke aktiva-aktiva yang produktif, kemudian disalurkan ke surat-surat berharga yang mempunyai return yang baik.

"Kemudian ke pembiayaan yang tentu saja berkualitas untuk menopang pertumbuhan jangka penddng maupun jangka panjang," ucap dia.

John melanjutkan, BCA Syariah belum dapat mengkalkulasi keuntungan yang didapat dari penyaluran tersebut berkat suntikan modal BCA.

"Profitnya tentu nanti di next year-nya karena ini turunnya pada kuartal ketiga, kuartal keempat," kata dia. 

BCA Syariah Bukukan Laba Rp25,8 Miliar

Dream – PT BCA Syariah mencetak laba bersih sebesar Rp25,8 miliar pada semester I 2019. Hal ini dikatakan oleh Kepala Satuan Kerja Keuangan dan Perencanaan Perusahaan Bank Syariah BCA Syariah, Pranata Nazaruddin.

“Tumbuh 2,2 persen daripada periode yang sama tahun sebelumya,” kata Pranata di Jakarta, Jumat 26 Juli 2019.

Direktur Utama BCA Syariah, John Kosasih, membidik laba tumbuh double digit pada tahun ini. “Untuk tahun ini pertumbuhan laba target double digit,” kata John.

Pranata menambahkan aset BCA Syariah mencapai Rp7,04 triliun. Angka tersebut meningkat 9,26 persen daripada tahun lalu pada periode yang sama. Peningkatan aset itu dipengaruhi dari tumbuhnya penyaluran pembiayaan sebesar Rp4,9 triliun.

 

 

Pranata mengatakan pembiayaan komersial berpengaruh menyumbang kontribusi sebesar 77,39 persen atau Rp3,8 triliun dari total portofolio pembiayaan.

Angka pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) BCA berada di level 0,68 persen secara gross.

Pada semester I 2019, BCA Syariah juga mencatat pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) di angka Rp5,6 triliun atau naik 8,9 persen. “Pertumbuhan ini ditopang produk deposito Rp58,9 miliar, produk giro Rp229,49 persen, produk tabungan meningkat Rp173,9 miliar dibanding tahun lalu," kata dia.

Bank Royal Akan Digabung dengan BCA Syariah, Ini Kata Dirut BCA

Dream – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) belum lama ini mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia. Aksi korporasi itu rencananya akan disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada 20 Juni 2019.

Pada Rabu 12 Juni 2019, Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan salah satu agendanya adalah meminta persetujuan para pemegang saham terhadap akuisisi Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) I.

Santer terdengar kabar Bank Royal selanjutnya akan digabungkan dengan BCA Syariah.

Menanggapi kabar ini, Jahja mengatakan peleburan ini tak bisa dilakukan secara singkat. Hal ini disebabkan oleh Bank Royal belum punya fokus bisnis.

 

 

Perusahaan rencananya akan memperbaiki dahulu kinerja keuangan Bank Royal.

“Tunggu harus distabilkan dulu Bank Royal sampai profit, baru kemudian di-merger. Saya rasa tidak bisa tahun ini,” kata dia.

Sekadar informasi, BCA dan BCA Finance mencaplok semua saham Bank Royal senilai Rp1 triliun. Angka ini belum termasuk transaksi material. Tentang rencana akuisisi berikutnya terhadap bank lain, Jahja masih tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

"d deh," kata dia.

Suntik Rp800 Miliar

Jahja mengatakan perusahaan akan menyuntikkan dana kepada BCA Syariah senilai ratusan miliar. Rencananya, dana ini akan disuntikkan akhir tahun ini.

“Ada sekitar Rp800 miliar. Kalau bisa, tahun ini pada semester II 2019,” kata dia.

Jahja mengatakan suntikan modal ini akan digunakan untuk ekspansi BCA Syariah salah satunya pembukaan cabang di Aceh.

"Mereka (BCA Syariah) bagus perkembangan kredit dan profitabilitynya. Kita siapkan lah, kapan inject tinggal tunggu kebutuhannya," kata dia.(Sah)

Laba Bersih BCA Syariah Tumbuh 22 Persen pada 2018

Dream - PT BCA Syariah (BCA Syariah) membukukan laba bersih sebesar Rp58,4 miliar pada 2018. Angkanya naik 22 persen pada 2017 yang sebesar Rp47,9 miliar.

"Peningkatan laba perusahaan di antaranya ditopang oleh perusahaan pembiayaan sebesar 16,9 persen yoy yang mencapai Rp4,2 triliun pada 2017 menjadi Rp4,9 triliun," kata Direktur Utama PT BCA Syariah, John Kosasih, di Jakarta, Kamis 28 Februari 2019.

John mengatakan, pembiayaan BCA Syariah berada di atas rata-rata pembiayaan industri sebesar 12 persen.

Dia mengatakan aset BCA Syariah tercatat sebesar Rp7,1 triliun. Angkanya meningkat 18,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp6 triliun.


 

Dana Pihak Ketiga (DPK) juga mendorong pertumbuhan BCA Syariah. Angkanya naik 16,3 persen dari Rp4,7 triliun ke Rp5,5 triliun.

John mengatakan pembiayaan BCA Syariah didominasi pembiayaan sektor produktif. Komposisi pembiayaan pada masing-masing segmen komersial 76,08 persen, UMKM 20,61 persen, dan konsumsi 3,31 persen.

Rasio pembiayaan bermasalah (non performing financing/ NPF) BCA Syariah pada 2018 sebesar 0,35 persen dan 0,28 persen.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Beli Mobil Bekas Buat Istri, Baru Pakai Sebulan Banyak Kejadian Aneh, Puncaknya Makhluk Seram Berbau Busuk Duduk di Belakang

Beli Mobil Bekas Buat Istri, Baru Pakai Sebulan Banyak Kejadian Aneh, Puncaknya Makhluk Seram Berbau Busuk Duduk di Belakang

Setelah sebulan membeli, Syuhada mulai mengeluh kepada suaminya tentang beberapa kejadian aneh yang melibatkan mobil tersebut.

Baca Selengkapnya
7 Keuntungan Menyewa Mobil Dibanding Membeli

7 Keuntungan Menyewa Mobil Dibanding Membeli

Masih dalam kondisi menyewa mobil untuk kebutuhan sehari-hari atau acara penting? Jangan khawatir!

Baca Selengkapnya
Sumber Kekayaan Satria Mahathir, Anak Mantan Jenderal yang Pernah Ejek Cewek HP Android

Sumber Kekayaan Satria Mahathir, Anak Mantan Jenderal yang Pernah Ejek Cewek HP Android

Kekayaan dan bisnisnya pun disorot karena pastinya butuh modal yang tak sedikit untuk bisa membuat para perempuan 'takluk' dan penuhi hasrat Satria.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya