Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Biaya Masuk TK Selangit, Siapkan Dananya Secara Cermat

Biaya Masuk TK Selangit, Siapkan Dananya Secara Cermat Biaya Sekolah TK Yang Melangit Membuat Banyak Ibu Menjerit. (Foto: Shutterstock)

Dream - Beberapa waktu lalu viral unggahan seorang perencana keuangan berisi biaya pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) di media sosial. Dalam unggahan tersebut tercantum besaran biaya pendidkkan yang sangat tinggi. 

Tingginya biaya pendidikan TK tentu saja membuat para orangtua cemas. Tetapi, Sahabat Dream tidak perlu khawatir karena masalah tersebut dapat diatasi dengan perencanaan keuangan yang matang. 

Dikutip dari Cek Aja, setiap orangtua tentu menginginkan sekolah yang terbaik untuk buah hatinya. Dengan pendidikan yang baik, seorang anak diharapkan bisa lebih sukses di kemudian hari.

Di sisi lain, biaya pendidikan di Indonesia kian hari semakin mahal. Porsi kenaikan biaya pendidikan sendiri bisa mencapai 10-15 persen per tahunnya.

Lantas, bagaimana cara terbaik mempersiapkan dana sekolah untuk anak?

Rencanakan Jenjang Pendidikan Anak

Pertama, rencanakan jenjang pendidikan anak. Misalnya, apakah ingin  terlebih dulu didaftarkan ke playgroup baru TK?

Setelah itu, rencanakan jenjang pendidikan selanjutnya mulai SD, SMP, SMA, dan kuliah. Kira-kira, sekolah mana yang akan dipilih anak?

Tapi ingat, lakukan perencanan jenjang ini secara berkala agar tidak terlalu jadi beban. Jika jenjang pendidikan sudah diputuskan, itu akan lebih mudah untuk memprediksi dan menyusun biaya pendidikan anak.

Hitung Biaya Pendidikan Anak

Setelah menyusun rencana jenjang pendidikan, saatnya menghitung biaya yang dibutuhkan. Kamu juga harus menghitung kemungkinan inflasi per tahun, sehingga kenaikan biaya pendidikan di masa depan dapat dibayangkan.

Cari tahu info perintilan biaya yang bakal dikeluarkan. Mulai dari urusan transportasi, uang jajan, buku, dan seragam.

Hitung juga waktu untuk menabung atau mengumpulkan pundi-pundi uang untuk biaya masuk sekolah tersebut. Semisal apakah dalam jangka waktu empat tahun (sejak anak lahir) biaya masuk TK sudah terkumpul?

Sediakan Tabungan Pendidikan

Dana pendidikan anak seharusnya ditabung tersendiri agar tidak terpakai untuk kebutuhan lain. Nah daripada pusing, lebih baik buka tabungan pendidikan.

Tabungan pendidikan adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk menyipkan dana pendidikan anak. Jenis tabungan ini sangat cocok untuk mengelola biaya pendidikan yang sifatnya rutin seperti membayar kursus, membeli buku dan membayar SPP.

Tetapi, tabungan pendidikan kurang menguntungkan untuk investasi jangka panjang. Ini karena bunga yang ditawarkan sangat kecil, sekitar 2-3 persen saja per tahun.

Pilih Asuransi Pendidikan

Pilihan lain yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak adalah asuransi pendidikan. Tujuan mengambil asuransi pendidikan adalah supaya saat anak masuk sekolah, orangtua punya simpanan yang cukup.

Sistemnya hampir sama dengan menabung tabungan pendidikan namun secara jumlah tergantung seberapa besar premi yang sanggup kamu bayarkan. Semakin dini anak diasuransikan, biaya preminya pun akan lebih terjangkau.

Mulai Investasi

Melihat kenaikan biaya sekolah yang semakin tinggi mungkin tabunganmu juga perlu didukung oleh sejumlah investasi. Semisal dengan menanamkan uang di reksa dana atau emas.

Reksa dana sangat fleksibel, dapat dibeli dan dijual kapan saja sesuai dengan ketentuan yang berlaku di prospektus.

Jika ingin berinvestasi emas untuk biaya pendidikan anak, segera lakukan dari sekarang. Karena emas termasuk investasi yang sifatnya jangka panjang.

Usahakan menyimpan emas batangan yang memiliki kadar 99 persen daripada dalam bentuk perhiasan.

Selalu Libatkan Anak

Tak hanya orangtua yang berperan dalam mempersiapkan dana pendidikan, anak pun harus ikut dilibatkan. Tanyakan minat mereka mereka, apakah tertarik dengan sekolah biasa atau mau homeschooling?

Bahkan sekarang ada pilihan sekolah alam juga. Sesuaikan minat tersebut, agar semakin mempermudahmu saat memilih sekolah yang tepat untuknya nanti.

PR lain untuk orangtua, bandingkan kurikulum dan ketahui bagaimana lingkungan serta pergaulan di sana.

Jangan keburu terbebani dengan nominal biaya pendidikan anak. Lupakan nilainya, fokuslah menabung dan berinvestasi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Mi dengan Racikan Berbeda, Manis Gurih dengan Campuran Tomat

Bikin Mi dengan Racikan Berbeda, Manis Gurih dengan Campuran Tomat

Kalau kita olah mie dengan bumbu-bumbu dapur yang lain, rasanya bakal jauh lebih top dan enak, loh. Salah satunya, nih, mie tomat, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Main Ponsel Sampai Tengah Malam, Bikin Kulit Cepat Keriput

Main Ponsel Sampai Tengah Malam, Bikin Kulit Cepat Keriput

Pernahkah Sahabat Dream bermain ponsel hingga larut malam?

Baca Selengkapnya
Semangka Sebaiknya Tak Dimakan Malam Hari, Ini Alasannya

Semangka Sebaiknya Tak Dimakan Malam Hari, Ini Alasannya

Apakah Sahabat Dream termasuk pencinta buah semangka?

Baca Selengkapnya