Biar Tak Menguap Percuma, Ini 3 Cara Kelola Gaji ke-13

Dinar | Rabu, 3 Juli 2019 11:12
Biar Tak Menguap Percuma, Ini 3 Cara Kelola Gaji ke-13

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Alhamdulillah, gaji ke-13 cair.

Dream – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri bisa tersenyum lebar. Gaji ke-13 telah cair.

Bagi ASN yang masih aktif, gaji ke-13 ini berisi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, atau tunjangan umum. Para pensiunan ASN mendapatkan pensiun pokok dan tunjangan keluarga/tambahan penghasilan.

Gaji ke-13 ini tentunya bisa memberikan tambahan pundi-pundi uang. Agar gaji ke-13 tak menguap begitu saja, kamu bisa melakukan tiga cara ini.

Berikut ini adalah tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola gaji ke-13, dikutip dari CekAja.com, Rabu 3 Juli 2019.

2 dari 7 halaman

Buatlah Anggaran Setiap Bulan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat anggaran setiap bulan. Walaupun terdengar sepele, banyak orang malas melakukannya. Padahal, cara ini merupakan langkah yang jitu agar pengeluaran bisa terkendali.

Salah satunya, kamu bisa menggunakan metode 10-20-30-40. Penjabarannya, 10 persen dari gaji bisa digunakan untuk dana kemanusiaan, seperti zakat dan infak.

Selanjutnya, 20 persen untuk tabungan, investasi, dan proteksi. Lalu, 30 persen digunakan untuk cicilan utang, dan 40 persen untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, transport, tempat tinggal, dan lainnya.

Kamu bisa menyesuaikan angka ini sesuai dengan kebutuhan, ya.

3 dari 7 halaman

Tentukan Tujuan Keuangan

Kamu juga harus menentukan tujuan keuangan. Cobalah memikirkan apa tujuanmu bekerja. Apa tujuan hidupmu yang sebenarnya? Atau jangka pendek, misalnya, apa tujuanmu menyisihkan gaji setiap bulan di tabungan? Sudah bisa menjawabnya?

Tujuan keuangan tiap orang berbeda-beda, dengan memiliki tujuan keuangan yang baik dan terkonsep dengan baik maka kamu akan mampu bertahan hidup di masa depan. Kamu jadi semangat bekerja dan fokus mencapai tujuan itu.

Kalau kamu sungguh-sungguh ingin meraih tujuan itu, kamu pun akan lebih bijak menggunakan dana yang dimiliki. Mau senang-senang sesaat atau bersabar meraih tujuan yang kebahagiaannya lebih hakiki?

4 dari 7 halaman

Jangan Lupa Proteksi Diri

Kamu juga punya yang namanya proteksi diri. Perlindungan ini tak hanya berupa asuransi, tetapi juga dana darurat. Berapa pun gaji yang didapat, kamu harus memiliki dana darurat ataupun asuransi. Nah, kamu bisa mengalokasikan sebagian gaji ke-13 ke dana darurat dan asuransi.

Tanpa proteksi yang tepat, ada kemungkinan kamu akan mengeluarkan biaya yang besar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan atau tak terduga.

Pilih asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan, jangan sampai kamu terpengaruh orang lain atau teman sendiri untuk membeli produk asuransi yang ternyata tidak dibutuhkan. Premi bulanan asuransi terasa berat? Kamu bisa memanfaatkan asuransi yang dikeluarkan pemerintah yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Perusahaan-perusahaan pada umumnya juga sudah mengikutsertakan karyawannya pada asuransi ini jadi kita tidak perlu membayar lagi kalaupun harus membayar juga sangat ringan.

Proteksi juga diperlukan ketika kamu bepergian. Kamu bisa menghemat banyak atas pengeluaran dana tak terduga dengan asuransi perjalanan. Semisal kamu mengalami keterlambatan perjalanan, ataupun kehilangan bagasi. Semua bisa dicover dengan asuransi perjalanan.

5 dari 7 halaman

Selain Gaji ke-13, Tunjangan PNS Juga Cair Hari Ini

Dream – Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti, mengatakan bahwa gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri, cair hari ini, Selasa 2 Juli 2019.

“ Iya betul (hari ini cair),” kata Nufransa ketika dihubungi Dream.

Dia mengatakan, selain gaji, pemerintah juga mencairkan tunjangan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN). Tunjangan yang diberikan kali ini adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, serta tunjangan kinerja.

Untuk gaji ke-13 PNS dan pensiunan, Nufransa mengatakan bahwa pemerintah menganggarkan dana Rp20 triliun.

6 dari 7 halaman

Hore! Gaji PNS Dipastikan Tahun Depan Naik dan Tetap Dapat THR

Dream – Pemerintah memastikan Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri akan kembali mendapatkan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) pada 2020. Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Askolani.

Askolani menyampaikannya dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI yang membahas kebijakan belanja dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Dikutip dari Merdeka.com, Jumat 28 Juni 2019, dia mengatakan belanja pegawai KL di 2020 tersebut diarahkan untuk mendukung birokrasi yang efisien, melayani dan bebas korupsi.

" Kita mempertahankan kebijakan penggajian yang sudah ada termasuk gaji ke-13 dan THR untuk PNS," kata dia di Jakarta.

Askolani menyebut secara rata-rata sejak 2014-2019 pertumbuhan belanja pegawai sendiri tumbuh 9,5 persen per tahunnya. Adapun pertumbuhan itu dipakai untuk pemberian gaji ke-13 dan THR untuk aparatur dan pensiunan.

7 dari 7 halaman

PNS Naik Gaji Juga

Sebelumnya, Askolani menyampaikan salah satu perhatian pemerintah pada 2020 yaitu meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN). Upaya ini dilakukan agar ASN ke depan semakin baik sejalan dengan peningkatan reformasi birokrasi.

" Paling tidak di 2020 ini yang menjadi tentunya konsen daripada pemerintah di bidang aparatur tentunya meningkatkan Aparatur Negara yang semakin baik," kata dia.

Askolani menambahkan, peningkatan kinerja ASN ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan penghasilan para ASN serta akan tetap membuka penerimaan bagi pegawai baru.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajukan pagu indikatif anggaran belanja pemerintah pusat untuk Kementerian Lembaga (KL) di 2020 sebesar Rp854 triliun. Angka ini turun 0,25 persen jika dibandingkan dengan yang diajukan pada 2019 sebesar Rp855 triliun.

Sebelumnya, Askolani, menyampaikan salah satu konsen pemerintah pada 2020 yaitu meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN). Peningkatan kinerja ASN ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan penghasilan para PNS

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id