Begini Cara Bikin Watermark di KTP Biar Nggak Disalahgunakan

Dinar | Kamis, 23 September 2021 19:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

KTP yang diberi watermark ini lebih susah diedit oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dream – Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan tanda pengenal yang tak bisa sembarangan ditunjukkan atau diberikan kepada orang lain. Meski hanya sebatas kartu, data-data yang tertulis di atasnya sangat rahasia dan banyak dipakai sebagai identitas ketika membuka rekening di bank atau keperluan lainnya.

Kini dengan teknologi yang semakin berkembang, permintaan KTP untuk syarat administrasi tak hanya dalam bentuk foto copy. Mulai banyak aplikasi atau platform daring yang membutuhkan scan KTP agar bisa terdaftar di aplikasi tersebut.

Scan KTP memudahkan pihak pengembang mengetahui pemegang asli sehingga meminimalisasi penggunaan data palsu atau penipuan. Sayangnya, kebijakan ini sering disalahgunakan sehingga membuat data pribadi memungkinkan untuk diperjualbelikan.

Selain itu marak pula kebocoran data yang mengancam informasi pribadi jutaan penduduk Indonesia. Akhir-akhir ini misalnya, mulai dari start up raksasa hingga aplikasi yang dikelola oleh pemerintah diisukan mengalami kebocoran data.

Begini Cara Bikin Watermark di KTP Biar Nggak Disalahgunakan
Kini, Foto KTP Bisa Berikan Watermark. (Foto: Shutterstock)
2 dari 8 halaman

Persulit Oknum Tak Bertanggung Jawab

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) menyarankan masyarakat untuk membuat watermark di scan KTP.

Watermark sendiri merupakan tanda samar pada sebuah kertas atau karya untuk memberikan identitas pencipta karya tersebut. Watermark bertujuan agar karya tidak bisa dicuri atau diklaim oleh orang lain.

Cara ini akan menyusahkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengedit KTP-mu dan disalahgunakan.

3 dari 8 halaman

Begini Cara Buat Watermark di KTP

Di era yang serba digital penting untuk memberikan watermark pada setiap kepunyaan terlebih yang bersifat pribadi termasuk KTP. Oleh sebab itu, berikut cara membuat watermark pada scan KTP yang disarankan oleh Kominfo, dikutip dari akun Instagram Kominfo, @kemenkominfo, Kamis 23 September 2021.

1. Buka aplikasi untuk mengedit foto

2. Tambahkan teks yang berisi keterangan scan

3. Atur ukuran dan posisi teks agar menutupi informasi penting

4. Turunkan opacity atau transparansi teks agar informasi dan watermarknya bisa terbaca

Dalam unggah Instagram @kemenkominfo, jika aplikasi langsung menyuruh pengguna untuk memotret langsung KTP, Sahabat Dream bisa menulis keterangan scan-nya pada kertas kecil.

Dengan begitu, setidaknya kita sudah berusaha untuk melindungi informasi pribadi dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


(Laporan: Elyzabeth Yulivia)

4 dari 8 halaman

Trik Mencegah Foto KTP Buat Persyaratan Verifikasi Disalahgunakan

Dream - KTP acapkali diperlukan untuk proses verifikasi, misalnya pengajuan paylater. Sayangnya, belakangan foto kartu identitas yang berisi data-data pribadi ini sering disalahgunakan sejumlah oknum.

Masyarakat sebetulnya bisa mencegah penggunaan foto KTP yang tidak sesuai tujuannya. Salah satunya adalah memberikan watermark dari foto KTP yang diminta.

 

 Trik Mencegah Foto KTP Buat Persyaratan Verifikasi Disalahgunakan© Dream

 

Dikutip dari akun Facebook Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Selasa 31 Agustus 2021, cara ini bisa menekan risiko kemungkinan penyalahgunaan foto KTP. Pihak yang meminta foto KTP juga akan menerima dokumen tersebut karena hanya untuk kebutuhan verifikasi. 

" #SobatKom sering diminta untuk upload scan KTP untuk proses verifikasi? Tenang, kalau #SobatKom khawatir datanya disalahgunakan, kita bisa tahu kok siapa yang melakukan pelanggaran, dengan memberikan watermark," tulis Kominfo.

5 dari 8 halaman

Cara Membubuhi Watermark di KTP

Saat kamu hendak membubuhi watermark di foto KTP yang akan dikirimkan, pastikan dahulu data penting yang diperlukan tidak tertutupi.

Berikut langkah-langkah memberi watermark pada foto KTP

1. Foto KTP dengan benar

2. Buka aplikasi edit foto, misalnya Pics Art atau Phonto. Bisa juga dengan fitur Instagram Story.

3. Klik fitur tambahkan tulisan yang ada di aplikasi.

4. Ketik informasi berupa tanggal scan dan kepentingannya.

Contohnya: SCAN KTP PADA 01-09-2021 UNTUK VERIFIKASI E-WALLET

5. Taruh tulisan di area kosong yang ada di KTP. Pastikan tulisan itu tidak menutup informasi yang penting, ya.

6 dari 8 halaman

Jika Foto KTP Diminta Langsung Melalui Aplikasi

Jika Sahabat Dream diminta untuk langsung memfoto KTP melalui aplikasi, kamu bisa pakai cara lain.

Kamu bisa memberikan watermark berupa tulisan di kertas kecil dan menempelkannya di KTP

Perlu diingat, cara ini tidak hanya berlaku bagi KTP, tetapi juga dokumen-dokumen lainnya.

" Oh iya, selain untuk KTP, tips ini juga bisa digunakan untuk dokumen penting lainnya lho," tulis Kominfo.

7 dari 8 halaman

Patut Curiga Kalau Begini

Kominfo menegaskan pihak yang tidak berniat jahat, tentu akan menerima foto KTP dengan watermark. Sebab, foto KTP hanya diperlukan untuk kebutuhan verifikasi.

" Kalau pihak yang meminta memang sekadar butuh verifikasi dan tidak ada niat jahat, pasti akan diterima kok bukti scan KTP dengan watermark-nya," tulis kementerian ini.

Masyarakat haru curiga jika pihak penerima menolak KTP yang dibubuhi watermark. Kominfo menyarankan Sahabat Dream untuk mengurungkan niatnya mengunggah foto KTP.

" Tapi, kalau mereka tetap bersikeras meminta scan yang polos tanpa watermark dan #SobatKom mulai curiga, mending nggak usah, deh," tulis Kominfo.

8 dari 8 halaman

Terkait
Join Dream.co.id