Cara Mudah Tukar Uang Rusak Lewat Aplikasi PINTAR BI

Dinar | Kamis, 9 Desember 2021 13:35

Reporter : Alfi Salima Puteri

Kamu bisa daftar online terlebih dulu.

Dream - Bank Indonesia membuka layanan pemesanan penukaran uang rusak melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) mulai Rabu, 9 Desember 2021.

Masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran uang rusak atau cacat melalui laman https://pintar.bi.go.id. Pemanfaatan aplikasi PINTAR untuk layanan penukaran uang rusak merupakan salah satu upaya BI dalam meningkatkan layanan kas kepada masyarakat.

Hal ini juga guna memperkuat layanan publik di era kenormalan baru, dengan mengurangi antrian pemesanan pada layanan penukaran uang Rupiah rusak atau cacat.

Melalui aplikasi PINTAR, masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran uang Rupiah rusak atau cacat dengan memilih lokasi kantor BI tempat menukarkan uang, waktu penukaran, dan jumlah nominal uang yang akan ditukar.

Masyarakat bisa melakukan penukaran uang Rupiah rusak atau cacat di kantor BI sesuai dengan tanggal, waktu, dan lokasi yang telah dipesan, dengan membawa bukti pemesanan melalui aplikasi PINTAR.

Cara Mudah Tukar Uang Rusak Lewat Aplikasi PINTAR BI
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 5 halaman

Berlaku pukul 08.00-11.30 waktu setempat

 Ilustrasi© shutterstock

Penukaran uang Rupiah rusak/cacat di BI dapat dilakukan pada pukul 08.00-11.30 waktu setempat. Berikut adalah cara untuk melakukan penukaran uang Rupiah yang rusak atau cacat.

  1. Membuka laman https://pintar.bi.go.id melalui PC ataupun handphone
  2. Pada halaman HOME PINTAR, pilih menu penukaran uang Rupiah rusak/cacat
  3. Setelah menu penukaran uang Rupiah rusak atau cacat muncul, pilih Provinsi, Kantor BI, dan tanggal penukaran yang diinginkan
  4. Pilih waktu/jam pelaksanaan penukaran
  5. Mengisi data diri pemesanan, berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, nomor telepon, alamat surat elektronik/email, dan kategori penukar
  6. Mengisi jumlah lembar/keping setiap pecahan uang Rupiah rusak atau cacat yang akan ditukarkan, serta memilih jenis kategori uang Rupiah rusak atau cacat yang akan ditukarkan
  7. Setelah itu, masyarakat akan memperoleh bukti pemesanan penukaran.
3 dari 5 halaman

6 langkah selanjutnya

Berikut adalah langkah selanjutnya bagi masyarakat yang telah melakukan pemesanan penukaran melalui PINTAR.

  1. Masyarakat yang sudah melakukan pemesanan melalui PINTAR dan memperoleh bukti pemesanan penukaran
  2. Masyarakat datang ke kantor BI dan menunjukkan bukti pemesanan penukaran
  3. Masyarakat dipanggil sesuai dengan urutan kedatangan
  4. Melakukan perhitungan dan verifikasi keaslian uang di loket bersama SDM perkasan
  5. Setelah uang selesai dihitung dan diverifikasi, SDM perkasan menyiapkan modal penukaran sesuai dengan jumlah uang yang dihitung dan memenuhi syarat penukaran
  6. SDM perkasan memberikan penukaran uang Rupiah rusak atau cacat milik penukar

Dengan layanan penukaran uang Rupiah rusak/cacat yang terdigitalisasi secara online menggunakan PINTAR, masyarakat akan memperoleh layanan penukaran yang semakin pasti, akurat dan aman, nyaman, dan mudah untuk Rupiah yang berkualitas dan berdaulat di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber: BI.go.id

4 dari 5 halaman

BI: Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik Asia

Dream - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, menyampaikan bahwa saat ini rupiah menjadi salah satu mata uang terbaik di antara negara emerging market di Asia.

Menurut Dody, rupiah menjadi mata uang terbaik karena depresiasi yang dialami masih kecil dibandingkan dengan negara tetangga.

Segini Jumlah Uang yang Beredar di Indonesia

“ Jauh di bawah kita ada Thailand, Malaysia, hingga Singapura yang memiliki depresiasi nilai tukarnya hingga belasan persen, sedangkan kita hanya di kisaran 1,3 persen sampai 1,6 persen," ujar Dody, dikutip dari Merdeka.com, Senin 6 Desember 2021.

Nilai tukar rupiah terus menunjukkan pelemahan pada dua pekan terakhir. Pada Senin, 6 Desember 2021 pukul 15.00 WIB, rupiah melemah dengan mencatatkan koreksi 22,5 poin atau 0,16 persen menjadi Rp14.442 perdolar AS.

5 dari 5 halaman

Meski demikian, Dody mengatakan bahwa depresiasi nilai tukar rupiah hingga saat ini masih dalam level yang terkendali.

Dody berharap perubahan nilai tukar rupiah yang signifikan tidak terjadi dan bank sentral bisa terus menjaga stabilisasi mata uang Garuda.

Lowongan Kerja Bank Indonesia Resmi Dibuka Hari Ini, Cek Posisi dan Syaratnya!

Selama ini, Indonesia bisa menunjukkan kepada pasar bahwa seluruh pihak bisa menstabilkan nilai tukar rupiah.

" Jangan dilihat dari levelnya dulu di Rp13.000 sekarang di Rp14.000, tetapi tolong lihat volatilitas dan dari sisi pergerakan nilai tukar rupiah," kata Dody.

Dody menambahkan, BI akan terus memantau perkembangan global dan berupaya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah melalui bauran kebijakan bank sentral.

Join Dream.co.id