Jualan Dinsum Modal Rp500 Ribu, Tamatan Madrasah Aliyah Kini Punya 4.000 Reseller

Dinar | Kamis, 4 November 2021 09:12

Reporter : Alfi Salima Puteri

Memang rezeki tak ada yang tahu jika digeluti dengan usaha yang kuat.

Dream - Sukses bukanlah ditentukan dari gelar akademik. Tetapi, penentu utamanya adalah keuletan.

Hal itulah yang dibuktikan Muhammad Kautsar. Meski bukan lulusan perguruan tinggi dan hanya tamatan Madrasah Aliyah, dia mampu meraih sukses dari bisnis dinsum.

Kautsar sudah punya banyak reseller. Bahkan, kini dia membuka supermarket dinsum pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan brand Bolekaka.

“ Saya mengawali ini bukan profesional. Saya lulusan Madrasah Aliyah Alzaytun. Ketika awal masuk ke ranah usaha banyak keterbatasan,” ujar Kautsar, pada acara pembukaan supermarket dan restoran miliknya, Bolekaka, Bekasi, Rabu, 3 November 2021.

Kautsar mengaku mendirikan usaha dinsum dengan modal yang cekak. Namun, semangat Kautsar yang tinggi sanggup mengalahkan segala keterbatasan. 

 Muhammad Kautsar© Dream.co.id/Alfi Salima Puteri

Pada 2015, Kautsar merintis usaha mikro dengan berjualan siomay. Berbekal uang sebesar Rp500 ribu yang dipinjam ke tetangganya, Kautsar membeli bahan baku untuk membuat dagangan itu.

Sayangnya, Kautsar mengalami kerugian dari usaha tersebut. Dia tidak patas semangat.

Dua tahun kemudian, Kautsar mulai menjual dimsum dengan merek Dimsum 49. Dia menggunakan konsep yang menargetkan pangsa pasar baru, yakni dengan berjualan di bazaar, gedung perkantoran hingga car free day.

Jualan Dinsum Modal Rp500 Ribu, Tamatan Madrasah Aliyah Kini Punya 4.000 Reseller
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 7 halaman

Secercah harapan muncul

Di 2018, Kautsar melihat peluang tingginya permintaan produk dimsum secara online. Dia pun mulai memasarkan produknya melalui berbagai e-commerce.

Langkah Kautsar ternyata tepat. Kini Dimsum 49 telah memiliki lebih dari 50 agen dan 4.000 reseller yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

 Dimsum 49© Dream.co.id/Alfi Salima Puteri

Kautsar terus berinovasi mengembangkan usaha. Kini, dia mulai merambah end user dengan membuka supermarket dan restoran khusus dinsum, Bolekaka.

Terletak di Jatiwaringin, Bekasi, Bolekaka merupakan supermarket pertama dengan ikon Pusat Dimsum Indonesia yang memiliki tempat nyaman dan Instagramable. Ada banyak sekali jenis dinsum tersedia di supermarket ini.

Selain membeli berbagai jenis dimsum dan makanan beku berkualitas, pengunjung juga bisa menikmati sajian dimsum secara langsung.

3 dari 7 halaman

Terus lebarkan sayap

 Dimsum 49© Dream.co.id/Alfi Salima Puteri

Kautsar berharap Bolekaka dapat menyediakan pengalaman belanja dimsum serta menjawab kebutuhan penggemar dimsum di Indonesia.

Dengan lebih dari 75 ton dimsum yang diproduksi setiap bulannya, Bolekaka juga mendapat review yang baik dari ahli kuliner, William Ghozali atau yang akrab disapa Willgoz.

“ Willgoz menilai dimsum ini memiliki tekstur meaty, jadi walaupun makan kudapan atau olahan, tapi rasanya seperti makan daging ayam asli,” jelas Kautsar.

Dimsum yang ada di sini dibanderol mulai dari Rp15 ribu-Rp21 ribu saja. Selain dimsum, Bolekaka juga menjual berbagai frozen food dan juga berbagai macam produk daging, seperti ikan, ayam dan sapi.

4 dari 7 halaman

7 Jenis Dimsum yang Sedapnya Sering Bikin Ngiler, Mana yang Kamu Suka?

Jadi salah satu makanan yang banyak dijajakan di kaki lima maupun secara online, dimsum bukan kuliner yang asing lagi di tanah air. Kalau menggali tentang sejarahnya, dimsum sebenarnya merupakan masakan tradisional khas Cina yang banyak disajikan saat pesta atau perayaan hari besar lainnya.

Biasa disajikan dalam steamer bambu, kelezatan dimsum memang sudah nggak bisa ditolak lagi. Sering menikmati dimsum juga? Yakin kamu sudah tahu perbedaan dari jenis-jenis dimsum yang banyak dijual? Intip lebih jauh di sini, Sahabat Dream.

5 Varian Donat Ini Cocok Buat Temani Me Time, Tak Cukup Makan Satu Lho!

Siu Mai

 7 Jenis Dimsum yang Sedapnya Sering Bikin Ngiler, Mana yang Kamu Suka?© Shutterstock

Ini dia salah satu jenis dimsum yang mungkin paling sering dinikmati karena banyak dijual di luar. Siu Mai atau siomay adalah dimsum kukus yang memiliki bentuk bundar. Makanan yang satu ini biasanya dibuat dari tepung gandum tipis yang kemudian dicampur dengan isian udang atau ayam. Beberapa kreasi kuliner juga menghadirkan fusion dimsum dengan mentai yang dikenal dengan sebutan dimsum mentai. Sudah pernah coba dong?

5 dari 7 halaman

Spring Roll atau Lumpia


 7 Jenis Dimsum yang Sedapnya Sering Bikin Ngiler, Mana yang Kamu Suka?© Shutterstock

Jenis dimsum lain yang familiar bagi masyarakat Indonesia adalah spring roll atau yang lebih dikenal dengan sebutan lumpia. Dimsum yang satu ini masih terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu yang kukus dan goreng. Keduanya memiliki sensasinya masing-masing, tapi yang digoreng biasanya cenderung lebih crunchy. Spring roll biasanya lebih nikmat disajikan bersama cocolan saus.

Har Gao

 7 Jenis Dimsum yang Sedapnya Sering Bikin Ngiler, Mana yang Kamu Suka?© Shutterstock

Dikenal dengan sebutan hakau, dimsum ini adalah sejenis pangsit yang memiliki bentuk bulan sabit. Hakau biasanya memiliki kulit berwarna putih yang sedikit transparan dan terbuat dari gandum dan tepung tapioka. Hakau juga banyak memanjakan lidah para pecinta kuliner dengan isian ayam atau udang yang membuat cita rasanya terasa semakin lezat.

6 dari 7 halaman

Bao Zi


 7 Jenis Dimsum yang Sedapnya Sering Bikin Ngiler, Mana yang Kamu Suka?© Shutterstock

Lebih dikenal dengan nama bakpao, varian dimsum yang satu ini juga sudah nggak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Biasanya bakpao dijual dengan isian daging ayam atau kacang ijo. Tapi, banyak juga inovasi yang menghadirkan bakpao dengan isian kekinian seperti choco crunch, Nutella, matcha, dan masih banyak lagi. Kalau kamu sendiri tim penikmat bakpao dengan rasa apa nih?

Mantau

 7 Jenis Dimsum yang Sedapnya Sering Bikin Ngiler, Mana yang Kamu Suka?© Shutterstock

Bentuknya mirip dengan bakpao, tapi sebenarnya kedua dimsum ini beda. Mantau adalah dimsum yang terbuat dari tepung terigu dan tidak memiliki isian sehingga rasanya cenderung tawar. Biasanya mantau dinikmati dengan menambahkan cocolan sambal. Namun, banyak juga yang menjadikannya pelengkap hidangan lain seperti Chili Crab khas Singapura.

7 dari 7 halaman

Wanton


 7 Jenis Dimsum yang Sedapnya Sering Bikin Ngiler, Mana yang Kamu Suka?© Shutterstock

Kalau kamu tim penikmat dimsum digoreng, pasti suka banget dengan wanton. Jenis dimsum yang satu ini terbuat dari daging ayam cincang dan dibungkus dengan kulit pangsit. Cita rasa yang crunchy membuat dimsum ini banyak disukai oleh pecinta kuliner.

Angsio Ceker

 7 Jenis Dimsum yang Sedapnya Sering Bikin Ngiler, Mana yang Kamu Suka?© Shutterstock

Selain dimsum yang dibuat dari olahan tepung dan daging cincang, ada juga angsio ceker. Seperti namanya, bahan utama yang digunakan untuk mengolah dimsum ini adalah ceker ayam yang diberi bumbu dan dimasak dengan dikukus. Tekstur ceker yang lembut saat dinikmati membuat dimsum ini jadi favorit masyarakat di tanah air.

Gimana, sudah tahu kan dimsum favorit kamu punya nama apa sebenarnya? Kalau sudah mulai ngiler dan ingin menikmati lezatnya dimsum kukus atau goreng, nggak perlu bingung mau cari di mana. Langsung saja PO di ManisdanSedap.com yang menghadirkan ‘etalase’ kuliner online dari berbagai penjuru Nusantara.

Cara pemesanannya juga mudah, tinggal klik saja tombol pemesanan yang muncul di halaman menu yang dipilih. Nantinya, pembeli akan langsung terhubung ke WhatsApp seller langsung sehingga transaksi dilakukan di luar platform. Tinggal tunggu makanan datang, kamu pun bisa menikmati berbagai kuliner favorit yang ada di ManisdanSedap.com.

Jadi tunggu apa lagi? #AyoPO di ManisdanSedap.com sekarang!

Join Dream.co.id