Perusahaan BUMN Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Dunia

Dinar | Minggu, 20 Juni 2021 16:01

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Harga berlian terbesar ketiga di dunia itu belum ditaksir. Namun sebagai perbandingan berlian terbesar kedua dunia pada tahun 2017 lalu terjual Rp764.5 miliar.

Dream – Sebuah perusahaan yang separuh sahamnya dimiliki pemerintah di Botswana berhasil menambang sebuah berlian dengan ukuran terbesar ketiga di dunia. Ukuran batu berharga ini hanya kalah sedikit dibandingkan ukuran yang terbesar sejagat.  

Dikutip dari BBC, Sabtu 19 Juni 2021, berlian itu memiliki berat 1.098 karat. Presiden Botswana, Mokgweetsi Masisi, memperlihatkan barang tersebut setelah perusahaan berlian, Debswana, menambangnya.

Berlian terbesar ketiga di dunia ini menambah hasil penambangan fantastis yang pernah dilakukan di Botswana. Berlian terbesar kedua di dunia juga ditemukan di negeri Afrika ini pada 2015.

“ Ini adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan oleh Debswana selama 50 tahun beroperasi,” ujar Managing Director Debswana Diamond Company, Lynette Armstrong.

Dari analsisi Lynette, berlian itu menjadi yang terbesar di dunia.

Sekadar informasi, Debswana adalah perusahaan joint venture antara pemerintah dan perusahaan berlian raksasa, De Beers. Ada 80 persen dari pendapatan penjualan menjadi pemasukan negara melalui divide, royalty, dan pajak.

Pecinta perhiasan dunia harus menunggu cukup lama guna mengetahui harga dari berlia terbesar ketiga di dunia itu. Namun sebagai patokan, berlian terbesar kedua dunia yang pernah ditemukan, di Lesedi La Rona laku dijual US$53 juta pada tahun 2017, atau Rp764,5 miliar.

Berlian terbesar yang pernah ditemukan adalah berlian Cullinan 3.106 karat yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905.

Perusahaan BUMN Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Dunia
Berlian Yang Ditemukan Dan Menjadi Terbesar Ketiga Dunia. (foto: Instagram/@debswanadiamondcompany)
2 dari 4 halaman

Rezeki di Tengah Pandemi, Ditemukan Berlian Langka Seharga Rp265 Miliar

Dream – Seorang penambang berlian mendapatkan keberuntungan yang sangat besar. Ia berhasil menemukan beberapa berlian langka yang bernilai sangat tinggi.

 

 Rezeki di Tengah Pandemi, Ditemukan Berlian Langka Seharga Rp265 Miliar
© Dream

 

Gem Diamonds, seorang penambang berlian mengatakan bahwa pada hari Jumat lalu bahwa ia telah menemukan berlian seberat 442 karat. Berlian tersebut ditambang dari Letseng miliknya.

Meskipun tidak ada patokan harga atas berlian temuannya, Edward Sterck yang merupakan analis di BMO Capital Markets menaksir batu permata berharga itu dapat terjual dengan harga Rp 265 miliar. Hal ini dikarenakan kelangkaan dari berlian tersebut.

3 dari 4 halaman

Lokasi Tambang Terkenal

Penemuan itu pun terjadi ketika industri global tengah mengalami krisis akibat pandemi covid-19. Sebagian besar toko perhiasan dan industri pemotongan berhenti beroperasi.

 Berlian
© Pixabay.com

Tambang Letseng terkenal dengan ukuran dan kualitas berlian yang dihasilkannya. Serta memiliki harga jual rata-rata tertinggi di dunia.

4 dari 4 halaman

Masih Ada Banyak Berlian Lain?

Dua tahun lalu, Gem Diamonds menemukan berlian seberat 910 karat dan berhasil terjual dengan harga Rp 560 miliar.

De Beers, salah seorang yang bekerja diindustri berlian pun mengatakan bahwa berlian seberat 442 karat ini merupakan sebuah penemuan yang luar biasa. Terlebih karena berlian tersebut merupakan salah satu berlian dengan kualitas yang langka.

Dia memperkirakan lokasi tambang Letseng akan terus menghasilkan berlian yang berkualitas tinggi.

(Sumber: news24.com)

Join Dream.co.id