Beredar Kabar PHK, Bukalapak Angkat Bicara

Dinar | Rabu, 11 September 2019 09:13
Beredar Kabar PHK, Bukalapak Angkat Bicara

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bukalapak sedang melakukan penyelarasan internal untuk menerapkan strategi bisnis jangka panjang.

Dream – Beredar kabar bahwa Bukalapak melakukan PHK beberapa karyawan di sejumlah divisi untuk efisiensi. E-commerce unicorn ini akhirnya angkat bicara terkait kabar itu.

" Menjadi Sustainable E-commerce (perusahaan e-dagang yang menghasilkan keuntungan) penting bagi kami karena walaupun pertumbuhan GMV (Nilai Total Penjualan) adalah indikator yang penting bagi semua e-commerce,” kata Chief of Strategy Officer Bukalapak, Teddy Oetomo, dalam keterangan tertulis. 

Menurut Teddy, Bukalapak sedang melakukan penyelarasan internal untuk menerapkan strategi bisnis jangka panjang. Langkah ini dilakukan agar e-commerce ini bisa terus tumbuh dan berdampak positif kepada Indonesia.

E-commerce ini, kata Teddy, telah melangkah ke tahap yang lebih jauh dan monetisasinya naik. Profitabilitasnya juga diperkuat dan telah berjalan dan melampaui ekspektasi.

Bukalapak mencatat gross profit naik tiga kali lipat sepanjang semester I. Kenaikan ini tiga kali lipat dari periode yang sama tahun 2018. Kerugian pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) juga sudah berkurang 50 persen dalam delapan bulan terakhir.

“ Bagi para pengguna dan partner bisnis kami, penataan ini berarti kami bisa memfokuskan diri untuk meningkatkan layanan dan memberi dampak positif lebih luas,” kata dia.

2 dari 7 halaman

13 Juta Akun Diklaim Diretas, Ini Jawab Bukalapak

Dream - Seorang peretas asal Pakistan bernama Gnosticplayers mengklaim telah meretas puluhan laman dan perusahaan terkemuka. Salah satu laman yang dia retas yaitu Bukalapak.com.

Gnosticplayers menyebut daftar data pengguna Bukalapak tersebut muncul pada seri terakhir penjualan database di laman gelap Dream Market.

Dilaporkan The Hacker News, sebanyak 13 juta akun yang terdaftar di Bukalapak telah dia kantongi dan dia jual ke laman itu.

Selain Bukalapak, laman kampus dan platform karir asal Indonesia, Youthmanual juga dia retas. Gnosticplayers menyebut telah menjual 1,12 juta akun yang terdapat di Youthmanual.

Gnosticplayer, bulan lalu membuat tiga putaran akun curian untuk dijual di pasar gelap Dream Market. Pada seri pertama penjualan, peretas ini menjual data 620 juta akun dari 16 laman.

Pada seri kedua penjualan, peretas ini menjual sebanyak 127 juta akun dari delapan laman. Sementara itu, pada seri ketiga sebanyak 92 juta akun dari 8 laman juga telah dia jual.

Pada masing-masing seri penjualan tersebut, Gnosticplayer mendapat uang digital sebesar 1.2431 bitcoin, atau US$5.000, atau setara Rp71 juta.

3 dari 7 halaman

Daftar daftar data yang diklaim telah diretas

Berikut daftar akun yang digali dan dijual di Dream Market milik 8 laman yang diretas.

Youthmanual - perguruan tinggi dan platform karir Indonesia - 1,12 juta akun

GameSalad - Platform pembelajaran online —1,5 juta akun

Bukalapak - Situs Belanja Online - 13 juta akun

Lifebear - Notebook Online Jepang - 3,86 juta akun

EstanteVirtual - Toko Buku Online - 5,45 Juta akun

Coubic - Penjadwalan Penunjukan - 1,5 juta akun

4 dari 7 halaman

Jawaban Bukalapak

Humas Bukalapak, Muhammad Fajrin Rasyid membenarkan adanya percobaan peretasan di laman jual beli tersebut beberapa waktu lalu.

" Namun tidak ada data penting seperti user password, finansial atau informasi pribadi lainnya yang berhasil didapatkan," kata Fajrin, kepada Dream.co.id, Senin, 18 Maret 2019.

Fajrin megnatakan, Bukalapak selalu meningkatkan sistem keamanan. Upaya itu dilakukan demi memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna Bukalapak dan memastikan data-data penting pengguna tidak disalahgunakan.

" Upaya peretasan seperti ini memang sangat berpotensi terjadi di industri digital.

Kami selalu menghimbau para pengguna Bukalapak untuk lebih memperhatikan keamanan bertransaksi," ujar dia.

Fajrin mengingatkan, pengguna Bukalapak untuk mengganti password secara berkala serta aktifkan Two-Factor Authentication (TFA) yaitu fitur yang diperuntukan mencegah jika ada penggunaan atau penyalahgunaan data penting dari device yang tidak dikenali.

" Kami juga menyarankan menjaga kerahasiaan password Anda dan menggunakan security guide yang sudah disediakan Bukalapak," kata dia.

Untuk menjaga kerahasiaan akun Bukalapak pengguna dapat mengakses tautan ini.  (ism)

5 dari 7 halaman

Jokowi: Stop Uninstall Bukalapak

Dream - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melakukan pertemuan dengan CEO Bukalapak Achmad Zaky. Usai pertemuan secara tertutup itu, Jokowi meminta gerakan #uninstallbukalapak karena cuitan CEO Bukalapak Achmad Zaky dihentikan.

" Kita harus bijak dalam bersikap, matang dalam bersikap dalam setiap peristiwa apapun. Sebab itu saya ajak hari ini untuk hentikan, untuk stop uninstall Bukalapak," ujar Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu 16 Februari 2019.

Jokowi mengatakan masyarakat harus mendorong anak-anak muda yang memiliki kreativitas dan inovasi.

 pertemuan jokowi dengan bos bukalapak

" Karena kita harus dorong. Anak-anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas untuk maju," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tidak marah kepada Zaky terkait cuitannya yang ramai diperbincangkan di sosial media. Jokowi pun mengajak agar semua pihak dewasa dalam bersikap .

" Tadi sudah bertemu dan saya tidak ada perasaan apa-apa terhadap mas Zaky. Sudah tiap hari ketemu," ucapnya.

Sumber : merdeka.com/Lisza Egeham

6 dari 7 halaman

Bertemu Jokowi, Bos Bukalapak Achmad Zaky Minta Maaf

Dream - CEO Bukalapak Achmad Zaky bertemu dengan Presiden Joko Widodoatau Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu 16 Februari 2019.

Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Kepresidenan Teten Masduki. Hingga pukul 11.04 WIB, pertemuan tertutup antara Zaky dan mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih berlangsung.

Dalam pertemuannya, Zaky mengucapkan terimakasih kepada orang nomer satu di Indonesia itu yang telah mengundangnya.

" Tadi saya mengucapkan terimakasih kepada bapak presiden yang sudah meluangkan waktunya untuk bertemu dengan saya, mengudang saya," kata Zaky usai bertemi Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu 16 Februari 2019.

 Achmad Zaky

Pertemuan CEO Bukalapak Achmad Zaky dan Jokowi (Foto : Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Selain itu, pria berusia 32 tahun asal Sragen Jawa Tengah ini mengatakan permohonan maaf kepada Jokowi atas cuitan yang sempat viral tentang protesnya revolusi industri 4.0 di akun twitter-nya.

" Secara pribadi, saya tadi mengucapkan minta maaf kepada bapak dan meluruskan juga yang kemarin," tuturnya.

 

 

7 dari 7 halaman

Bahas Rancangan Pemerintah Lebih Maju

Menurut Zaky, dalam pertemuan itu juga membahas tentang rancangan pemerintah membuat Indonesia maju. Kata dia, pemerintah telah memiliki rencana untuk membuat Indonesia maju dengan berbasis inovasi.

" Kita akan support juga dan komitmen juga dari sisi Bukalapak. Poinnya adalah bagimana membuat Indonesia maju," ucap Zaky.

Sumber : merdeka.com/Lizsa Egeham

 

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id