Beredar 3 Nama Calon, Dirut Baru Bank Mandiri Diharapkan dari Internal

Dinar | Senin, 19 Oktober 2020 17:30
Beredar 3 Nama Calon, Dirut Baru Bank Mandiri Diharapkan dari Internal

Reporter : Syahid Latif

CORE Indonesia berharap Dirut Bank Mandiri yang terpilih adalah bankir berpengalaman dan dari internal perusahaan untuk menunjukan efisiensi BUMN. Siapa calon-calonnya?

Dream - Nahkoda baru PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan jadi pertarungan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 21 Oktober 2020 mendatang. Diharapkan dalam proses menentukan ini pemerintah mengedepankan efisiensi dan memilih figur berpengalaman.

Harapan tersebut disampaikan Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah. Menurutnya, posisi direktur utama Bank Mandiri layak dipercayakan kepada bankir berpengalaman di internal bank pelat merah itu.

" Bisa saja Wakil Direktur Utama (Bank Mandiri) yang sekarang menjadi Plt ditetapkan sebagai Direktur Utama tanpa harus menambah personel lagi. Sementara, posisi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri dirangkap oleh salah satu direksi,” ujar Piter dikutip Dream dari keterangan tertulis CORE Indonesia, Senin, 19 Oktober 2020.

Piter beranggapan, sosok Dirut baru dari internal perusahaan bisa mengikis tudingan masyarakat tentang postur organisasi bank atau BUMN yang selama ini dianggap terlalu gemuk. Idealnya, lanjutnya, struktur komisaris dan direksi berbentuk ramping.

" Kalau dibandingkan dengan bank swasta memang terlihat terlalu gemuk dan tidak efisien,” ujar Piter.

 

2 dari 2 halaman

3 Nama Calon Dirut Bank Mandiri yang Santer Beredar

Dia menambahkan, struktur bank BUMN yang lebih ramping dipercaya bisa membuat perusahaan bergerak lebih cepat dan meningkatkan daya saingnya di skala nasional maupun internasional. RUPSLB Bank Mandiri diharapkan bisa menjadi awal dimulainya efisiensi struktur organisasi perbankan pelat merah.

Diketahui, pemerintah selaku pemegang saham utama Bank Mandiri telah memiliki tiga nama kandidat untuk mengisi jabatan Dirut perseroan. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkap, dua dari tiga kandidat pengisi jabatan Dirut Bank Mandiri berasal dari internal perseroan.

Ketiga nama yang santer disebut sebagai calon Dirut baru Bank Mandiri itu adalah Hery Gunardi (Wakil Dirut Bank Mandiri sekaligus Plt Dirut Bank Mandiri), Pahala Nugraha Mansury (Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., dan Darmawan Junaidi (Direktur Treasury, International Banking, and Special Asset Bank Mandiri).

Sebelumnya posisi Dirut Bank Mandiri diisi oleh sejak Royke Tumilaar yang telah dipindahtugaskan menjadi Dirut PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Selama kekosongan posisi, jabat bos Bank Mandiri dipegang oleh Wakil Dirut Bank Mandiri Hery Gunardi yang menjadi Pelaksana tugas (Plt) Dirut.

Join Dream.co.id