Benarkah Dengar Musik Bisa Tingkatkan Kreativitas Saat Kerja?

Dinar | Rabu, 20 Maret 2019 19:30
Benarkah Dengar Musik Bisa Tingkatkan Kreativitas Saat Kerja?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Banyak orang bekerja sambil mendengarkan lagu.

Dream – Banyak orang berpikir bahwa bekerja sambil mendengarkan musik bisa meningkatkan kreativitas. Tapi, studi menunjukkan bahwa bekerja sambil mendengarkan musik justru berdampak sebaliknya.

Dikutip dari studyfinds.org, Rabu 20 Maret 2019, peneliti dari Inggris dan Swedia berkolaborasi untuk meneliti dampak musik terhadap kreativitas verbal. Peneliti meriset orang-orang yang beraktivitas sembari mendengarkan beragam jenis musik yang diputar. Hasilnya dibandingkan dengan peserta yang beraktivitas dalam keheningan.

Kajian yang diterbitkan dalam Applied Cognitive Psychology ini menyebut ada 30 responden yang terdiri atas 15 responden pria dan 15 wanita dari University of Lancashire, Inggris, direkrut untuk percobaan.

Para peserta ditunjukkan tiga kata, seperti “ point”, “ stick”, dan “ maker”. Mereka diminta untuk membuat kata atau frasa baru dari kata-kata yang diajukan.

Ada peserta yang mengerjakan tes itu di lingkungan yang tenang, seperti perpustakaan. Ada pula yang sembari mendengarkan musik. Ada yang mendengarkan musik berbahasa asing, musik instrumental, dan lagu-lagu pop.

2 dari 2 halaman

Ini Hasilnya

Peneliti menemukan bahwa peserta yang menyelesaikan tugas sembari mendengarkan musik mendapatkan “ gangguan” ketika bekerja daripada yang merampungkan tes di tempat yang tenang.

“ Kami menemukan bukti yang kuat tentang gangguan kinerja ketika musik diputar daripada suasana yang tenang,” kata seorang penulis dari University Lancashire, Neil McLatchie.

McLatchie menemukan kreativitas seseorang bisa memburuk ketika mendengarkan musik yang populer. Apalagi kalau musiknya bisa meningkatkan suasana mood hati peserta dan menjadi favorit.

Peneliti percaya musik bisa bermasalah ketika didengarkan sambil bekerja daripada suara yang ada di perpustakaan. Suara bising dari musik bisa mengganggu kemampuan verbal daripada perpustakaan.

“ Temuan di sini menentang pandangan populer bahwa musik meningkatkan kreativitas. Terlepas dari keberadaan konten semantik, musik secara konsisten mengganggu kinerja kreatif dalam memecahkan masalah,” kata dia. 

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id