Beli Kucing Online Harga Rp1 Juta, Nenek Malang Malah Tertipu Rp108 Juta

Dinar | Minggu, 1 Agustus 2021 07:01

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Walah, kok bisa?

Dream – Sahabat Dream, ada baiknya kamu berhati-hati ketika hendak membeli barang secara online. Jika tidak waspada, bisa-bisa bukannya untung tetapi malah buntung. Pengalamen itulah yang dialami seorang nenek berusia 56 tahun. 

Dikutip dari Siakap Keli, Minggu 1 Agustus 2021, nenek yang bekerja sebagai ibu rumah tangga di Malaysia itu berniat membeli seekor kucing. Dari hasil tawar-menawar disepakati harga kucing incarannya dijual 500 ringgt (Rp1,77 juta).

Kala itu, dia membeli kucing jenis Munchkin melalui akun Facebook, Suhair Rahman, pada 26 Juli 2021. Wanita yang tak disebutkan namanya itu mengontak sang penjual melalui Facebook Messenger.

Mereka sepakat untuk transaksi seekor kucing dengan harga 500 ringgit. Sang korban ini memberikan alamat rumah untuk pengiriman seekor kucing.

Beli Kucing Online Harga Rp1 Juta, Nenek Malang Malah Tertipu Rp108 Juta
Seorang Ibu Tertipu Ketika Hendak Membeli Seekor Kucing. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Sayang Seribu Sayang

Sang ibu berusia 56 tahun ini diminta untuk mengirimkan uang senilai 150 ringgit ke akun rekening atas nama Leny Yohanis. Nilainya mencapai 150 ringgit (Rp1,06 juta).

Namun rupanya si penjual memiliki alasan lain agar si ibu mau mengirimkan uang tambahan. Salah satunya adalah kucing tersebut dipesan dari luar negeri dan harus diterbangkan.

Kemudian, wanita ini dipaksa untuk mengirim uang ke 10 rekening berbeda. Dia diancam tidak akan menerima kucing munchkin pesanannya karena akan disita dan uang tidak dikembalikan

Tanpa sadar ibu tersebut sudah mengirimkan uang sampai 30.050 ringgit (Rp108,21 juta). Namun, si kucing tak kunjung datang jua.

Sang perempuan baru sadar telah ditipu setelah nomor teleponnya diblokir oleh si penjual yang tak bisa lagi dihubungi.

3 dari 3 halaman

Uangnya untuk Apa?

Kepala Departemen Kepolisian Negeri Sembilan, Malaysia, Supt. Aibee Abd Ghani, mengatakan uang yang ditransfer itu merupakan jaminan penerbangan untuk kucing. Dikatakan bahwa hewan tersebut berada di luar negeri. Uang ini adalah asuransi dan upah mengantar kucing.

Aibee mengatakan penjual kucing akan dikenakan hukuman penjara 10 tahun jika terbukti bersalah. Ditambah lagi denda dan hukuman cambuk.

Ia mengatakan, jika penjual kucing tersebut terbukti bersalah, penipu akan dikenakan hukuman maksimal 10 tahun penjara. Yang disertai denda dan hukuman cambukan yang berlaku.


(Laporan : Delfina Ramadhani)

Join Dream.co.id