Belanja Iklan Selama Asian Games Rp727 Miliar, Siapa Terbesar?

Dinar | Jumat, 7 September 2018 17:44
Belanja Iklan Selama Asian Games Rp727 Miliar, Siapa Terbesar?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Siapa pengiklan yang biaya iklannya terbanyak?

Dream – Seminggu sudah perhelatan Asian Games 2018 berlalu. Selain pesta pembukaan dan penutupan yang fenomenal, pesta olahraga terbesar se-Asia ini selama dua pekan ini membuat banyak perusahaan jor-joran mengeluarkan belanja iklan. 

Dikutip dari keterangan tertulis Nielsen, Jumat 7 September 2018, Excutive Director Media Business Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, mengatakan Nielsen Advertising Intelligence menunjukkan total belanja untuk Asian Games 2018 mencapai Rp747 miliar.

“ Total belanja iklan ini adalah total belanja iklan pada media televisi saja, tidak termasuk iklan pada media lainnya dan belum termasuk iklan-iklan luar lapangan, seperti billboard,” kata Hellen di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

Dia mengatakan kegiatan produk yang aktivitasnya iklannya meningkat adalah kategori produk online dengan belanja iklan Rp150,2 miliar, layanan dan perangkat komunikasi Rp76,8 miliar, serta minuman berenergi Rp50,7 miliar.

Posisi keempat ada layanan masyarakat yang belanja iklannya mencapai Rp39,6 miliar dan kelima ada korporasi perbankan dengan belanja iklan Rp36,7 miliar.

Hellen mencatat, Bukalapak.com yang merupakan salah satu sponsor utama Asian Games 2018, mendominasi dengan belanja iklan hingga Rp102,9 . Disusul Grab dengan belanja Rp28,7 miliar.

Posisi ketiga ada Telkomsel dengan total belanja iklan Rp27,9 miliar. Pengiklan terbesar keempat adalah Samsung dengan total belanja iklan sebesar Rp25 miliar.

“ Di urutan kelima adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang aktif beriklan sepanjang Asian Games 2018 dengan total belanja iklan Rp 21,9 miliar,” kata dia.

2 dari 4 halaman

Deretan Aksi Heboh Presiden OCA Saat Tutup Asian Games 2018

Dream - Presiden Olympic Council of Asia (OCA), Sheikh Ahmed Al Fahad Al Ahmed Al Sabah, membuat heboh saat perayaan penutupan Asian Games 2018. Di hadapan lebih dari 40 ribu penonton closing ceremony, Al Sabah menarik perhatian warganet Indonesia.

Al Sabah didaulat memberikan pidato saat closing ceremony Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu 2 September 2018.

 Al Sabah

Dalam sambutannya, Al Sabah mengucap terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan jajaran pemerintah yang telah memberikan pelayanan yang baik kepada para peserta Asian Games 2018. Juga terima kasih kepada 3.000 sukarelawan.

Tapi, ada beberapa hal yang menarik perhatian netizen di sela pidato Al Sabah. Berikut diantaranya:

3 dari 4 halaman

1. Simbol Hati

Di luar dugaan, Al Sabah membentuk simbol hati menggunakan tangannya di atas kepala, seraya mengucapkan, " Kami Cinta Kalian.."

 Al Sabah

2. Berbahasa Indonesia

Dalam pidatonya, Al Sabah berkali-kali mengucapkan kata dalam bahasa Indonesia. Kata-kata itu langsung mendapatkan teriakan heboh dari penonton Gelora Bung Karno. Kata-kata dalam bahasa Indonesia yang diucap Al Sabah yakni, " Kami Cinta Kalian" , " Terima Kasih Banyak" , " Kalian Selalu di Hati" , " Terima Kasih, Kalian Hebat" .

 

4 dari 4 halaman

3. Puji Relawan

Tak lupa, Al Sabah mengucapkan terima kasih kepada 13 ribu relawan yang membantu selama pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang. Al Sabah menyebut, para relawan menjadi duta yang baik bagi Indonesia.

Menurut Al Sabah, tanpa relawan pertandindan-pertandingan besar itu tidak akan terwujud. " Terima kasih, Kalian Hebat," ucap Al Sabah sambil membentuk hati di dada.

 Al Sabah dan Erick Thohir

4. Terima kasih khusus

Al Sabah juga mengucap terima kasih kepada 11 ribu media yang telah menyebarkan berita tentang Asian Games 2018 ke seluruh penjuru dunia. Tak lupa, ucapan terima kasih khusus diberikan untuk Polisi Lalu Lintas yang membantu atlet bisa sampai di venue tepat waktu. " Kalian pahlawan kami," ucap Al Sabah.

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id