Belajar dari YouTube, Pedagang Telur Gulung Raup Rp1,8 Juta di Hari Pertama Jualan

Dinar | Senin, 15 November 2021 13:12

Reporter : Alfi Salima Puteri

"Bareng teman-teman berlima, Alhamdulillah hari pertama dapat Rp1,8 juta," kata Aznoor.

Dream - Namanya Aznoor Shafz, pemuda asal Pemalang, Jawa Tengah. Ia adalah salah satu pedagang kaki lima yang menjual telur gulung. Aznoor menyebutnya telur obong atau telur gulung spesial bakar.

Lewat kanal YouTube Kawan Dapur, Aznoor membagikan perjuangannya membangun usaha sendiri yang kini mempunyai tiga cabang usaha telur gulung.

Aznoor awalnya sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang memasak ataupun berjualan. Ia hanya memiliki modal keberanian membangun usaha jajanan setelah melihat resep telur gulung melalui YouTube.

“ Belajar sendiri lihat di YouTube. Gak ada yang ngajarin. Di YouTube juga enggak semuanya bener. Ada yang trial error. Lebih dari 10 video lah yang ditonton. Nyoba-nyoba, gagal berapa kali. Wah ngabisin berapa kilo telur lah. Itu aja 2 minggu proses belajarnya,” ungkap Aznoor, Minggu, 29 Agustus 2021.

Setelah belajar dari YouTube dan menjajal sendiri olahannya, Aznoor dan kelima temannya berjualan di festival kuliner di daerah Tegal. Pada hari pertamanya berjualan, Aznoor mendapatkan penghasilan sebesar Rp1,8 juta.

“ Jadi awalnya di festival kuliner Teksin, Tegal, pada 15 Desember 2018, saya coba ikut, itu pertama kalinya jualan. Bareng teman-teman berlima, Alhamdulillah hari pertama dapat Rp1,8 juta. Saya kira dapatnya hanya sekitar Rp800 ribuan. Ini benar-benar di luar ekspektasi saya dan teman-teman,” ujar Aznoor.

Belajar dari YouTube, Pedagang Telur Gulung Raup Rp1,8 Juta di Hari Pertama Jualan
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Sudah Punya 3 Cabang

Setelah mendapat penghasilan dari berjualan di festival tersebut, Aznoor mengumpulkan uangnya untuk membuat sebuah gerobak. Kini Aznoor memiliki tiga cabang di daerah Pemalang, salah satunya di depan SMAN 1 Pemalang.

Meskipun kini telah memilik tiga cabang, Aznoor tetap terjun langsung ke lokasi dan membantu pegawai. Dia mengaku kebiasaan ini sengaja tetap dilakukan karena Aznoor bisa terus belajar membangun usahanya. Dia juga ingin mengajarkan bahwa semua pemilik bisnis itu memulai usaha dari level karyawan. 

Selama menjalani bisnisnya, Aznoor mengaku banyak pembeli yang menanyakan pengalamannya membangun pemilik usaha telur bakar itu. " Kadang ada yang nanya, bosnya mana. Tapi saya enggak mau ngaku," jelasnya.

Aznoor akan ikut menemani karyawannya berjualan, dari cabang satu lalu berpindah ke cabang yang lain secara terjadwal. Hal ini dilakukannya agar dapat memahami situasi dan kondisi secara langsung di lokasi.

(Sah, Sumber: YouTube)

3 dari 6 halaman

5 Etalase Nyeleneh Pedagang, Bikin Geleng Kepala

Dream - Dalam berdagang, penjual harus kreatif dalam membuat strategi menjajakan barangnya. Namun terkadang, tingkah pedagang saat mencari uang bisa bikin geleng kepala.

Umumnya, pedagang akan menyimpang barang dagangan di etalase ataupun di lapak yang telah dibuat. Tujuannya agar pedagang ataupun pembeli lebih mudah saat berinteraksi.

Berbicara soal dagangan, ternyata ada saja momen unik yang dilakukan para pedagang saat menyimpan dagangannya. Berikut cara lucu pedagang menyimpan dagangan, sebagaimana dikutip dari akun Instagram @Nocontextwarung.

1. Jualan Kerupuk

Biasanya para pedagang kerupuk di pinggir jalan menggunakan tali rafia untuk menjajakan dagangannya agar terlihat oleh para calon pembeli. Namun tidak dengan pedagang satu ini.

Sang pedagang malah menaruh dagangan kerupuknya di sebuah pohon di tengah jalan dekat dengan persimpangan lampu merah.

 Pedagang kerupuk© Twitter @nocontextwarung

Waduh, gimana belinya, ya?

 

4 dari 6 halaman

2. Berjualan Pakaian

Para pedagang pakaian di pinggir jalan biasanya menggunakan mobil, rak pakaian, atau sebuah tenda terpal untuk memperlihatkan jualannya kepada pembeli.

Ternyata hal tak biasa dilakukan oleh pedagang satu. Pedagang ini menggantungkan pakaian jualannya di atas pohon.

 Pedagang pakaian© Twitter @nocontextwarung

Mungkin dagangannya ingin outstanding, ya?

5 dari 6 halaman

3. Jualan Pembalut

Kulkas di sebuah warung biasanya diisi dengan minuman kaleng atau botol. Hal ini biasa dilakukan para pedagang agar pembeli bisa memilih minuman yang dingin dan segar.

 jualan pembalut© Twitter @nocontextwarung

Tapi, kok, ada pembalut di lemari es ini, ya? Salah tempat?

6 dari 6 halaman

4. Warung Unik

Konsep floating market di Indonesia memang umum ditemui. Namun untuk warung satu ini, bagaimana membelinya, ya?

 Warung unik© Twitter @nocontextwarung

5. Jualan Gorengan

Umumnya penjual gorengan menggunakan gerobak untuk menjajakkan dagangannya. Gerobaknya pun mangkal di suatu tempat atau bisa juga dipikul.

 Pernjual gorengan© Twitter @nocontextwarung

Berbeda dengan tukang gorengan 'Barokah'. Pedagang satu ini memiliki konsep berjualan out of the box. Lihat saja, bagaimana ia menaruh kompor, gas, dan spanduk dagangannya.

Ngakak!

Join Dream.co.id