Bukti Ilmiah Kerja Sambil Berdiri Menyehatkan, Yuk Bangun

Unik | Jumat, 2 Februari 2018 15:28
Bukti Ilmiah Kerja Sambil Berdiri Menyehatkan, Yuk Bangun

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jangan cuma duduk di depan meja seharian!

Dream – Lazimnya sebuah kantor, pasti ada meja dan kursi untuk tempat bekerja karyawannya. Namun ternyata ada lho perusahaan yang " melarang" karyawannya untuk duduk ketika bekerja.

Mereka tidak menyediakan kursi untuk karyawan sehingga pegawainya berdiri ketika bekerja. Alasannya, perusahaan ingin karyawannya produktif.

Klaim itu tak sepenuhnya salah. Ternyata bekerja sambil berdiri baik untuk kesehatan tubuh, lho. Dilansir dari Metro, Jumat 2 Februari 2018, studi yang diterbitkan oleh European Journal of Preventive Cardiology, menunjukan kebiasaan berdiri selama 6 jam bisa menurunkan berat badan lebih dari 2,5 kg dalam setahun.

Setiap menit, tubuh seseorang yang berdiri bisa membakar kalori sebanyak 0,15 kilokalori. Kalau berdirinya lebih dari enam jam, pembakaran kalori dalam tubuh bisa menurunkan berat badan sebanyak 2,5 k setahun.

Kajian ini diperoleh dari riset terhadap 1.184 orang. Rata-rata umurnya 33 tahun dan memiliki berat badan 65 kg.

“ Efek jangka panjang (bekerja sambil berdiri) pada penurunan berat badan tidak sepele. Ada kemungkinan lemak tubuh berkurang 10 kg dalam empat tahun pada orang 65 kg,” bunyi tulisan itu.

Penelitian ini menggambarkan kondisi otot yang meregang untuk melawan gravitasi bumi ketika berdiri. Berdiri dalam waktu lama memerlukan asupan kalori yang lebih tinggi karena ada lebih banyak otot yang bekerja keras.

Kepala Kardiologi di Mayo Clinic, Rochster, Fransisco Lopez Jimenez, mengatakan berdiri tak hanya bisa membakar lebih banyak kalori, tetapi juga bisa mencegah serangan jantung dan menekan risiko diabetes. Jimenez menyarankan karywan untuk lebih sering bergerak, minimal berjalan.

“ Penting untuk menghindari duduk berjam-jam pada satu waktu,” kata dia.

Terkait
Summer Style 2019
Join Dream.co.id