Begini Jadinya Kalau Bill Gates Nggak Sekolah di SMA Ini

Dinar | Rabu, 30 Mei 2018 09:20
Begini Jadinya Kalau Bill Gates Nggak Sekolah di SMA Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bisa-bisa ada sesuatu yang besar yang tidak akan terwujud.

Dream – Bill Gates diketahui juga pernah drop out dari Harvard University, untuk meluncurkan Microsoft pada 1975. Tapi jarang diketahui kiprah Gates di dunia Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Gates berkesempatan memberikan pidato di depan murid-murid civitas SMA Lakeside School. Lalu, apa yang disampaikan Gates?

“ Lakeside adalah salah satu hal terbaik yang pernah terjadi kepada saya. Salah satu alasan saya bersyukur kepada Lakeside adalah saya bisa menemukan Microsoft pada awal-awal saya di sini,” kata Gates, dikutip dari CNBC, Rabu 30 Mei 2018.

Dia berkenalan pertama kali dengan komputer ketika duduk di sekolah privat di Seattle. Di sana, dia berkenalan tentang komputer, mendigitalisasi jadwal sekolah, sampai meretas sistem jadwal sekolah menjadi kelas perempuan.

Setelah lulus SD, orangtuanya menyarankan untuk masuk ke sekolah ini. Sebelum masuk sekolah Lakeside School, Gates ragu karena ada sederet aturan yang harus dituruti di sekolah khusus pria ini. Seperti memanggil guru dengan “ master” dan mengenakan dasi dan jas. Dia juga ragu bisa menembus sekolah itu.

Untungnya, Gates menurut perkataan orangtua. Lakeside School memberikan Gates kesempatan untuk berkenalan dengan komputer.

Ya, ketika itu, komputer menjadi barang baru dan mewah bagi orang-orang, terlebih bagi murid sekolah. Sudah harganya ribuan dolar, komputer ini menghabiskan banyak listrik.

“ Sekolah mematikan terminal dan mengatur dengan ketat siapa yang harus menggunakannya. Sebaliknya, mereka justru membukanya. Alih-alih mengajar komputer, Lakeside hanya melepas kita,” kata dia.

Suami Melinda Gates ini bertemu dengan Paul Allen di Lakeside School, partner Gates untuk mendirikan Microsoft. Pengalaman dan wawasan Allen serta pengetahuan yang ada dimilikinya memberikan kepercayaan untuk memulai sebuah perusahaan berdasarkan ide yang liar dan tidak disetujui banyak orang.

“ Chip komputer akan menjadi sangat kuat, sehingga komputer dan perangkat lunak akan menjadi alat berada di setiap meja dan setiap rumah,” kata dia.

Gates menyebut, sekolahnya berperan dalam kesuksesan merintis Microsft. Cara mengajar dengan komputer membuatnya lebih mampu memahami relevansi komputer di dunia nyata.

“ Kalau tak ada Lakeside, tak akan ada Microsoft,” kata dia. (ism) 


Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id