Begini Cara Mengatur Gaji 3 Jutaan Agar Jadi Tabungan Haji

Dinar | Jumat, 14 Desember 2018 12:15
Begini Cara Mengatur Gaji 3 Jutaan Agar Jadi Tabungan Haji

Reporter : Dwi Ratih

Yang 3jutaan aja bisa, masa yang lebih nggak bisa?

Dream - Berangkat ke Tanah Suci bisa dibilang menjadi salah satu cita-cita umat Islam untuk menyempurnakan ibadahnya. Tapi, butuh perjuangan panjang untuk bisa mewujudkannya. Selain harus menunggu antrean, biaya yang dikeluarkan juga enggak sedikit. Apalagi buat para milennial yang punya pendapatan rata-rata Rp3 juta per bulan.

Tapi, dengan pengelolaan dana yang tepat, kamu bisa kok mengatur gaji Rp3 jutaan agar jadi tabungan haji. Simak caranya di sini, Sahabat Dream.

Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

 shutterstock

Jika ingin segera menyempurnakan ibadah mengunjungi Tanah Suci di usia muda, maka kamu perlu memantapkan niat untuk benar-benar menabung. Kurangi pengeluaran yang enggak perlu.

Misalnya, jika selama ini kamu lebih sering makan siang di luar, mulai sekarang cobalah lakukan penghematan dengan membawa bekal sendiri.

Kalau biasanya hampir setiap weekend kamu hangout atau nonton bareng teman, mulai sekarang coba kurangi jatahnya menjadi 1-2 kali saja dalam sebulan.

Alokasikan sebagian dana pengeluaran lifestyle tersebut untuk menambah pundi-pundi tabunganmu. Insya Allah, jika diniatkan maka sedikit demi sedikit dana haji akan terkumpul.

Simpan Uangmu dalam Bentuk Emas

 shutterstock

Salah satu bentuk tabungan yang disarankan adalah emas, karena harganya yang relatif berubah mengikuti harga emas dunia. Trik menabung ini juga dirasa pas untuk mengikuti perubahan harga ongkos haji yang cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun.

Secara berkala, ubah uang di dalam rekeningmu menjadi emas batangan baik itu 1 gram atau 5 gram. Cara ini juga dapat mengurangi penggunaan uang tabungan untuk hal lain karena yang kamu simpan bukanlah fresh money.

Bikin Rekening Khusus Tabungan Haji

 shutterstock

Prinsip menabung yang tepat sebenarnya bukanlah menunggu uang tersisa di akhir bulan, tapi justru harus segera kamu pisahkan begitu gaji masuk ke dalam rekening.

Jika tabungan haji berada jadi satu dalam rekening yang sama seperti yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, kemungkinan terpakainya bisa cukup besar.

Demi mengamankan tabungan haji agar bisa mewujudkan impian ke Tanah Suci, membuat rekening sendiri bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tapi, pastikan pilih tabungan yang tepat untuk mengamankan pundi-pundi ibadahmu, misalnya yang memiliki setoran awal dan biaya administrasi yang ringan.

Mengapa tak mencoba membuka tabungan MyArafah di Maybank Syariah saja?

Tabungan MyArafah dari Maybank Syariah merupakan yang paling pas untuk mendukung persiapan berangkat Haji atau Umrah kamu.

Tabungan ini dikelola berdasarkan prinsip syariah yang memiliki beberapa kelebihan, di antaranya informasi tabungan tidak bocor karena bebas biaya administrasi bulanan dan setoran awal ringan, mulai USD 10 atau Rp 100 ribu. Selain itu, pembukaan tabungan dan pendaftaran porsi haji bisa dilakukan di seluruh jaringan kantor cabang Maybank di seluruh Indonesia.

Nasabah juga pasti mendapatkan porsi haji lewat Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dari Kementerian Agama Republik Indonesia jika melakukan setoran pembukaan biaya porsi pendaftaran sebesar Rp25 juta.

Tabungan MyArafah juga dilengkapi kartu ATM/debit dengan logo Mastercard yang memiliki teknologi chip, sehingga lebih aman dan terhindar dari terjadinya skimming atau penyalinan data kartu magnetik.

Jadi, siapa bilang punya gaji Rp3 jutaan per bulan enggak bisa berangkat haji di usia muda? Mantapkan niatmu dengan Tabungan MyArafah dari Maybank Syariah, ya! Info lebih lengkap klik di sini.

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id