Cara Mendaftar BBM Subsidi di MyPertamina, Sepeda Motor Tunggu Revisi Perpres

Dinar | Rabu, 29 Juni 2022 17:36

Reporter : Alfi Salima Puteri

Adapun, untuk jenis kendaraan roda dua yang dilarang mengonsumsi BBM subsidi ialah dengan spesifikasi mesin di atas 250 cc.

Dream - Aplikasi MyPertamina menjadi serbuan masyarakat semenjak beredar kabar mekanisme baru pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite dan solar bersubsidi. Mengintip laman play.google.com, aplikasi dari Pertamina itu sudah diunduh lebih dari satu juta kali. 

Dalam keterangan resminya, PT Pertamina Patra Niaga akan menggelar uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak menggunakan MyPertamina per 1 Juli 2022.

Tahap uji coba akan dilakukan di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima Provinsi antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengungkapkan hasil kajian mengenai kriteria kendaraan roda empat/lebih maupun roda dua yang dilarang mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite.

Cara Mendaftar BBM Subsidi di MyPertamina, Sepeda Motor Tunggu Revisi Perpres
Pelanggan Pertamina Saat Melakukan Pembayaran Melalui MyPertamina (Foto: Pertamina.com)
2 dari 6 halaman

Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman membocorkan, dari hasil kajian itu, kendaraan roda empat atau lebih dengan kapasitas di atas 2.000 cc dilarang untuk mengonsumsi BBM yang memiliki kadar oktan RON 90 tersebut.

" Yang sudah dikaji, yang tidak boleh adalah kategori mobil mewah yaitu 2.000 cc ke atas," tuturnya dikutip dari laman Merdeka.com, Rabu, 29 Juni 2022.

Adapun, untuk jenis kendaraan roda dua yang dilarang mengonsumsi BBM subsidi ialah dengan spesifikasi mesin di atas 250 cc. " Betul (sepeda motor di atas 250)," ujarnya.

PT Pertamina (Persero) juga memastikan kebijakan uji coba pembelian Pertalite dan Solar melali aplikasi MyPertamina tidak berlaku untuk kendaraan roda dua. Uji coba baru akan ditujukan kepada pemilik kendaraan roda empat atau lebih.

3 dari 6 halaman

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/.

" Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar. Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna,” jelas Alfian dalam keterangan resminya, Senin, 27 Juni 2022.

Mengutip laman untuk program tepat subsidi tersebut diketahui akan diuji coba di 11 kabupaten/kota di Indonesia. Kesebelas daerah itu adalah Kota Bukit Tinggi, Kab Agam, Kota Padang Panjang, Kab Tanah Datar, Kota Banjarmasin.

Di Jawa Barat, uji coba akan dilakukan di Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis, dan Kota Sukabumi. Dua daerah lainnya adalah Kota Manado, dan Kota Yogyakarta. 

4 dari 6 halaman

Cara Mendaftar di situs MyPertamina.id

Pertamina menyediakan fasilitas pendaftaran pengguna pertalite dan solar bersubsidi melalui websitenya, subsiditepat.mypertamina.id.

Ketika pertama kali masuk ke situs tersebut, pengguna akan diarahkan menuju halaman utama yang berisi informasi tentang BBM subsidi, konsumen yang dianggap layak menggunakan biosolar subsidi merujuk pada Perpres No.191 Tahun 2014.

Sementara untuk konsumen pengguna Pertalite masih akan menunggu tahap penerbitan revisi Perpres yang sama.

Di kolom sebelah kanan website, akan tampak fasilitas untuk mendaftar sebagai pengguna BBM subsidi. Bagian ini berisi tiga kolom yang berisi username dan password untuk pengguna yang sudah terdaftar.

Sementara untuk masyarakat yang baru mendaftar dapat menekan tombol Daftar Sekarang yang sudah disediakan Pertamina. Terdapat pula bagian untuk mengecek status pendaftaran untuk masyarakat yang sudah melakukan tahap pertama ini.

 tampilan websiten untuk mendaftar mypertamina.id© Pertamina.com

5 dari 6 halaman

Berikut adalah tahapan pendaftaran bagi pengguna baru. Untuk catatan, proses pendaftaran baru bisa dilakukan pada 1 Juli 2022.

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yakni KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

 

 

6 dari 6 halaman

Cara Mendaftar Melalui Aplikasi MyPertamina

Berikut adalah cara membeli Pertalite menggunakan MyPertamina.

1. Lakukan pengepasan posisi mobil di tempat parkir dekat pulau pompa yang disediakan SPBU Pertamina.
2. Pengendara mobil diharap mematikan mesin dan berada di dalam kendaraan selama proses pengisian BBM berlangsung.
3. Pastikan aplikasi MyPertamina sudah terpasang di ponsel Anda dan terhubung dengan akun LinkAja.
4. Lakukan pengisian BBM untuk mobil Anda.
5. Silakan meminta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina.
6. Pilih “ Bayar” pada aplikasi MyPertamina.
7. Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina.
8. Tunggu bukti pembayaran muncul dan status dinyatakan berhasil.

Join Dream.co.id