Baznas Garap Kurban Online

Dinar | Rabu, 15 Agustus 2018 18:03
Baznas Garap Kurban Online

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Baznas ingin memudahkan umat Islam yang ingin berkurban tanpa harus repot.

Dream - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merespons kebutuhan masyarakat agar bisa berkurban tanpa harus repot membeli hewan secara langsung.

Lembaga pemungut dan penyalur zakat, infak dan sedekah ini meluncurkan layanan pembelian hewan kurban online dengan menggandeng platform e-commerce Shopee.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, mengatakan pemilihan mitra kerja sama ini didasarkan pada jumlah pelanggan yang lebih dari  515 kota dan kabupaten selurun Indonesia.

" Kurban yang ditunaikan melalui program Shopee Berkurban akan turut dalam Program Kurban Berdayakan Desa," kata Bambang di Gedung Baznas, Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018.

Menurut Bambang, program ini bukan hanya melayani masyarakat yang ingin berkurban saja. Lebih dari itu, Baznas juga menjalankan pemberdayaan ekonomi pedesaan.

Bambang mengatakan hewan kurban Baznas dibeli langsung dari peternak di desa-desa. Setelah disembelih, hewan kurban kemudian didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.

" Dengan demikian, para peternak dan masyarakat pedesaan mendapatkan manfaat ekonomi dari pembelian hewan kurban sekaligus mendapatkan tambahan asupan gizi dari daging yang dibagikan," ucap dia.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Khusus Kurban Patungan

Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar, menuturkan layanan pembelian hewan kurban Baznas di Shopee ini berlangsung dari 13 Agustus hingga 22 Agustus 2018. Menurut dia, belanja hewan kurban online kini semakin diminati masyarakat.

" Shopee tidak hanya memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk membeli kurban secara online," kata Rezki.

 Shopee Ajak Masyarakat Belanja sambil Beramal selama Ramadan

Selain itu, Shopee juga memiliki fitur Group Hemat yang bisa dimanfaatkan untuk membeli hewan kurban secara patungan. Cara menggunakan fitur tersebut sangat mudah.

Pengguna cukup memilih lembaga penyalur kurban dan mengumpulkan tujuh orang untuk membeli hewan kurban seperti sapi.

" Nantinya, masing-masing dari anggota grup akan mendapatkan sertifikat tanda bukti kurban yang telah disalurkan," terang dia.

3 dari 3 halaman

Makin Mudah, Baznas Buka Layanan Perbankan Untuk Kurban

Dream - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka layanan transfer bank bagi masyarakat yang ingin berkurban. Untuk layanan ini, Baznas menjalin kerja sama dengan beberapa bank yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Mandiri, Bank BCA dan Bank Muamalat.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, mengatakan Baznas saat ini memiliki program Kurban Berdayakan Desa. Program ini bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat di pedesaan terutama di daerah pelosok.

" Baznas ingin melayani masyarakat pada Hari Raya Kurban ini dengan sebaik-baiknya, karena itu kami menyediakan berbagai kemudahan pembayaran, agar tidak ada lagi masyarakat yang terhambat ibadahnya hanya karena keterbatasan waktu dan jarak," ujar Bambang di kantor Baznas, Jakarta Senin 6 Agustus 2018.

 Kurban Baznas

Lewat layanan ini, masyarakat cukup mentransfer uang Rp2,5 juta. Baznas akan mewujudkan uang tersebut dengan seekor kambing.

" Karena lebih afdolnya kambing. Kan waktu Nabi Ibrahim AS mau berkurban Nabi Ismail AS, diganti dengan kambing," ucap Bambang.

Bambang mengatakan hewan kurban nantinya dibeli dari peternakan di pedesaan. Daging kurban juga disalurkan ke masyarakat yang tinggal di desa-desa.

" Sehingga, diharapkan para peternak, pengrajin kulit dan masyarakat desa dapat berdaya. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dapat terpenuhi gizinya," kata dia.

Untuk mendukung program ini, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk membuka program Tabungan Kurban. Lewat program ini, masyarakat bisa menabung via virtual account Bank Muamalat sampai dengan terkumpul sejumlah nominal seharga hewan kurban.

" Ini nantinya nomor rekening dan nomor handphone sama. Biar enggak ribet lagi mikirin banyak nomor," kata Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat, Purnomo.

Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir
Join Dream.co.id