Lilitkan Uang Rp979 Juta, Kakek Tua Ini Ternyata...

Unik | Kamis, 9 Juni 2016 07:44
Lilitkan Uang Rp979 Juta, Kakek Tua Ini Ternyata...

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bahkan, ketika ditangkap, dia tak membawa surat keterangan dari bank.

Dream - Pria bayuh paya dari Shenzen, China dicekal polisi ketika hendak memasuki Hong Kong. Dia kedapatan membawa uang tunai ratusan juta rupiah.

Dilansir dari Shanghaiist, Kamis 9 Juni 2016, petugas perbatasan melihat pria tersebut mengenakan jaket, padahal hari itu sedang terik. Pria ini juga sering melirik ke petugas itu. Merasa curiga, petugas memeriksa pria ini dengan scanner.

Alat pemindai pun berbunyi. Ketika baju pria paruh baya ini dibuka, petugas menemukan banyak uang yang sengaja diselipkan di perut pria tersebut. Uang-uang ini ditaruh di kantung buatan yang sengaja dililitkan di pinggang pelaku.

Jumlah uang tunai yang didapat pria paruh baya ini cukup fantastis, yaitu sebesar US$74 ribu atau sebesar Rp979,21 juta.

Menurut aturan di Tiongkok, maksimal uang tunai yang boleh dibawa ke luar Tiongkok sebesar US$5 ribu atau Rp66,16 juta. Lebih dari itu, yang bersangkutan harus mengantongi sertifikat bank yang dikeluarkan oleh otoritas. Sertifikat inilah yang tidak dimiliki pria paruh baya ini.

Otoritas Hong Kong selalu waspada terhadap penyelundup. Terkadang, mereka menyelundupkan rokok lewat sofa atau gading gajah yang diselundupkan di dalam pakaian.

Terkait
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id